Senin, 13 Oktober 2014

Desain Interior: Sentuhan Bunga di Setiap Sudut Ruangan

Seperti yang kita ketahui bahwa bunga merupakan simbol keromantisan. Selain itu, bunga selalu identik dengan hal- hal yang berbau feminisme. Karena keidentikannya itu, tak heran jika motif bunga banyak diaplikasikan di bidang fashion untuk menambahkan nuansa feminin pada desain pakaian yang dikembangkan oleh para desainer. Akan tetapi, aplikasi motif bunga tidak terhenti sampai di dunia fashion saja. Penerapan motif bunga saat ini juga marak digunakan di bidang desain interior untuk mempercantik ruangan serta melambangkan kepribadian khas dari sang pemilik rumah.

Penerapan motif bunga dalam desain interior dapat kita aplikasikan di berbagai ruangan dalam rumah kita, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, sampai kamar tidur. Selain itu, penambahan aksesoris bermotif bunga juga bisa diaplikasikan pada beberapa furniture, antara lain pada almari kayu, meja ruang tamu, lukisan dinding, dan lain- lain.

Di ruang tamu, kita bisa menambahkan beberapa aksesoris bermotif bunga untuk mempercantik ruang tamu kita. Hal ini bisa kita lakukan dengan menambahkan bantal sofa dengan cover bermotif bunga dengan warna yang senada dengan warna sofa yang ada di ruang tamu kita. Pemilihan warna polos pada sofa seperti pink, warna salem, merah, dan warna- warna lembut yang lain akan membuat tampilan sofa dan bantal sofa menjadi perpaduan yang apik untuk menambah keindahan desain interior di ruang tamu kita. Selain itu, penambahan lukisan bunga pada dinding ruang tamu juga mampu memunculkan kesan romantis dan calm di dalam ruangan sehingga siapapun yang hadir di ruang tamu kita akan merasakan kenyamanan dan ketenangan tersendiri.

Untuk memperindah desain interior yang ada di ruangan lain seperti ruang makan atau ruang keluarga, aplikasi motif bunga bisa kita lakukan dengan menambahkan curtain bermotif bunga pada jendela ruang makan ataupun ruang keluarga. Untuk menambahkan sentuhan klasik pada desain interior di ruang- ruang tersebut, meletakkan almari kayu dengan ukiran bunga atau set meja- kursi dengan aksen bermotif bunga juga merupakan solusi terbaik yang patut untuk dicoba. Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengaplikasikan motif bunga ini pada semua furniture yang ada di dalam ruangan karena hal ini justru akan menimbulkan kesan ramai dalam ruangan kita. Dengan menambahkan satu atau dua aksesoris bermotif bunga pada desain interior ruang makan atau ruang keluarga, kesan klasik namun cantik akan tetap berpadu dengan serasi.

Jika kita ingin memperindah desain interior dalam kamar tidur kita dengan motif bunga, maka hal yang dapat kita lakukan adalah dengan mengaplikasikan bedcover motif bunga pada kamar tidur kita. Selain itu, menambahkan lampu meja dengan kap lampu bernuansa bunga juga akan menambah kesan anggun dalam ruangan privasi kita. Penyesuaian warna bedcover dengan cat dinding ruangan akan menimbulkan keselarasan pada keseluruhan desain interior dan tata ruang kamar tidur kita sehingga nuansa romantis dalam ruang tidur juga akan lebih berkesan.

Dalam hal aplikasi motif bunga untuk mempercantik desain interior ruangan kita, pemilihan jenis bunga juga mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah. Motif bunga mawar melambangkan kepribadian yang romantis dalam diri seseorang, sehingga tak heran jika bunga mawar sering digunakan untuk menyatakan cinta pada seseorang. Motif bunga sakura melambangkan ketenangan, sehingga sangat sesuai untuk diaplikasikan pada ruang- ruang yang memang memerlukan nuansa ketenangan seperti ruang tamu ataupun kamar tidur. Bunga teratai melambangkan kebijaksanaan seseorang, sehingga motif bunga ini juga sangat sesuai untuk diaplikasikan untuk menonjolkan lambang kebijaksanaan yang dimiliki oleh pemilik rumah. Pemilihan motif bunga yang sesuai dalam memperindah desain interior suatu ruangan akan menunjukkan kepribadian yang dimiliki oleh pemilik rumah kepada para tamunya.

Oleh : Junia Purwati


Related Posts :