Sabtu, 18 Juni 2016

Ingin Rumah Anda Bergaya Vintage? Ini Caranya!

Beberapa orang menyukai gaya rumah yang bermacam-macam, mulai dari gaya minimalis, shabby chic, kontemporer, tradisional, vintage, dan sebagainya. Akhir-akhir ini, sebagian besar orang mulai mengikuti gaya rumah vintage yang teduh dan nyaman. Selain itu, rumah bergaya vintage juga membawa kita untuk mengingat keadaan masa lalu yang damai dan membekas di hati. Bagi kita yang ingin bernostalgia dengan rumah bergaya manis ini, ada beberapa tips yang antara lain:

  • Memperbanyak perabotan dan interior dari kayu dan batu.


    Gambar 1. Kayu dan batu yang memberi kesan jadul dan naturalis

    Yang membuat rumah kita terlihat bergaya klasik adalah dengan menggunakan bahan kayu sebanyak-banyaknya pada lingkungan rumah kita. Mulai dari dinding, lantai, bahan furnitur, dan material, pergunakan kayu yang telah dipernis sampai halus untuk memberi kesan “jadul” (karena zaman dahulu bangsa Eropa Klasik lebih banyak menggunakan kayu dan batu untuk bahan rumahnya). Selain kayu, Anda juga bisa menambahkan beberapa material batu untuk dindingnya.

  • Menggunakan barang bekas sebagai hiasan.


    Gambar 2. Menggunakan peti bekas sebagai meja unik dan kreatif

    Jangan salah! Barang bekas yang dimaksud bukanlah barang bekas yang kotor dan menjijikkan. Nuansa furnitur dari barang bekas akan memberikan kesan “jadul” yang lebih melekat. Anda dapat menggunakan barrel bekas atau botol wine sebagai hiasan di dalam lemari kaca. Atau Anda juga bisa menambahkan meja kayu pada ruang tamu dan menutupinya dengan kaca. Kesan vintage akan lebih terasa apabila menggunakan kayu jati atau kayu oaks.

    Dengan barang bekas tersebut, Anda bisa mengaplikasikannya untuk membuat craft dan hiasan DIY (Do It Yourself). Pernak-pernik buatan tangan sangat menambah kekentalan kesan vintage pada rumah Anda. Pencampuran beberapa barang tua menjadi barang baru sangat membutuhkan kreativitas, dan Anda bisa mencoba dari bentuk atau pola sederhana terlebih dahulu

  • Gunakan warna-warna kayu dan rumput.


    Gambar 3. Menggunakan warna coklat dasar pada dinding rumah

    Dengan kesederhanaan seperti yang terpancar di masa lampau, gunakanlah warna cokelat, putih, dan kelabu sebagai warna dasar rumah Anda, baik interior maupun eksteriornya. Untuk melihat pola desain interiornya, Anda bisa memerhatikan bentuk rumah cottage dan dengan menambahkan perapian pada ruangan tertentu. Meletakkan bunga kering, jerami, atau tanaman plastik juga sangat membantu untuk menambah kesan warna rumput yang klasik dan berbekas.

  • Tambahkan perabotan antik.

    Perabotan antik yang dimaksud dimulai dari lemari kayu, jam besar, perapian, tempat duduk, bahkan susunan buku pada rak-rak yang dipasang di sepanjang dinding. Sebagian orang ada yang suka memanfaatkan buku tebal yang terbuat dari kulit untuk mengisi ruang kosong sehingga memberi kesan misterius dan tua. Selain itu, Anda juga bisa menyulap barang-barang modern menjadi antik, yaitu dengan memberikan warna senada yaitu cokelat muda.

Oleh: Giovani Malinda

Referensi:
http://majalahasri.com/mengintip-rumah-bergaya-vintage-ala-luthfi-hasan/
http://berlinhappens.com/desain-rumah-bergaya-vintage-sederhana/
Referensi Gambar:
1. http://berlinhappens.com/wp-content/uploads/2015/09/ruang-tamu-vintage.png
2. http://www.digsdigs.com/photos/one0of-kind-vintage-house-in-melbourne-8.jpg
3. http://www.rumahuni.com/wp-content/uploads/2012/11/mountain-house-2.jpg


Related Posts :