Rabu, 31 Desember 2014

7 Rumah Dengan Desain Terunik Dari Seluruh Dunia

Halo kawan semua! Kalian semua pasti sudah pada tau kan apa itu rumah? Ya, karena kita semua sering melihatnya di sekitar kita. Bahkan kita tinggal pula di dalamnya. Karena rumah bukan saja sebagai tempat kita berteduh dari panas dan hujan melainkan sudah sebagai bagian dari hidup kita, maka tidak jarang ditemui rumah yang bentuknya unik bahkan cenderung aneh karena menggambarkan “ekspresi” dari si pemilik rumah itu sendiri.

Berikut 7 rumah dengan desain terunik yang ada di dunia diantaranya:

1. Rumah Kaca (Glass House)

Rumah ini memiliki keunikan karena desainnya yang terbuat dari kaca. Sekilas rumah ini mirip dengan rumah yang khusus dirancang buat tanaman karena arsitekturnya yang serba kaca semua. Karena desainnya yang cukup unik rumah ini juga disebut rumah transparan karena isi dari rumah ini yang bisa dilihat dari luar.



2. Rumah Kubik (Cubic House)

Rumah Kubik yang terletak di Rotterdam, Belanda ini merupakan kumpulan dari beberapa bangunan rumah sehingga membentuk seperti geometri kubus. Desain rumah yang diarsiteki oleh Piet Blom sendiri di tahun 1984 ini, terdiri dari 32 buah rumah kubik yang saling berhubungan dengan setiap kubusnya masing-masing memiliki tiga lantai.



3. Rumah Melengkung (Crooked House)

Rumah ini dirancang oleh Szotynscy Zaleski, seorang arsitek terkenal dari Polandia. Rumah yang memiliki luas kurang lebih 4.000 meter persegi ini berada di daerah perbelanjaan di sekitar Sopot, Polandia. Rumah Melengkung ini merupakan salah satu contoh desain arsitektur terbaik dari rumah yang pernah dibuat oleh manusia. Struktur melengkungnya membuat rumah ini menjadi salah satu rumah terunik di dunia. Dan karena keunikannya pula yang menjadikan rumah ini menjadi salah satu objek yang paling banyak dicari dan difoto di Negara Polandia.



4. Rumah Terbalik

Rumah yang dirancang oleh arsitek Polandia, Daniel czapiewski ini dikenal dengan rumah terbalik karena memang posisi rumahnya yang sengaja dibuat terbalik oleh sang arsitek. Hal ini untuk menggambarkan kondisi pada saat zaman komunis dulu dengan keadaan pada masa sekarang. Rumah terbalik ini sendiri terletak di daerah Szymbark, Polandia. Jika melihatnya saja sudah cukup pusing apalagi kalau kita masuk ke dalam rumah yang satu ini.



5. Rumah Ripley’s

Di tahun 1982, sebuah gempa bumi berkekuatan 8 SR melanda New Madrid, Missouri yang mengakibatkan kehancuran pada hampir seluruh bangunan yang ada. Diantara bangunan yang selamat, salah satunya adalah rumah ini. Kondisinya yang retak membuatnya menjadi “unik” sehingga masuk ke Ripley’s Believe it or Not dalam kategori bangunan unik. Selain itu rumah ini juga menjadi tempat koleksi barang-barang ataupun benda-benda aneh dari seluruh dunia. Makanya rumah ini disebut juga sebagai Rumah Ripleys.



6. Rumah Boeing 727

Harga sebuah pesawat memang tidak murah meski pesawat bekas sekalipun. Jadi dibutuhkan dana yang cukup besar untuk membuat sebuah rumah dari pesawat. Untuk membuat rumah boeing ini dibutuhkan dana total kurang lebih sebesar US$ 30.000 (Rp 360 juta). Dimulai dari pembuatannya yang memakan biaya sekitar US$ 2.000 (Rp 24 juta), biaya pemindahan sebesar US$ 4.000 (Rp 48 juta) dan biaya renovasi US$ 24.000 (Rp 288 juta). Dalam rumah ini terdapat tangga terbuka dan fasilitas garasi dengan remote control. Selain itu ada kamar mandi “asli” bawaan pesawat dan juga Jacuzzi di dalam kokpitnya. Karena bahan dasar dari rumah ini adalah pesawat boeing 727 maka rumah ini juga dinamakan dengan rumah boeing 727.



7. Rumah Botol

Rumah yang satu ini merupakan salah satu rumah dengan desain terunik yang ada di Indonesia. Rumah ini merupakan tempat tinggal dari perancangnya sendiri, Ridwan Kamil yang juga selaku sebagai Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF). Ide awal dari rumah ini bermula saat beliau sering melihat para pekerja bangunan di rumahnya yang suka mengonsumsi minuman berenergi. Mulai terlintas di pikirannya untuk memanfaatkan botol-botol bekas itu supaya lebih bermanfaat ketimbang hanya jadi sampah yang menumpuk di rumahnya.



Untuk membuat rumah botolnya ini, Ridwan menghabiskan kurang lebih sebanyak 30.000 botol bekas. Botol-botol bekas tersebut disusun di tempat yang terkena sinar matahari supaya cahaya dari sinar matahari bisa ditangkap dan masuk tembus ke dalam rumah. Dengan demikian bisa menghemat energi karena tidak perlu repot-repot menyalakan lampu di siang hari. Selain mengurangi global warming, rumah ini juga terlihat artistik dilihatnya.

Atas hasil karyanya itulah, rumah botol milik Ridwan Kamil dianugerahi gelar juara dalam kontes Green Design Award 2009 yang diadakan oleh Building Construction Information Asia (BCI Asia).

Oleh : Panjilei
Sumber Gambar
http://science-hansen-kevin.blogspot.com/2012/04/rumah-dari-30000-botol-bekas.html
http://science-hansen-kevin.blogspot.comrumah-terunik-di/2012/04/30-dunia.html
http://masih-tidaknyata.blogspot.com/2013/02/24-rumah-terunik-dengan-arsitektur.html


Related Posts :