Kamis, 19 Februari 2015

Dinding Batako VS Dinding Batu Bata

Dinding merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam membangun sebuah rumah. Dinding dapat diartikan sebagai sebuah struktur padat yang melingkupi suatu daerah contohnya rumah. Fungsi dari dinding juga bermacam-macam mulai dari menyangga atap rumah, melindungi dari sinar matahari maupun hujan, membagi ruangan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemilihan bahan dinding rumah haruslah dilakukan dengan tepat.

Sebuah dinding rumah dapat menggunakan macam-macam bahan untuk membangunnya, mulai dari kayu, beton, batako, maupun batu bata. Namun, pada umumnya bahan batako dan batu bata lebih banyak digunakan dalam pembuatan sebuah rumah. Akan tetapi perlu diingat bahwa setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dinding batako maupun batu bata juga pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Dinding Bahan Batu Bata

Batu bata merupakan salah satu bahan pembuatan dinding rumah yang terbuat dari tanah yang mengandung pasir dan berlemak yang dibakar dengan suhu tinggi sampai berwarna kemerah-merahan. Namun, pada umumnya tanah yang digunakan untuk membuat batu bata biasanya adalah tanah liat.

Cetakan yang digunakan dalam membuat batu bata pun bervariasi mulai dari tebal sekitar 3-5 cm, lebar 7-11 cm, maupun panjang sekitar 17-22 cm tergantung dari produsen batu bata tersebut.
Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari bahan batu bata ini?

Kelebihan
  • Penggunaan batu bata pada dinding rumah dapat meminimalisir keretakan pada dinding tersebut. Akan tetapi, hal tersebut hanya dapat terjadi jika pemasangan batu bata dilakukan dengan tepat dan benar. Sebaliknya, jika pemasangan batu bata dilakukan secara asal-asalan, dinding rumah pun tidak akan bertahan lama.
  • Dinding dari bahan batu bata memiliki ketahanan yang cukup kuat sehingga dinding rumah dapat tetap kokoh.

Kekurangan
  • Biaya pemasangan batu bata yang tergolong cukup mahal dikarenakan ukuran batu bata yang kecil sehingga memerlukan waktu pengerjaan yang lama.


Gambar 1. Bahan Batu Bata

Dinding Bahan Batako

Batako merupakan salah satu bahan pembuatan dinding rumah yang terbuat dari campuran pasir, semen, dan air. Namun, yang membedakannya dari batu bata adalah salah satu proses pembuatannya yang tidak memerlukan proses pembakaran. Jadi, dapat dikatakan proses pengerasan batako dari campuran-campuran di atas tidak dilakukan dengan cara pembakaran.
Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari bahan batako ini?

Kelebihan
  • Dinding dari bahan batako bersifat kedap air. Namun pemilihan batako yang tepat harus selalu dilakukan dengan teliti.
  • Pemasangan batako pada dinding rumah memerlukan waktu pengerjaan yang sedikit dibandingkan dengan batu bata. Akibatnya, biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan juga lebih murah.


Gambar 2. Bahan Batako

Kekurangan
  • Tidak seperti batu bata, dinding dengan bahan batako lebih mudah mengalami keretakan. Apalagi jika pemasangan batako dilakukan dengan asal-asalan, dinding rumah akan mudah roboh.
  • Pada batako terdapat sebuah lubang yang jika tidak diisi maka dinding rumah akan lebih mudah untuk dilubangi. Akibatnya, keindahan rumah akan berkurang.


Gambar 3. Lubang Pada Batako

Oleh: Stevanus

Sumber: http://www.rumahbangun.com/perbandingan-dinding-batu-bata-dan-batako

Sumber Gambar:
1. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/83/Concrete_wall.jpg
2. http://infobisnisproperti.com/wp-content/uploads/2013/12/Dinding-Batako.jpg
3. http://2.bp.blogspot.com/-YLKCdGiliTk/UT1k0gbfTkI/AAAAAAAAAIM/kfEuPLnxg4I/s1600/BATAKO.JPG


Related Posts :