Senin, 13 Oktober 2014

Membuat Hunian Nyaman dengan 3M (Murah, Mudah, Menyenangkan) Part.2 (Habis)

Penataan perabotan di dalam rumah juga mempengaruhi kenyamanan. Anda harus pandai mengatur perabot dalam rumah sehingga semuanya tertata rapi. Ruang tamu seharusnya tidak dipenuhi dengan peralatan yang tidak penting. Ruang tamu sebaiknya tampil minimalis dan dibuat senyaman mungkin sehingga siapapun yang berkunjung akan merasa nyaman dan betah. Jika Anda perlu menyingkirkan barang-barang yang tidak terlalu berguna, Anda bisa menyimpannya di gudang untuk sementara. Anda juga dapat mengatur waktu (schedule) perubahan skema penataan perabotan rumah anda pada frekuensi waktu tertentu, misal sebulan sekali ataupun setahun sekali. Hal ini bertujuan juga agar memberikan efek ‘baru’ sehingga menghilangkan rasa bosan dan jenuh akan suasana rumah/hunian yang seringkali bersifat monotone.

Cuaca Panas? Anda tidak perlu membeli Air Conditioner yang mahal untuk membuat rumah Anda nyaman. Alat ini memang mampu membuat udara sejuk dan nyaman, tetapi Anda harus merelakan tagihan rekening listrik bulanan Anda membengkak. Selain itu, alat ini belum tentu memberikan banyak manfaat di rumah. Mengingat adanya penelitan kesehatan yang menyatakan bahwa daya tahan tubuh bagi individu yang seringkali menggunakan fasilitas Air Conditioner cenderung lebih rentan terkena penyakit daripada individu yang tidak menggunakan fasilitas Air Conditioner.

Lalu apakah penggantinya?

Anda bisa memberikan ventilasi yang cukup sehingga udara segar bisa masuk ke dalam rumah. Jika Anda perlu menghirup udara segar dan menghilangkan kepenatan di rumah, Anda bisa membuka jendela. Sistem pembangunan ventilasi yang baik merupakan kunci kesegaran rumah yang biasanya disesuaikan dengan luas bangunan sehingga pada beberapa kesempatan dapat anda temukan beberapa lokasi yang walaupun tidak menggunakan Air Conditioner sekalipun tetap terasa segar, disebabkan oleh karena peredaran oksigen dan aliran udara yang cukup meng-cover luas bangungan dan kapasitasnya.

Tanaman hias adalah salah satu solusi tepat untuk membuat rumah Anda lebih indah dan nyaman. Anda tidak perlu membeli tanaman hias yang mahal untuk menghiasi rumah. Ruang tamu juga bisa tampak lebih cantik dengan tanaman hias ini. Anda dapat meletakkan tanaman hias di setiap sudut ruangan untuk memberikan kesan segar di dalam ruangan anda. Pahami fungsi dari setiap tanaman hias yang akan anda pergunakan. Beberapa tanaman hias sendiri memiliki fungsi selain memperindah sudut ruangan namun juga memiliki fungsi yang unik lainnya seperti Penyegar ruangan, Pengusir nyamuk/hama yang umumnya berkeliaran di rumah anda, dan masih ada begitu banyak keunikan dari masing-masing jenis tanaman hias. Tanaman hias dapat melepas oksigen dan membantu menetralisir zat-zat kimia yang berada di udara di dalam ruangan yang bersifat merusak bagi tubuh seperti masalah pernafasan, saraf, dan bahkan juga kanker. Pengenalan tanaman hias dan fungsinya dapat memberikan nilai tersendiri bagi anda dalam memberikan peningkatan dalam hunian anda agar terasa lebih nyaman. Masih akan ada begitu banyak lagi tips-tips lainnya yang dapat anda temui, tetap berkreasi dengan apa yang ada, yang baik belum tentu mahal.

Smart, Creative, and Innovative.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :