Senin, 13 Oktober 2014

Agar Pekarangan Lebih Produktif (1)

Apakah rumah Anda memiliki pekarangan? Setiap rumah umumnya memiliki pekarangan walaupun luasnya tidak seberapa. Mungkin jika Anda tinggal di daerah perkotaan, memiliki pekarangan yang luas sangat sulit. Karena kepadatan penduduk daerah perkotaan yang sangat tinggi. Bahkan bagi mereka yang tinggal di rumah susun atau apartemen, bisa jadi tidak memiliki pekarangan sama sekali. Oleh karena itu, sungguh bersyukur bagi Anda yang masih memiliki pekarangan rumah sekalipun hanya lahan yang sempit.

Mengenal Potensi Pekarangan

Tahukah Anda, pekarangan yang ada di sekeliling rumah Anda sekalipun sangat sempit sesungguhnya menyimpan potensi yang sangat besar. Baik potensi ekonomi, potensi edukasi maupun potensi estetika. Tinggal bagaimana Anda memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya sesuai kreativitas yang Anda miliki.

Apa saja sih potensi yang dimiliki oleh lahan pekarangan? Minimal ada tiga potensi besar yang dimiliki oleh pekarangan, yaitu:

  • Potensi edukasi

    Secara umum pekarangan memiliki potensi yang sangat baik sebagai sarana edukasi bagi anggota keluarga. Anda pasti ingat masa kanak-kanak di mana Anda bisa bermain sepuas-puasnya di pekarangan. Ya, pekarangan adalah teman yang nyaman bagi anak-anak untuk mengeksplorasi kreativitasnya melalui berbagai aktivitas permainan dan aktivitas kreatif lainnya seperti berkebun misalnya.
  • Potensi ekonomi

    Menariknya lagi, pekarangan juga memiliki potensi ekonomi. Jika Anda bisa mengoptimalkan setiap jengkal pekarangan Anda. Misalnya, jika Anda hobi berkebun Anda bisa menanami pekarangan rumah dengan tanaman-tanaman yang memiliki nilai ekonomi bagus. Misalnya tanaman hias yang lagi tren, tanaman cabai, tanaman obat, tanaman sayuran, tanaman buah naga dan berbagai jenis tanaman yang potensial dikembangkan di pekarangan. Jika Anda serius, hal ini bisa memberikan pendapatan tambahan yang cukup besar bagi keluarga Anda.
  • Potensi estetika

    Secara estetika, pekarangan berpotensi memberikan keindahan bagi lingkungan rumah Anda. Seperti dimaklumi, pekarangan merupakan lingkungan terluar dari rumah kita. Ia merupakan bagian pertama yang akan dilihat oleh setiap mata yang bertandang. Pekarangan juga menjadi lingkungan pertama yang Anda lihat setiap kali ke luar dari rumah. Oleh karena itu potensi estetika pekarangan perlu dimaksimalkan agar memberikan kenyamanan bagi setiap mata yang melihatnya.

    Bagaimana memaksimalkan potensi estetika pekarangan? Tentu saja dengan menanami pekarangan Anda dengan berbagai tanaman hias yang memiliki nilai estetika tinggi. Tidak hanya cukup dengan menanam saja. Anda juga perlu merawat dan memperhatikan tata letaknya agar terlihat apik dan estetis. Sesempit apa pun pekarangan anda, ketika bisa dikelola dengan baik akan memberikan estetika dan menyenangkan setiap mata yang memandang. Pekarangan yang indah, sejuk, tertata rapi bisa memberi kesejukan dan me-refresh pikiran.


Dari uraian di atas bisa dipahami bahwa peran pekarangan cukup strategis bagi keluarga untuk meningkatkan nilai kehidupannya dari berbagai sisi. Berpijak dari hal tersebut, adalah sangat penting bagi setiap rumah tangga untuk mengoptimalkan potensi pekarangan yang dimilikinya.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :