Senin, 16 Februari 2015

Tips Jitu Merawat Furnitur Kesayangan Anda Yang Berada Di Luar Rumah (outdoor)

Beberapa orang yang memiliki teras rumah yang cukup luas, pasti akan menata terasnya dengan baik. Misalnya saja dengan menempatkan beberapa furnitur seperti kursi, meja, atau hiasan dinding untuk mempercantik teras. Teras rumah mempunyai peranan penting sama halnya seperti halaman rumah.

Agar furnitur yang berada di luar rumah (outdoor) dapat bertahan lama dan tidak cepat rusak, Anda harus merawatnya dengan baik misalnya dari percikan air hujan, paparan sinar matahari secara langsung, atau dari tiupan angin yang dapat merusak kekokohan furnitur kesayangan Anda.

Untuk merawat furnitur kesayangan Anda, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, diantaranya:
  1. Jika memungkinkan Anda dapat menggunakan cover furnitur anti air agar furnitur kesayangan Anda bisa bertahan lama dan awet.
  2. Furnitur yang ditempatkan di luar rumah (outdoor) sering kali rentan terhadap debu yang berasal dari udara sekitar. Oleh karena itu, furnitur harus sering dibersihkan dengan menggunakan kuas halus yang berukuran kecil agar debu tidak menempel pada sela-sela/ sudut kecil di permukaannya.
  3. Untuk menjaga dan melindungi furnitur yang terbuat dari kayu, Anda dapat mencoba mengoleskan larutan varnish setiap 3 bulan sekali secara rutin. Dan untuk furnitur yang terbuat dari kayu jati dapat Anda oleskan juga larutan pelindung khusus untuk kayu jati.
  4. Jika furnitur kesayangan Anda ada yang terbuat dari bahan rotan, maka Anda perlu memberikan perawatan khusus agar furnitur tersebut dapat bertahan lama dan tidak cepat rusak.


Gambar 1. Furnitur di Teras Rumah

Memiliki furnitur yang terbuat dari rotan mempunyai pesona keindahan tersendiri dari pola dan teksturnya jika dibandingkan dengan furnitur yang terbuat dari kayu. Keindahan dari anyaman rotan yang indah akan hilang jika permukaannya tertimbun oleh debu dan kotoran yang dapat membuat tampilan permukaannya menjadi berwarna lusuh.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat furnitur rotan kesayangan Anda:
  • Jika permukaan furnitur terkena tumpahan air, segeralah bersihkan dengan menggunakan lap kering.
  • Bersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan rotan dengan menggunakan vacuum cleaner, dan bila diperlukan menggunakan pinset secara perlahan agar tidak merusak permukaan yang dibersihkan.
  • Hindari penempatan furnitur rotan dari sinar matahari secara langsung, dan dari percikan air, karena jika rotan terlalu kering maka permukaan rotan akan menjadi kasar, dan jika rotan terlalu basah maka permukaan rotan akan mudah berjamur.
  • Jika furnitur kesayangan Anda sudah terlanjur ditumbuhi jamur, segeralah bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner. Lalu sikat bagian yang terkena jamur dengan menggunakan sikat yang berbulu halus dan cucilah dengan larutan pemutih. Setelah bersih dari jamur, keringkan rotan di tempat yang teduh.
  • Sesekali cuci furnitur rotan dengan cara disemprot dengan air bersih yang telah dicampur sedikit detergen atau minyak pembersih khusus kayu.
  • Dan jika memungkinkan, lapisi permukaan rotan dengan cairan wax dengan cara disemprotkan ke seluruh permukaan rotan secara merata. Cairan wax ini merupakan cairan yang sering digunakan untuk melapisi permukaan furnitur agar terlihat lebih mengkilap dan terlindungi.

Lakukan tips di atas secara rutin agar furnitur kesayangan Anda dapat bertahan lama dan terawat dengan baik.

Oleh:
Fitriyana Suhendi

Referensi Materi:
Julianto, Ayesha. 2010. Kumpulan Tips Praktis Perawatan Rumah & Tubuh. Jogjakarta: BUKUBIRU.

Sumber foto/ gambar:
1. http://rumahminimalismodern36.com/23/cara-hebat-mempercantik-desain-teras-rumah-minimalis.html/5-cara-mempercantik-teras-rumah-minimalis


Related Posts :