Selasa, 30 Desember 2014

Siasat dan Manfaat Membangun Taman di Depan Rumah.

Saat ini yang sedang dicari orang dalam membeli rumah bukan hanya sekedar memilih desain dan lokasi rumah tersebut. Kebanyakan orang sudah mulai memilih rumah dengan mempertanyakan desain taman atau ada tidaknya areal taman di sekitar rumah. Karena taman sangat memiliki banyak fungsi. Saat-saat kemajuan teknologi semakin modern dan tingkat pembangunan untuk bisnis semakin memuncak ada efek negatif yang akan dirasakan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar perkotaan. Apakah itu?

Yang pertama adalah efek rumah kaca. Pembangunan yang menjulang tinggi menggunakan kaca akan membuat cuaca yang cukup memanas. Kita ketahui pula bahwa rumah kaca juga termasuk faktor yang dapat merusak lapisan ozon. Maka di sinilah perlunya kehadiran sebuah taman yang sejuk di lingkungan rumah kita.

Yang kedua, saat ini sudah banyak kita saksikan penebangan hutan secara ilegal. Selain hutan di perkotaan juga jarang sekali kita menemukan pohon atau tumbuhan yang diberdayakan, padahal akar tumbuhan lah yang akan sangat berfungsi menyedot air ketika hujan. Saat curah hujan yang turun begitu besar maka rumah yang ada tamannya akan mampu meminimalisasi banjir yang terjadi di pekarangan rumah yang tentunya bisa berpotensi menggenangi sekeliling perumahan.



Ketiga, Ketika semakin meningginya angka kependudukan suatu daerah maupun kota, maka akan meninggi pula tingkat pengendara di jalan raya, dan ini juga memberikan efek buruk bagi banyak masyarakat, karena polusi udara yang tak sehat dikarenakan gumpalan asap kendaraan yang menyebar ke mana-mana. Sebagai keluarga yang cerdas kita bisa mengantisispasinya dengan cara membuat dan melestarikan taman-taman di pekarangan rumah, taman akan memberikan pertukaran oksigen yang segar bagi manusia, selain itu pergantian udara yang kita hirup juga dapat kita rasakan secara alami, segar dan menyehatkan.

Kalau saja banyak ibu rumah tangga atau kepala keluarga menyadari Keberadaan eksterior sebuah taman sungguhlah penting. Pasti akan banyak masalah bisa sedikit berkurang dengan menumpahkannya di taman. Menggunakan desain taman yang indah akan menambah kemewahan sebuah rumah. Tidak hanya menjadi pengisi di area rumah yang kosong namun juga mempunyai banyak keunggulan yang apabila dilakukan akan memberikan sejuta fungsi dan manfaat. Khususnya bagi rumah dan anak-anak kita sendiri, seperti:


  1. Memperindah halaman rumah dan memberikan kesejukan mata saat memandang. Apalagi saat mata dan badan begitu lelah sehabis bekerja seharian, maka taman bisa dijadikan ladang pengobatan jenuh dan lelah.
  2. Menyegarkan pikiran dan dapat membantu menemukan ide ketika sedang buntu dalam mencari ide.
  3. Menyalurkan hobi, bagi yang suka bercocok tanam di halaman rumah.
  4. Menambah nilai eksotis tersendiri bagi pebisnis properti atau perumahan khusus. Apalagi tanaman ditumbuhi dengan tanaman hias, maka ini akan mengundang ketertarikan bagi para pengunjungnya.
  5. Sarana tempat bermain anak-anak. Jadi anak tidak perlu main jauh keluar dari rumah apalagi menyeberangi jalan lintas untuk menemukan tempat bermain yang pas.
  6. Sarana kumpul bareng dengan keluarga, sambil menyeduh kopi dan menikmati makanan. Ini kan menambah keeratan dan kenyamanan di hati bagi para anggota rumah.

Rumah yang memiliki taman akan memberikan nilai ekologi dan estetis secara langsung bagi para penghuni rumah. Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ada yang menarik juga untuk dibahas tentang keuntungan memelihara taman ini. Berbagai penelitian telah menyatakan bahwa hanya dengan memandang taman, seseorang akan banyak mendapatkan dampak positif untuk kesehatan tubuh dan psikologisnya. Di mana kegiatan menyiram tanaman atau hanya sekedar memandang keindahan taman akan membantu menghilangkan stres dan tekanan yang ada di hati dan di dalam otak manusia, baik itu tekanan kerja maupun tekanan dari faktor lainnya.



untuk membuat taman dan menanam berbagai tanaman di depan halaman rumah kita tidak lah membutuhkan biaya yang sangat besar. Mengingat begitu banyak kontribusi yang dapat diberikan taman bagi penghuni rumah dan lingkungan sekitar sudah saatnya kita berdayakan area tanah di dekat rumah kita yang masih kosong, dari pada gersang dan tak memberikan manfaat apa-apa, alangkah baiknya jika tanah kosong tadi diberdayakan untuk membangun sebuah taman. Konsep desain tanaman anda bisa menentukan sendiri sesuai selera dan lebar kecilnya area tanah yang masih kosong. Sangat disayangkan jika harus meniadakan taman apalagi tidak memberdayakan tumbuhan di sekitar perumahan di mana tempat anda tinggal, karena selain memberikan nilai mewah dan kesejukan bagi yang memandang, ternyata taman juga berperan menyehatkan para penghuni rumah dengan sirkulasi pola udara yang sehat dan menenangkan jiwa dan perasaan apabila mata memandangnya.

Oleh : Ade Sundari
Sumber Gambar : http://www.desainrumahmini.com/2014/02/taman-rumah-minimalis.html
Sumber ReferensiL:
1. http://ayatarianto.yu.tl/manfaat-taman.xhtml
2. http://www.rumahbangun.com/fungsi-taman-didepan-rumah.
3. http://www.uriflorist.com/berbagai-manfaat-membuat-taman/
4. http://rumahminimalis2015.com/desain-rumah-sederhana-tapi-indah/


Related Posts :