Senin, 15 Desember 2014

Keramik lantai rumah Anda Terlepas?

Yuk intip tips mengatasinya di bawah!

Memiliki rumah yang kokoh, tentunya didasari dengan alas dasar yang kokoh juga. Zaman modern ini, kebanyakan masyarakat sudah mengalasi dasar rumahnya dengan lantai keramik. Selain diinjak setiap saat, lantai keramik juga harus menahan semua barang-barang yang berada di atasnya. Jika keramik tidak dipasang dengan benar, tentunya akan menimbulkan berbagai macam masalah. Mulai dari keramik yang pecah, yang lepas, yang menjamur, sampai ada juga keramik yang terkena noda atau lumutan.

Kalau begitu apa jadinya kalau alas dasar rumah kita tidak kuat? Salah satu penyebab permasalahan yang sering terjadi dengan dasar rumah yaitu disebabkan karena faktor bahan dasar atau proses pemasangannya. Untuk itu, kita harus cermat dalam memilih alas dasar keramik untuk rumah yang kita huni. Alas dasar keramik yang seperti apa sih yang baik digunakan di rumah?



Nah berikut beberapa kriteria dan syarat lantai keramik yang baik, pilihlah keramik yang:
  1. Tahan lama dan tahan menahan beban
    Tentunya kita menginginkan keramik yang digunakan di rumah tahan lama/ awet, dan kuat menahan barang-barang yang kita tempatkan di atasnya.
  2. Anti air dan tidak berbau
    Keramik yang baik tentunya kedap dan tahan terhadap tumpahan-tumpahan air, serta tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap ketika sudah dipasang.
  3. Mudah dibersihkan
    Pilihlah keramik dengan bahan yang bisa dan mudah dibersihkan dari noda ataupun kotoran yang menempel.
  4. Permukaan datar dan merata
    Pilihlah keramik dengan kondisi permukaan yang datar dan merata. Karena dalam pembuatannya sering kali kita temukan ada saja 1 dari beberapa buah keramik dengan kondisi yang kurang merata ketika disentuh.
  5. Dan yang terakhir, tentunya tidak bersifat elektromagnetik dan bersifat isolator terhadap suhu panas agar tidak merusak barang-barang yang berada di atasnya.

Selain memperhatikan 5 poin di atas, pemasangan keramik pun harus teliti, agar keramik yang telah dipasang tidak mudah lepas dan terangkat. Biasanya ada beberapa faktor yang memengaruhi lantai keramik lepas, diantaranya karena pengaruh getaran, perubahan suhu, pergerakan bangunan akibat getaran bumi, dan perubahan struktur bangunan.

Apabila Anda menemukan ada lantai keramik yang terlepas dan terangkat di rumah, segeralah lakukan langkah berikut.
  1. Siapkan palu/martil, semen, sendok semen, pasir dan keramik baru untuk mengganti keramik yang sudah terlepas.
  2. Bongkar semua bagian keramik yang terlepas.
  3. Hancurkan lapisan semen perekat keramik yang masih tersisa dengan menggunakan palu/ sendok semen kurang lebih sedalam 3mm.
  4. Buatlah adukan semen, lalu buat juga spesi baru dengan menebarkan adukan semen tersebut secara merata pada bagian lantai yang akan dipasangi keramik baru dengan menggunakan sendok semen.
  5. Pasang keramik (dianjurkan keramik yang belum direndam dengan air) di atas adukan semen tadi hingga merata menggunakan palu karet.
  6. Apabila keramik yang terlepas lebih dari satu, sebaiknya sebelum pemasangan keramik yang selanjutnya bersihkan terlebih dahulu sisa-sisa adukan semen yang berada di sekeliling keramik yang baru saja dipasang, agar pemasangan keramik selanjutnya tidak merusak rongga nat.
  7. Setelah selesai bersihkan sisa adukan semen menggunakan bahan pengisi nat keramik, dan untuk merapikannya Anda dapat menggunakan kain atau busa.



Semoga pembahasan materi di artikel kali ini bisa menambah pengetahuan kita semua yaaa…
^_^

Oleh :
Fitriyana Suhendi

Referensi materi :
Tim Penulis Griya Kreasi. 2014. Home Repairing. Jakarta: Griya Kreasi (Penebar Swadaya Group).

Referensi foto :
Foto 1 : http://naturalhouse.blogspot.com/2010/11/keramik.html
Foto 2 : Tim Penulis Griya Kreasi. 2014. Home Repairing. Jakarta: Griya Kreasi (Penebar Swadaya Group).


Related Posts :