Senin, 29 Desember 2014

Buat Pintu Gerbang Aman Untuk Lindungi Rumah Anda!

Saat ini teror pencurian terus mengancam rumah warga. Banyak sekali kasus pencurian yang terjadi di kalangan masyarakat. Kewaspadaan dan keamanan rumah perlu ditingkatkan. Salah satunya dengan membuat pintu gerbang yang aman untuk rumah Anda.

Pintu gerbang merupakan pelengkap bagi bangunan rumah yang tentunya sangat bermanfaat pagi penghuni rumah. Selain membuat rumah tampak lebih indah saat dipandang, pintu gerbang juga dapat membuat penghuni rumah merasa terlindungi, nyaman dan aman.

Posisi pintu gerbang yang berada jauh dari pintu rumah sangatlah rentan. Karena biasanya penghuni rumah sering tidak menyadari bahkan tidak mengetahui kalau pintu gerbangnya dibuka atau ditutup oleh orang lain.

Untuk itu, perlunya tindakan preventif yang diterapkan pada pintu gerbang rumah Anda agar rumah tetap aman. Pintu gerbang yang seperti apa yang bisa dikatakan aman?

  1. Coba buatlah pintu gerbang yang dapat bersuara saat dibuka atau ditutup oleh orang, agar penghuni rumah mengetahui jika ada orang yang masuk dan keluar melalui pintu gerbang rumah. Suara berderit yang berasal dari pintu gerbang dapat dijadikan sebagai detektor pengaman. Namun, jika pintu gerbang rumah Anda tidak dapat bersuara saat dibuka atau ditutup, Anda dapat memasangkan lonceng atau benda-benda yang mudah bersuara ketika digerakkan.

  2. Berikan jarak untuk pengait/pengganjal pada rel pintu gerbang.
    Hal ini bisa mencegah pintu gerbang dibuka secara paksa oleh orang yang tidak dikenal


  3. Buatlah pintu gerbang ayun yang membuka ke arah luar rumah.
    Biasanya pintu gerbang semacam ini memiliki engsel di salah satu sisinya dengan menggunakan sistem ayun (swing) yang dapat mempersulit pelaku-pelaku kejahatan yang ingin masuk ke dalam rumah. Dengan menggunakan pintu gerbang yang seperti ini dapat meminimalisir tindak kejahatan yang biasa dilakukan dengan cara mendobrak pintu gerbang secara paksa.

  4. Pasang ikatan kawat/klem pada pintu gerbang rumah Anda untuk menghindari pintu gerbang diangkat secara paksa.

  5. Gunakan gembok model secure key yang sesuai dengan ukuran pintu gerbang rumah Anda.
    Gembok model secure key ini merupakan kunci yang biasa digunakan untuk pintu gerbang yang hanya bisa dilepas jika gembok yang dipakai dalam keadaan terkunci. Sehingga pintu gerbang yang dikunci dengan gembok model secure key tersebut dapat terkunci dengan aman.


  6. Bagi Anda yang memiliki rumah kecil dapat menggunakan gerbang model geser yang memakai rel di bagian bawahnya. Model gerbang geser tidak akan memakan tempat sehingga sangat cocok bagi rumah yang ukurannya kecil/minimalis.

  7. Selalu pastikan pintu gerbang rumah Anda terkunci dengan benar.
    Sebaiknya pintu gerbang dikunci setiap saat, apalagi jika Anda sedang sibuk dengan aktivitas-aktivitas di dalam rumah. Bila perlu pasang alarm bel di dekat pintu gerbang rumah agar Anda dapat mengetahui jika ada orang yang datang berkunjung ke rumah Anda.

Oleh:
Fitriyana Suhendi
Referensi materi:
Nurahmartiyanti, Sufty, Zainiyah Rizkita Arief, Muhammad Ridwan. 2009. Safety At Home. Depok: Penebar Swadaya
Referensi foto:
http://pagar-indah.blogspot.com/
http://anchorsholme.org.uk/2013/03/locks/


Related Posts :