Jumat, 09 Januari 2015

Tips Membangun Rumah Yang Benar

Membangun rumah adalah idaman setiap orang. Setiap orang mempunyai desain tersendiri untuk membangun rumahnya. Saat sedang dalam pembangunan rumah, kita harus menjaga dan mengawasi tukang atau orang yang kita suruh untuk membantu membangun. Semua itu dilakukan, supaya tidak terjadi kesalahan dalam pembangunan. Kali ini saya akan membagikan tips untuk pembangunan rumah

1. Pembuatan tembok

Dalam pembangunan tembok rumah ada cara tersendiri untuk membuatnya. Jika kita sembarangan maka dapat berakibat fatal. Untuk membuat ikatan yang kuat antara batu bata dan kolom jadi harus di pasang jangkar. Jika kita memiliki kondisi batu bata yang kering sebaiknya kita rendam batu bata dengan air. Batu bata tidak boleh terlalu basah atau juga terlalu kering. jika terlalu basah maka air semen tidak bisa menyatu dan kalau terlalu kering maka batu bata tidak bisa menyerap adukan semen.


Gambar 1. Pembuatan tembok

2. Pemasangan keramik

Dalam pemasangan keramik kita harus hati hati. Saat memasang keramik kita harus membersihkan kerikil dan debu supaya tidak tercipta rongga sehingga keramik bisa terpasang dengan baik. Untuk dapat merekatkan keramik, terlebih dahulu kita harus membasahi lantai dengan air. Setelah keramik dipasang, kita harus mengecek keramik supaya tidak kosong dengan cara keramik tersebut diketuk. Jika saat keramik tersebut terasa kosong, berarti ada yang salah pada saat pemasangan, entah masih terdapat kotoran atau kerikil yang masih menempel pada lantai. Sebaiknya saat pemasangan keramik, jaraknya jangan terlalu dekat supaya pemasangan keramik lebih beraturan dan terlihat rapi.


Gambar 2. Pemasangan keramik

3. Pemasangan plafon

Untuk pemasangan plafon pertama tama, kita harus membersihkan langit langit tempat plafon dipasang. Selanjutnya, kita memasang pegantung plafon supaya tidak terjadi kerobohan. Pegantung plafon harus datar dan kita dapat mengukurnya dengan rambu ukur. Pegantung plafon harus diukur supaya pada saat pemasangan tidak ada gelombang. Setelah itu, kita membuat rangka plafon dari kayu dan kemudian rangka dari baja. Dan paling terakhir adalah pemasangan tripleks pada langit langit. Untuk jaman sekarang ini, kebanyakan orang lebih memilih memasang gipsum pada plafonnya supaya terkesan lebih mewah dan lebih banyak model yang bisa didapat dari pemasangan gipsum.


Gambar 3. Memasang plafon

4. Pengecatan dinding

Pengecatan dinding sebaiknya dilakukan paling terakhir supaya sekalian untuk membersihkan debu yang ada dinding. Jika kita takut jika cat mengenai keramik saat melakukan pengecatan kita dapat meletakkan koran pada keramik. Alat yang perlu digunakan adalah brush, roll, cat, dan filler. Filler digunakan untuk meratakan dinding dinding yang ada bolongnya. Pertama tama, kita cat bagian tepi menggunakan brush. Setelah bagian tepi dicat, kemudian kita cat keseluruhan dinding menggunakan roll. Usahakan pada saat pengecatan, kita harus mengecat dengan satu arah. Misalkan kita mengecat dari atas ke bawah menggunakan rollnya, bagian berikutnya pun harus sama dari atas ke bawah juga supaya terlihat lebih rapi. Sebaiknya kita menggunakan cat yang khusus. Cat untuk bagian dalam dan luar rumah sangat berbeda. Ada cat yang khusus di gunakan untuk di luar ruangan karena lebih tahan matahari dan lebih awet. Usahakan menggunakan cat yang jenis kapur karena cat tersebut mudah dicuci.


Gambar 4. Mengecat dinding

Jika saat menggunakan jasa tukang untuk membantu dalam membangun rumah, sebaiknya kita turun tangan dalam mengawasi setiap proses pembangunan yang dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal. Jika sudah terjadi kesalahan seperti bangunan yang dibangun roboh, maka akan dibutuhkan waktu yang sangat lama sekali untuk mengulang kembali pembangunan rumah tersebut.

Oleh : Jenny
Gambar:
1. http://1.bp.blogspot.com/-Lga-UwZ19CU/Ukk52mo59FI/AAAAAAAAEUg/8HT2WXAM4lQ/s1600/Foto10.jpg
2. http://www.monexmad.org/images/gallery/program73/Pemasangan-Keramik.jpg
3. http://panel.mustangcorps.com/admin/fl/upload/files/pak-tukang-plafon.jpg
4. http://3.bp.blogspot.com/_UJsAl56Qrmg/Sh92snxfbFI/AAAAAAAAAOI/8ecSpWPx6AY/s400/Slide1.JPG


Related Posts :