Rabu, 04 Februari 2015

Membuat Taman Air Terjun

Taman adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah rumah. Taman bisa mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah. Kita bisa memanfaatkan halaman yang tersisa di depan rumah atau belakang rumah untuk dijadikan sebuah taman. Sekarang ini, taman yang paling populer di kalangan masyarakat adalah taman air terjun. Biasanya di bawah air terjun terdapat kolam untuk memelihara ikan. Jika kita pecinta ikan koi, sangat cocok sekali untuk membuat kolam ikan di taman.

Untuk membuat taman air terjun tidak begitu sulit. Pertama-tama, kita harus menentukan desain untuk taman tersebut. Gambar di atas menggunakan desain yang minimalis. Untuk membuat tebing bahan yang digunakan adalah campuran pasir dan semen. Rangka tebing harus menggunakan besi di dalamnya supaya kokoh dan tidak mudah retak. Nantinya jika tebing sudah selesai, kita bisa menempelkan batu-batuan hias atau menggunakan tanaman hias. Untuk di dinding tebing, akan lebih bagus menggunakan tanaman yang menjuntai ke kolam supaya terlihat indah. Jika kita ingin menggunakan pepohonan, kita bisa menaruhnya di samping kolam. Jangan gunakan tanaman yang daunnya gampang rontok karena nantinya akan mengotori kolam.


Gambar 1. Air Terjun Minimalis


Gambar 2. Air Terjun Bebatuan

Jika kita memiliki halaman rumah yang kecil, kita bisa membuat taman air terjun yang minimalis. Ada desain tertentu yang bisa digunakan untuk halaman yang sempit. Kita bisa membuat taman air terjun tanpa menggunakan kolam. Untuk pengecatan taman, sebaiknya kita menggunakan warna yang alami supaya lebih terlihat natural. Untuk mengecat tebing atau kolam, kita bisa menggunakan cat yang berwarna dasar seperti merah, coklat, biru untuk dalam kolam, dan hitam. Jika nanti warnanya pudar, kita bisa mengecatnya kembali.


Gambar 3. Air Terjun Tanpa Kolam

Salah satu alat terpenting dalam pembuatan air terjun adalah mesin pompa air dan filter air. Mesin pompa air digunakan supaya air di dalam kolam bisa berputar dari bawah ke atas. Jika kita melihat arah aliran air terjun, airnya hanya berputar dari atas ke bawah. Sebenarnya nanti air yang ada di dalam kolam akan dipompa ke atas menggunakan mesin. Jika ingin membersihkan kolam, kita bisa menggunakan filter air supaya bisa menyaring kotoran. Jika kita memelihara ikan di dalam kolam, sangat penting sekali menggunakan filter air untuk mengganti air di kolam.


Gambar 4. Mesin Pompa Air

Sangat penting sekali untuk memperindah taman. Nantinya kalau ada tamu yang datang, salah satu tempat pertama yang akan dilihat adalah taman. Dengan adanya air terjun di taman, membuat halaman kita semakin indah dan terlihat menarik. Saat bersantai di taman, kita bisa duduk sambil menikmati air terjun. Sekarang ini sudah ada tukang taman yang menerima pembuatan air terjun dan kolam, jadi kita tidak perlu susah -susah untuk mencari tukang taman.

Oleh : Jenny
Referensi:
1. http://desainrumahideal.com/cara-membuat-air-mancur-mini/
2. http://tamanindo.blogspot.com/2014/02/tebing.html?m=1
Gambar:
1. http://media.abatasa.com/dirmember/00003/berkahlandscape/market/taman-dan-kolam-minimalis---saung-bambu_f-2118-6063.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/-f4GU8TBh59Y/Tdb5Pfr3sII/AAAAAAAABoY/3Lwnu2irw3I/s1600/1500taman.jpg
3. http://desainrumahkeren.com/wp-content/uploads/2014/05/Water-Fountains-In-The-Simple-Garden.jpg
4. http://image2.indotrading.com/co12147/productimages/p82244/292cc349-823c-4ac9-b6a7-f6766b65041ew.jpg


Related Posts :