Kamis, 09 Juni 2016

6 Rumah Terunik dan Teraneh Yang Pernah Ada

Seperti kita ketahui rumah merupakan tempat di mana kita tinggal setiap hari untuk berlindung baik dari keadaan cuaca ataupun dari binatang buas yang berkeliaran. Rumah juga dijadikan sebagai tempat berkumpul dengan sanak saudara. Bentuk rumah yang sering kita jumpai memiliki desain bangunan yang hampir mirip satu sama lain dengan desain bangunan rumah yang berada di sekitar.

Nah kali ini ada beberapa rumah dengan desain bangunan yang cukup unik dan bisa dibilang aneh.

Unik dan aneh ? Wooooow......

Penasaran kan desain bangunan unik dan aneh itu seperti apa?

Yuk kita lihat satu persatu !

  1. Rumah Terkecil


    Gambar 1. Rumah terkecil milik Robert Jones

    Kenapa bisa dibilang rumah terkecil?

    Ya, karena ukuran rumah yang satu ini bisa dibilang cukup kecil sebagai tempat yang digunakan untuk tempat tinggal seperti rumah pada umumnya.

    Rumah kediaman seorang pelaut bernama Robert Jones ini berada di Inggris, memiliki luas rumah sekitar 5,49 m2. Rumah terkecil ini digunakan Robert untuk tinggal dan berlindung setiap hari dari mulai abad ke-16 sampai tahun 1900. Sampai saat ini rumah tersebut masih berdiri dengan kokoh, namun sudah tidak dipakai sebagai tempat tinggal lagi karena dinilai tidak layak tinggal oleh pemerintah setempat, sehingga rumah ini sekarang dijadikan sebagai salah satu tempat wisatawan di Inggris.

    Wow lumayan unik dan aneh juga kan rumah yang satu ini?

    Yuk kita lanjut ke rumah terunik dan teraneh selanjutnya.

  2. Rumah Domes, Jogja


    Gambar 2. Rumah Domes, Jogja

    Pada umumnya, atap rumah dibuat miring dengan ditutupi deretan genteng, asbes atau untuk rumah-rumah tradisional nenek moyang kita terdahulu menggunakan ijuk sebagai atap rumahnya. Beda halnya dengan rumah yang satu ini, rumah dengan desain bentuk atap menyerupai setengah bola berwarna putih ini bernama rumah Domes.

    Anda dapat jumpai rumah Domes di perkampungan New Ngelepen, Jogja, Indonesia. Bentuk atapnya yang unik membuat warga sekitar menyebut rumah tersebut sebagai Rumah Teletubbies, karena bentuk atapnya yang serupa dengan rumah di salah satu film kartun Teletubbies.

    Masih ingatkah dengan tragedi gempa Jogja pada tahun 2006 silam?

    Nah, Rumah Teletubbies ini adalah salah satu hasil karya rumah yang di-design tahan gempa dan diperuntukkan untuk korban gempa tersebut. Sangat unik juga yah ide kreatifnya.

  3. Rumah Toilet


    Gambar 3. Rumah toilet - Sim Jae-duck

    Beralasan karena sudah merasa bosan dengan bentuk rumah yang biasa-biasanya saja, membuat seorang usahawan toilet terkenal bernama Sim Jae-duck membangun rumahnya sendiri di Korea Selatan dengan bentuk yang menyerupai bentuk toilet.

    Wow kereeeeen, ada rumah berbentuk toilet yah..

    Dengan bentuk bangunannya yang unik, membuat rumah ini masuk dalam kategori rumah terunik dan teraneh yang pernah ada.

  4. Rumah Gelembung


    Gambar 4. Rumah gelembung

    Sebuah desain rumah dengan berhiaskan gelembung-gelembung indah ini merupakan rumah milik perancang busana legendaris Perancis kelahiran Italia, ya tak lain adalah milik Pierre Cardin.

    Rumah gelembung ini dirancang oleh Antti Lovag, yang sudah 94 tahun silam ini tenar lewat brand produk fashion-nya yang dipasarkan hampir di seluruh negara. Bahkan hingga saat ini pun, rumah gelembung yang memiliki nilai-nilai sejarah ini masih berada dalam daftar situs penjualan properti Perancis, Charles-Henri de la Grandiere. Wow keren sekali yaah.

  5. Rumah Kerang


    Gambar 5. Rumah kerang

    Menjadi seorang arsitek tentunya memiliki ide-ide cemerlang dalam kemampuan berpikir yang beda, kreatif dan inovatif dalam membuat karya desain bangunan yang akan dibuatnya. Hal ini membuat seorang arsitek asal Mexico bernama Javier Senosiain membangun konsep desain bangunan rumah dengan bentuknya yang cukup unik, ya...... rumah desain yang ia bangun menyerupai bentuk kerang dengan tekstur bangunan yang cantik menawan.

  6. Rumah Sepatu


    Gambar 6. Rumah sepatu

    Desain bangunan rumah dengan bentuk menyerupai sebuah sepatu ini dapat Anda temui di Afrika Selatan. Rumah unik ini dijadikan sebagai sebuah museum dan galeri seni yang cukup unik dan menarik perhatian masyarakat setempat di Afrika Selatan.

Sekian informasi mengenai rumah terunik dan teraneh yang pernah ada. Semoga dengan adanya informasinya ini dapat membangkitkan kembali ide-ide cemerlang para design bangunan untuk bisa lebih kreatif lagi dalam membuat sebuah karya.

Terima kasih.

Oleh : Fitriyana Suhendi

Referensi:
http://indonesiatop.blogspot.com/2010/03/rumah-terunik-di-indonesia.html
http://www.backpacktor.com/2014/04/mengintip-rumah-teletubbies.html
http://www.rumah.com/berita-properti/2016/4/121542/rumah-gelembung-milik-pierre-cardin-dilego-rp56-triliun
Sumber gambar :
1.http://www.beritaunik.net/unik-aneh/rumah-rumah-teraneh-yang-tidak-bisa-anda-jumpai-di-indonesia.html?fb_comment_id=488856043208_22289196#f3b451308dd6d6a
2. http://yogyakarta.panduanwisata.id/wisata-alam-2/rumah-dome-hunian-tahan-gempa-di-yogyakarta/
3. http://cv-adityautama.blogspot.co.id/2015/12/10-rumah-terunik-di-dunia.html
4. http://cv-adityautama.blogspot.co.id/2015/12/10-rumah-terunik-di-dunia.html
5. http://indonesiatop.blogspot.com/2010/03/rumah-terunik-di-indonesia.html
6. https://konstruksirumah.com/desain-rumah-unik-sederhana-minimalis/desain-rumah-unik-minimalis-terbaru/


Related Posts :