Minggu, 12 Oktober 2014

Membuat Hunian Nyaman dengan 3M (Murah, Mudah, Menyenangkan) Part.1

Apakah anda termasuk dari sekian banyak orang yang mengeluh akan hunian mereka yang tidak menyenangkan?

Oops, jangan salahkan diri sendiri dulu. Mungkin tips-tips dibawah ini bisa membantu anda untuk menciptakan hunian yang nyaman.

Rumah seharusnya menjadi surga dunia bagi pemilik rumah. Tempat ini adalah tempat paling nyaman di dunia. Setiap pemilik rumah pasti mendambakan hunian yang nyaman dan aman bagi seluruh anggota keluarga. Rumah nyaman seringkali bagi sebagian orang identik dengan harga yang mahal. NO! Rumah nyaman tidaklah harus mahal. Setiap orang bisa membuat rumah mereka menjadi lebih nyaman tanpa perlu mengeluarkan terlalu banyak uang. Anda tidak perlu kaya untuk membuat rumah Anda nyaman. Banyak sekali dari anda yang mungkin menilai rumah anda terlalu sempit, sehingga sedikit sekali yang dapat anda lakukan untuk melakukan peningkatan terhadap titik kenyamanan penghuni rumah anda sendiri, namun pada kenyataannya rumah yang sempit bukanlah hambatan bagi anda untuk berkreasi. Berikut adalah sedikit tips yang mungkin dapat anda terapkan dalam mentransformasi hunian anda menjadi lebih menyenangkan:

Rumah bersih merupakan tempat tinggal yang nyaman. Kebersihan dan kerapihan merupakan syarat mutlak dalam pemenuhan poin kenyamanan bagi penghuni rumah. Rumah semewah apapun tidak akan menarik jika dipenuhi dengan debu dan benda-benda berserakan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menata barang-barang yang berserakan di rumah. Anda hanya butuh waktu satu hari untuk membuat rumah tampak indah dan sedap dipandang mata. Anda memang harus meluangkan waktu khusus untuk melakukannya, bisa anda atur dalam frekuensi bulanan atau bahkan mingguan. Biasakan pula untuk meletakkan peralatan pada tempatnya. Jika Anda bisa membuat anggota keluarga berkomitmen untuk selalu menjaga kebersihan, kebersihan dan kerapihan rumah anda akan lebih terjaga.

Warna mempengaruhi emosi atau perasaan kita. Jika warna tembok rumah Anda sudah pudar, Anda perlu menggantinya dengan warna baru. Perubahan pada warna dinding rumah bisa membawa suasana baru di rumah Anda. Warna cerah jauh lebih baik untuk membuat rumah Anda nyaman. Setiap ruangan di rumah Anda perlu disesuaikan dengan fungsi dan pemilik kamarnya, sedangkan warna yang lebih gelap akan cenderung memberikan efek sejuk (pada beberapa warna tertentu) dan bahkan memberikan efek gelap. Warna untuk ruang tamu sebaiknya berbeda dengan warna untuk kamar tidur, agar tidak memberikan efek jenuh bagi para penghuni rumah. Anda bisa berdiskusi dengan anggota keluarga untuk menentukan warna tepat yang membuat mereka merasa nyaman. Akan lebih baik lagi apabila anda menentukan jadwal (schedule) dengan frekuensi waktu yang dapat anda tentukan sendiri, seperti bulanan bahkan tahunan sebagai momen untuk melakukan pengecatan ulang dengan warna yang berbeda, sedikit eksperimen kecil bisa saja anda tuangkan di waktu yang telah anda sediakan ini.

Bersambung

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :