Selasa, 03 Februari 2015

Menciptakan Kesan Interior Rumah Dengan Perpaduan Warna

Secara mendasar, warna menampilkan kesan. Memadukan beberapa warna akan menciptakan kesan tertentu. Hal ini dapat kita terapkan pada interior rumah. Misalnya, memilih furnitur rumah dengan variasi hijau muda dan hijau terang sehingga memancarkan kesan natural dan segar. Contoh lainnya, mengecat seluruh tembok rumah dengan warna-warna greyscale atau “hitam putih”. Warna-warna tersebut sangat kental dengan kesan elegan dan klasik. Pada gambar desain interior ruang tamu, warna dominan yang dipakai adalah warna kuning, biru, merah, dan hijau. Perpaduan empat warna tersebut memancarkan kesan gembira dan riang. Sedangkan pada gambar desain interior kamar tidur, warna-warna greyscale terlihat dominan sehingga kental dengan kesan elegan dan klasik.

Bila menginginkan kesan yang unik dan langka, maka kita perlu rajin membaca majalah atau artikel yang berhubungan dengan interior rumah untuk mendapatkan inspirasi. Kita pun dapat memakai piranti lunak seperti Adobe Photoshop, Photopaint, CorelDraw, atau yang sebagainya untuk mensketsakan eksperimen perpaduan warna-warna. Bila muncul kesan unik dan langka dalam proses sketsa, kita dapat menerapkannya. Kedua gambar berikut adalah contoh interior dengan perpaduan warna sehingga menghasilkan kesan tertentu.


Gambar 1. Interior Berkesan Gembira Dan Riang


Gambar 2. Interior Berkesan Elegan Dan Klasik

Berikut beberapa kesan, yang mungkin saja, merangsang kita untuk menerapkannya pada interior rumah.

Kesan Sporty

Kesan yang dapat menjadikan kita semangat ini cocok bagi keluarga yang berjiwa dinamis dan enerjik. Gunakan merah sebagai warna dominan, baik pada cat tembok maupun furnitur. Secara psikologis, merah dapat memancarkan kesan sporty. Untuk semakin menambah kesan sporty, kita dapat menambahkan satu atau lebih hal yang berhubungan dengan olahraga. Misalnya, memajang gambar pemain sepak bola berukuran besar. Gambar berikut yang menampilkan desain interior ruang tamu adalah contohnya.


Gambar 3. Interior Berkesan Sporty

Kesan Natural

Bila kita menginginkan interior rumah dengan suasana alami dan penuh kesegaran, kesan yang memancarkan keasrian alam ini dapat menjadi pilihan. Jadikanlah hijau sebagai warna dominan karena warna ini dapat menampilkan kesan keasrian. Bila ingin menambahkan kesan natural, kita dapat menempatkan vas berisi bunga di setiap sudut ruangan, memajang lukisan bertema alam, atau pun meletakkan aquarium. Gambar desain interior ruang keluarga berikut adalah contohnya.


Gambar 4. Interior Berkesan Natural

Kesan Manis

Warna pastel yaitu warna yang hampir mendekati warna putih. Agar memunculkan kesan manis pada interior, variasikan warna-warna pastel, baik pada furnitur maupun tembok. Gambar berikut adalah contoh ruangan dengan kesan tersebut.


Gambar 5. Interior Berkesan Manis

Kesimpulan

Untuk menciptakan kesan tertentu pada interior rumah, kita dapat memanfaatkan warna. Perpaduan warna-warna yang pas akan menghasilkan kesan yang kita inginkan.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar:
1. http://1.bp.blogspot.com/-57WaVzULKyg/UGqd0SOsYII/AAAAAAAAOF4/MSoPbPg2Oak/s1600/4.jpg
2. http://www.trendecoration.com/wp-content/uploads/sharp-grey-bedroom-design-lighting.jpg
3. http://room-decorating-ideas.com/wp-content/uploads/2012/06/living-room-decorating-ideas-for-townhouse7.jpg
4. http://www.deflitched.com/how-to-make-green-interior-design-for-a-home.html/green-room-interior-design#image-1
5. http://img.allw.mn/content/lifestyle/2013/04/4_mix-colors.jpg


Related Posts :