Minggu, 22 Februari 2015

6 Bagian Penting Kamar Mandi Di Rumah Yang Harus Dirawat

Setiap orang pasti melakukan berbagai aktivitas yang mengharuskannya untuk masuk dan keluar dari kamar mandi. Baik untuk keperluan mandi, buang air, mencuci, ataupun kegiatan-kegiatan lainnya yang menggunakan air. Untuk itu, perlunya perawatan yang rutin terhadap kamar mandi di rumah agar tetap bersih dan terawat. Kamar mandi yang kurang terawat akan membuat beberapa bagian penting yang ada di kamar mandi menjadi kotor, berlumut, bahkan berkerak di beberapa bagian permukaannya.

Kamar mandi termasuk area yang lembap yang sering basah terkena air sehingga perlu dibersihkan secara rutin untuk menjaga kebersihannya. Ada 6 bagian dari kamar mandi yang perlu kita rawat dengan baik agar bakteri, kuman, ataupun jamur biang penyakit tidak tumbuh dan berkembang biak di bagian tersebut.

1. Lantai dan dinding

Lantai sering terinjak oleh kaki orang yang masuk ke dalam kamar mandi, dan dinding sering terkena cipratan air dari aktivitas yang dilakukan. Jaga dan rawatlah lantai dan dinding di area kamar mandi agar permukaannya tidak berlumut dan licin, dengan cara menggosok bagian tersebut dengan menggunakan desinfektan, lalu setelah bersih bilaslah dengan air. Jika terdapat noda yang membandel, Anda dapat membersihkannya dengan menambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis yang dicampur dengan air.


Gambar 1. Lantai Dan Dinding Yang Bersih

2. Bak mandi

Bak mandi merupakan tempat yang digunakan untuk penyimpanan air di kamar mandi. Karena selalu dipakai/ diisi dengan air, bak mandi harus selalu dibersihkan secara rutin agar tidak berkerak. Anda dapat membersihkan bak mandi dengan menggosok permukaannya menggunakan sikat. Jika terdapat permukaan yang sudah berkerak, segeralah bersihkan dengan menggunakan asam sitrat yang ditaburkan pada bagian permukaan yang berkerak. Tunggu kurang lebih 1 jam agar kerak yang menempel mudah mengelupas. Setelah itu, gosoklah dengan sikat sampai bersih lalu siramlah dengan air.


Gambar 2. Bak Mandi

3. Kloset

Untuk membersihkan kloset, Anda bisa gunakan cairan pembersih khusus kloset yang sering dijual di pasaran. Hindari penggunaan detergen yang mengandung asam dengan karbol!
Kenapa?
Karena bahan kimia yang tercampur di dalamnya bisa mematikan mikro organisme yang ada di sekitar lubang kloset. Mikro organisme ini berguna untuk menguraikan limbah yang masuk ke dalam lubang kloset tersebut.


Gambar 3. Kloset

4. Bath tub

Perawatan bath tub sama halnya dengan cara yang dilakukan untuk membersihkan bak mandi. Hanya saja untuk membersihkan bath tub ini, Anda harus memberi atau mengucurkan air hangat terlebih dahulu sebelum membersihkannya dengan air dingin. Hal ini dilakukan agar noda yang menempel mudah dibersihkan. Atau jika noda yang menempel sulit untuk dibersihkan, Anda dapat menggunakan tawas yang diberi air perasan jeruk nipis pada campuran air yang digunakan untuk membersihkannya.

Tidak dianjurkan untuk merendam air di dalam bath tub, karena bath tub tidak didesain untuk tempat penyimpanan air seperti bak mandi.


Gambar 4. Bath Tub

5. Keran air

Air yang digunakan saat berada di kamar mandi tentu saja akan keluar dari lubang keran. Keran yang sering digunakan dan dilalui oleh air akan membuat keran menjadi mudah kotor jika jarang dibersihkan.

Bersihkan keran air secara rutin dengan sabun, dan hindari penggunaan bahan-bahan kimia, atau ekstrak lemon/ cuka karena dapat membuat permukaan keran menjadi cepat kusam.


Gambar 5. Keran Air

6. Pintu kamar mandi

Pintu kamar mandi sering terkena cipratan air sama halnya seperti dinding kamar mandi. Jika pintu kamar mandi Anda terbuat dari bahan kayu, Anda dapat melapisi bagian permukaan pintu dengan cat anti air, pelitur, atau semacamnya agar menghambat proses pelapukan air. Bahan pintu yang sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat adalah pintu berbahan aluminium. Aluminium merupakan bahan yang tahan air dan korosi sehingga akan cocok jika digunakan sebagai pintu kamar mandi.


Gambar 6. Pintu Kamar Mandi

Oleh:
Fitriyana Suhendi
Referensi Materi:
Julianto, Ayesha. 2010. Kumpulan Tips Praktis Perawatan Rumah & Tubuh. Jogjakarta: BUKUBIRU.
Sumber foto/ gambar:
1. http://sharingdisini.com/2012/10/31/membersihkan-toilet-dengan-murah-dan-ramah-lingkungan/
2. https://www.flickr.com/photos/kateinindonesia/41911210/
3. http://www.bangunrenovasi.info/2014/06/cara-membersihkan-kotoran-kerak-lantai.html
4. http://gambarproperti.com/pemasangan-dan-perawatan-the-bathtub-di-rumah-anda/cara-merawat-bathtub/
5. https://trusmansjah.files.wordpress.com/2007/09/sp_a0367.jpg
6. http://desain-kamar.com/2014/10/pin-pintu-aluminium-kusen-jendela-geser-on-pinterest/


Related Posts :