Rabu, 07 Januari 2015

8 Tips Merawat Buku di Ruang Tamu Rumah Anda

Ruang tamu merupakan sebuah ruangan di dalam rumah yang biasa digunakan sebagai ruangan tempat berkunjungnya setiap orang yang datang ke rumah kita baik itu tamu, sanak saudara, teman, dan orang lain. Untuk itu, ruang tamu haruslah kita jaga kebersihannya agar tetap bersih saat ada orang lain yang berkunjung. Akan memberi kesan rapi jika setiap barang yang disimpan dan diletakkan di ruang tamu tertata dengan rapi. Salah satu barang yang sering disimpan dan kita temui di ruang tamu yaitu tumpukan buku.

Apakah Anda memiliki hobi mengoleksi buku sejenis novel, komik, majalah, dan jenis buku lainnya? Jika memang ya, tentunya Anda tidak ingin melihat semua jenis buku-buku Anda berserakan di mana saja. Sebagian orang akan menyimpan buku-buku koleksinya di rak yang berada di ruang tamu. Buku-buku yang tersimpan tentu harus rajin dibersihkan agar tetap bersih. Karena biasanya setiap barang yang berada di ruang tamu rentan terkena debu ataupun kotoran. Debu yang menempel akan menumpuk jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, kita harus rajin untuk membersihkannya agar buku-buku tersebut tidak terkena noda, sobek, bahkan kusut karena tertindih oleh barang-barang lain.



Cek 8 tips untuk merawat buku di ruang tamu di bawah yaaaah…..
  1. Sebaiknya beri sampul plastik pada setiap buku-buku yang disimpan di rak penyimpanan buku agar buku tersebut terlindungi dari debu dan bertahan lebih lama.


  2. Simpan dan letakkan buku di tempat yang mudah dijangkau dengan posisi yang sama. Jika posisi buku disimpan berdiri, letakkan juga posisi buku yang lainnya dengan posisi berdiri juga agar sirkulasi udara bisa masuk serta terlihat rapi.


  3. Simpanlah rak buku di tempat yang mempunyai sirkulasi udara dan jauh dari tempat lembab. Sebaiknya beri sedikit jarak antara rak dengan dinding tempat penyimpanan rak sehingga rak buku tidak menempel ke dinding. Hal ini juga dapat menghindari lembab dari dinding tembok rumah Anda.


  4. Kita juga bisa memberi kamper pada sudut-sudut rak penyimpanan buku untuk menghindari binatang-binatang perusak buku seperti ngengat, nyamuk, rayap, dan kecoak. Jika memungkinkan pasanglah lampu di dekat rak penyimpanan buku.


  5. Jangan meletakkan rak penyimpanan buku di tempat yang dapat terkena langsung sinar matahari agar buku-buku tersebut tidak mengering dan berubah warna. Untuk menghindari sinar matahari langsung, Anda dapat menggunakan gorden atau tirai untuk menutupi jendela agar sinar matahari tidak langsung kena pada buku.


  6. Jika terdapat buku-buku yang sudah lama disimpan, cobalah sesekali untuk keluarkan buku-buku tersebut untuk di angin-anginkan di tempat yang sejuk.


  7. Jangan lupa bersihkan rak buku secara rutin menggunakan kemoceng agar debu tidak banyak menempel di sekitar rak penyimpanan buku tersebut.


  8. Jika Anda memiliki buku yang disimpan dalam kurun waktu yang lama (seperti bertahun-tahun), tentu saja saat kita akan membuka lembaran di buku tersebut akan terasa lengket antar halaman yang satu dengan halaman yang berikutnya. Anda tidak perlu memaksa memisahkan lembaran yang lengket tersebut, coba lah rendam bagian kertas yang lengket ke dalam air bersih kurang lebih setengah jam. Lalu angkat dan angin-anginkan di tempat yang sejuk. Tapi jangan dijemur di bawah sinar matahari, karena akan menyebabkan lembaran buku tersebut menjadi bergelombang.


Dengan memperhatikan 8 tips di atas, semoga buku-buku koleksi kesayangan Anda dapat tetap terawat dengan baik di rak penyimpanan buku yah…
Salam.

Oleh:
Fitriyana Suhendi

Referensi Materi:
Julianto, Ayesha. 2010. Kumpulan Tips Praktis Perawatan Rumah & Tubuh. Jogjakarta: BUKUBIRU.

Sumber foto/ gambar:
http://jeliaedu.blogspot.com/2012/11/tips-merawat-buku_26.html
http://piecesofdramaqueen.blogspot.com/2014/01/tutorial-menyampul-buku-dengan-sampul.html
http://yohanasauwww.blogspot.com/2013_03_01_archive.html
http://www.ecoria.org/article/10-Cara-Daur-Ulang-Upcycling-Barang-Bekas/
http://www.tabloidrumah.com/2014/09/25/kapur-barus-aman-kok/
http://id.aliexpress.com/item/Free-shipping-Encryption-curtain-line-curtain-entrance-decoration-curtain-partition-entranceway-decoration-1m-2m/1552746322.html
http://media.kompasiana.com/buku/2013/07/30/serunya-berburu-lisensi-buku-asing-577796.html
http://www.kaskus.co.id/thread/532fb407138b460e438b4577/go-duster-by-wwwpabrikchinacom
http://blokbojonegoro.com/read/article/20130908/esai-minggu-buku-buku-dan-buku.html


Related Posts :