Kamis, 12 Februari 2015

Sisi Positif Dan Negatif Penggunaan Lantai Keramik Di Rumah

Penggunaan lantai keramik telah menjamur di rumah masyarakat pada era modern ini. Selain harganya yang terjangkau oleh masyarakat, lantai dari keramik juga digunakan masyarakat untuk mempercantik keindahan rumah dikarenakan motif dan warna yang bermacam-macam. Hal-hal tersebut merupakan salah satu sisi positif dari penggunaan lantai keramik. Selain itu, ada sisi positif lainnya yaitu:

  • Lantai keramik lebih tahan lama jika tidak mengalami benturan/goncangan yang keras. Hal tersebut dikarenakan lantai keramik tidak akan lapuk seperti lantai yang terbuat dari kayu.
  • Lantai dari keramik dapat dibilang cukup mudah untuk dibersihkan.
  • Lantai keramik tidak menyerap air sehingga tahan lama. Hal tersebut yang membuatnya lebih unggul daripada lantai dari kayu yang dapat menyerap air sehingga cepat rusak.


    Gambar 1. Lantai Keramik Rumah

Tetapi pastinya kita tahu bahwa sisi positif dari suatu hal tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya sisi negatif. Sama halnya dengan penggunaan lantai keramik di rumah-rumah. Penggunaan lantai yang terbuat dari keramik juga tentu ada sisi negatifnya, diantaranya adalah:

  • Dingin
    Tentunya bagi masyarakat yang menggunakan lantai dari keramik sudah pernah merasakan bagaimana dinginnya lantai keramik. Selain itu, tampilan keramik yang kaku dan tidak bervariasi juga menimbulkan kesan dingin pada lantai rumah.

  • Sensitif terhadap goresan
    Lantai keramik memang sensitif dengan goresan. Sedikit goresan saja pada lantai keramik sudah dapat mengurangi keindahan tampilannya. Hal tersebut dikarenakan permukaan yang mengkilap pada lantai keramik sebenarnya terdiri dari lapisan yang sangat tipis. Satu-satunya cara untuk memulihkannya adalah menggantinya dengan keramik baru karena goresan tersebut tidak dapat dihilangkan.

  • Lantai keramik mudah pecah
    Apakah anda pernah menjatuhkan sesuatu yang berat ke lantai keramik anda? Jika pernah, maka anda pasti akan menemukan keretakan pada lantai keramik tersebut. Keramik termasuk salah satu benda yang sensitif terhadap goncangan/benturan keras. Apabila dikenakan benturan yang cukup keras, alhasil keramik tersebut akan pecah.

  • Lantai keramik terasa keras
    Lantai keramik yang keras akan cukup terasa oleh masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan lantai dari kayu. Hal tersebut memang terasa sangat tidak nyaman pada kaki orang yang belum terbiasa menggunakannya. Banyak masyarakat yang tidak tahan dengan kerasnya lantai keramik sehingga akhirnya memakai alas kaki/sandal di rumah atau memasang karpet serta alas lantai lainnya.

  • Masalah pada nat keramik
    Tahukah anda apakah nat keramik itu? Nat keramik merupakan lapisan semen yang terdapat di tepi keramik yang berfungsi menghubungkan satu keramik dengan keramik lainnya. Tetapi apakah permasalahannya? Nat keramik sangat mudah menyerap kotoran dan lebih parahnya lagi sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, perlu pembersihan secara rutin pada lantai keramik anda di rumah.

Oleh : Stevanus
Sumber: http://www.arafuru.com/lifestyle/10-kelebihan-dan-kekurangan-lantai-keramik.html
Sumber Gambar:
http://polesplus.files.wordpress.com/2012/04/lantai21.jpg


Related Posts :