Senin, 01 Desember 2014

Tutorial Renovasi rumah

Kebanyakan orang lebih memilih merenovasi rumah daripada membangun kembali rumah untuk menghemat biaya. Jika kita membeli rumah yang sudah jadi, satu satunya jalan untuk membuat rumah tersebut lebih indah adalah dengan merenovasinya. Biaya yang digunakan renovasi rumah pun tidak begitu mahal dibandingkan membangun lagi rumah tersebut. Tujuan renovasi tersebut adalah tidak menghilangkan yang ada tetapi memperbaiki yang ada supaya lebih bagus dan lebih mewah. Berikut adalah beberapa tips untuk merenovasi rumah yang bisa bermanfaat:

1. Kondisi bangunan yang masih bagus jangan dihancurkan

Seperti gambar di bawah, kondisi dinding rumah tersebut masih bagus. Sangat sayang sekali, jika dinding tersebut mau dirubuhkan. Jika kondisi dinding tidak ada yang rapuh, apalagi dinding tersebut terbuat dari beton bisa kita ganti warna catnya atau menambah wallpaper yang unik supaya lebih terkesan mewah. Usahakan untuk pemilihan warna cat nya harus disesuaikan dengan properti yang ada. Jika ingin memberi cat berwarna hijau, usahakan di properti yang kita punya paling tidak harus ada unsur hijau seperti pada gambar di bawah. Jika ingin rumah tersebut lebih cerah, kita bisa menggunakan cat berwarna putih. Jika kita memberikan cat berwarna putih pada ruangan sebaiknya kita jangan menambah wallpaper apalagi jika ruangannya kecil.


Gambar 1. Kondisi bangunan yang masih bagus

Biasanya untuk membuat plafon rumah lebih indah, kebanyakan orang menambah gipsum yang banyak ukirannya. Jika dana kita masih terbatas, sebaiknya mengecat plafon rumah jika kondisi plafon masih bagus dan tidak bocor. Meskipun kita tidak memasang gipsum, kita bisa menggunakan lampu hias untuk bisa menambah kesan mewah dan elegan. Banyak lampu hias yang dijual dengan berbagai model dan ornamen pada ruangan kita.


Gambar 2. Mengecat plafon rumah

2. Mengganti keramik

Dengan mengganti keramik lantai, bisa menambah kesan mewah terhadap rumah kita. Keramik yang dijual, ada berbagai macam dari harga yang murah hingga yang mahal. Keramik marmer adalah salah satu keramik yang sangat mahal. Meskipun kita mempunyai rumah yang kecil, jika kita mengganti lantai keramik kita dengan keramik marmer, pasti akan terlihat lebih mewah dan terkesan lebih luas. Seperti gambar di bawah ini, terlihat jelas perbedaan jika yang memakai keramik marmer dan menimbulkan kesan mewah dan elegan.


Gambar 3. Sebelum mengganti keramik


Gambar 4. Setelah mengganti keramik

Bagi yang tidak memiliki dana yang cukup, kita bisa membeli keramik putih polos tetapi kita pilih ukuran yang paling besar. Meskipun tidak menggunakan keramik marmer, asalkan desainnya besar maka akan menambah kesan mewah. Usahakan saat pemasangan keramik jarak keramik satu dan keramik lainnya berdekatan sampai menyerupai garis kecil seperti gambar di bawah ini:


Gambar 5. Keramik putih polos

3. Menambah efek kaca dalam ruangan


Gambar 6. Efek kaca

Biasanya untuk menambah kesan luas pada ruangan yang sempit, kita bisa menambahkan kaca pada ruangan tersebut. Pemasangan kaca bisa kita letakkan di dinding atau sebagai pintu. Selain untuk memperluas, efek kaca tersebut bisa menambah kesan elegan dan memberi kesan minimalis pada ruangan tersebut. Kaca yang ditawarkan di pasaran bermacam macam. Dari yang ukuran kecil hingga ukuran besar ada dijual. Untuk membeli kaca tersebut dibutuhkan biaya yang besar. Sekarang ada dijual lemari yang berpintukan kaca jika kita tidak ingin memakan tempat dan berbagai properti yang memiliki unsur kaca di setiap bagiannya.

Oleh : Jenny
Gambar:
1. http://2.bp.blogspot.com/--wIuIPNziyc/Tcu7_7nUDdI/AAAAAAAAAE8/7p3sGmYjhSg/s1600/lr_finished-2005.07.15-08.10.39.jpg
2. http://bangunrumahkpr.com/wp-content/uploads/2014/06/Cara-Mengecat-Plafon-Rumah-300x198.jpg
3. http://www.polesmarmer.info/images/polesmarmer98.JPG
4. http://www.polesmarmer.info/images/polesmarmer99.JPG
5. http://4.bp.blogspot.com/--fPwKhI77Cw/Tn2qmocgAKI/AAAAAAAAAWM/yZt4SQhElf8/s400/FILE0610.JPG
6. http://al-rasyid.blog.undip.ac.id/files/2012/04/desain-interior-luas-cermin.jpg


Related Posts :