Senin, 13 Oktober 2014

Rumah Lebih Elegan Dengan Gaya Roccoco

Memiliki hunian yang sederhana tidak berarti mesti menerapkan desain interior yang apa adanya. Pemilihan jenis dan model furnitur serta dekorasi dapat menambah aksen pada ruangan. Salah satu alternatif yang bisa dicoba ialah dengan memasukkan gaya Perancis pada hunian anda.

Pada umumnya, desain interior ala Perancis memiliki warna dengan karakteristik hangat dan lembut, seperti warna putih pastel, ungu, emas, dan krem. Kesan yang ditimbulkan sudah pasti elegan, klasik, bahkan mewah. Dekorasi ruangan bisa dimulai dari pemilihan meja dan kursinya dengan gaya roccoco yang sudah ada sejak abad ke-18. Biasanya kursi dan meja bergaya roccoco ini mempunyai kaki-kaki yang asimetri dan melengkung serta terdapat ornamen ukiran. Furnitur dengan kaki beraksen melengkung ini disebut contraste yang menimbulkan nuansa klasik khas Eropa. Sedangkan jenis kursinya ada yang disebut fauteuil yang biasanya terbuat dari kayu mahogani atau kayu ek dengan punggung kursi yang agak tinggi.


Sumber: http://www.frenchbedroomcompany.co.uk/store/seating/chairs-armchairs/product/antoinette-rattan-oak-chair

Cermin berornamen berbentuk oval dan karpet yang agak tebal juga dapat mempertegas gaya roccoco. Jangan lupa untuk menambahkan chandelier, tak harus lampu gantung kristal asalkan warnanya bisa senada dengan warna dinding dan furnitur yang sudah dipilih. Selain lampu gantung, lampu sudut setinggi satu meter bisa menambah kesan Perancis di hunian anda. Jika ruangan anda berjendela cukup lebar, pemilihan tirai berwarna krem juga dapat dipasang.

Untuk dinding yang tidak ingin dicat, wallpaper dengan motif yang sederhana dan berwarna lembut bisa digunakan. Penggunaan wallpaper juga dapat mempermudah jika suatu saat anda ingin mengganti warna dinding atau mengubah coraknya. Wallpaper berpola bunga dan vintage merupakan wallpaper yang paling banyak dipakai untuk desain interior bergaya Perancis.

Dengan memilih gaya Perancis khususnya Roccoco, tak hanya akan membuat ruangan lebih elegan, tetapi juga akan membuat anda terkesan memiliki cita rasa seni. Bagaimana tidak, Roccoco sendiri kesohor dengan nilai artistik yang tinggi. Hampir di setiap jenis karya seni seperti lukisan, patung arsitektur, dekorasi, dan interior desain, gaya Roccoco dianggap sebagai gaya yang terbaik.


Sumber: http://www.jsyk.org/great-classic-living-room/

Jika belum puas dengan furnitur gaya Perancis dan kesan artistiknya, patung-patung mungil dari porselen bisa ditambahkan sebagai hiasan. Atau bunga berwarna kegemaran anda pun bisa disimpan di dalam ruangan. Agar lebih komplit gaya Perancisnya, pajanglah beberapa lukisan karya pelukis negeri mode itu. Kalau anda suka pemandangan, lukisan Claude Monet dapat menjadi pilihan. Bagi yang suka dengan human beauty, August Renoir bisa dipertimbangkan.

Lalu di mana bisa mendapatkan furnitur dan perlengkapan yang serba Perancis itu? Tak harus merogoh kocek terlalu dalam. Agar hemat, pembeliannya bisa disiasati dengan membeli barang-barang bekas yang masih bagus. Cermin dan patung porselen misalnya, masih bisa ditemukan di berbagai penjual barang antik. Atau bisa juga memesan ke pembuat furnitur agar lebih sesuai dengan selera anda.

Oleh: Fitrah


Related Posts :