Senin, 20 Juni 2016

Manfaat-Manfaat Meletakkan Akuarium

Meletakkan akuarium di dalam rumah menjadi salah satu cara memperindah interior. Terlebih, bila interior berukuran luas. Sesungguhnya, meletakkan akuarium tidak sekadar bermanfaat memperindah interior saja. Ada juga manfaat-manfaat lainnya. Lalu, apa saja manfaat-manfaat tersebut? Berikut beberapa manfaat-manfaat lainnya meletakkan akuarium selain memperindah interior.

Pertama, Menghasilkan Energi Ketenangan dan Kesejukan

Dalam kajian Feng Shui, ilmu tata letak yang berasal dari Negeri Tiongkok, akuarium menghasilkan energi ketenangan dan kesejukkan bagi orang yang memandanginya. Terlebih, bila akuarium diisi berbagai ikan hias berwarna-warni. Orang yang memandanginya dapat merasa lebih tenang dan rileks. Nah, dengan adanya rasa tenang dan rileks, kita akan merasa lebih tenang dalam berpikir. Dan juga, kita akan merasa lebih nyaman melepas lelah. Terutama setelah melakukan segudang aktivitas melelahkan. Selain itu, dengan merasakan energi ketenangan dan kesejukkan yang terpancar dari akuarium, kita pun akan lebih rileks ketika sedang mengalami stres.


Gambar 1. Contoh Akuarium Yang Diletakkan Di Dalam Rumah

Kedua, Membantu Menjaga Kesehatan

Stres, secara psikologis, dapat memunculkan berbagai penyakit. Terlebih, bila merasakan stres yang berlebih. Misalnya, sakit kepala ataupun darah tinggi yang dapat muncul karena stres yang berlebih. Karena akuarium dapat menghasilkan energi ketenangan dan kesejukkan, maka stres dapat dihindari dengan meletakkan akuarium. Terlebih, bila akuarium diisi berbagai ikan hias berwarna-warni. Beberapa penelitian ilmilah pun membuktikan bahwa akuarium dapat menghindarkan manusia dari rasa stres. Selain bermanfaat menghindari munculnya stres, akuarium pun bermanfaat juga memperlancar peredaran darah. Beberapa penelitan telah membuktikan hal tersebut.

Ketiga, Mengurangi Berbagai Rasa Nyeri

Menurut suatu penelitian, memandangi ikan-ikan di dalam akuarium serta mendengarkan suaranya dapat mengurangi nyeri seperti nyeri kepala ataupun persendian. Nah, bila sering merasa nyeri terutama karena menjalani berbagai aktivitas, kita dapat meletakkan akuarium di dalam rumah.

Keempat, Menyehatkan Kulit

Berdasarkan ilmu Feng Shui, memandangi aquarium dapat menyehatkan kulit kita. Lalu, mengapa? Dalam kajian Feng Shui, akuarium merupakan elemen air sedangkan kulit manusia merupakan elemen tanah. Interaksi antara air dengan tanah yaitu air menyuburkan tanah. Nah, mengacu kepada ilmu Feng Shui, kita sesungguhnya merasakan energi air ketika sedang memandang akuarium. Energi ini diserap oleh kulit sehingga menjadikan kulit lebih sehat.

Demikianlah, beberapa manfaat meletakkan akuarium selain untuk memperindah interior. Lalu, di bagian mana sebaiknya kita meletakkannya? Simpanlah di tengah-tengah ruangan agar kita mudah memandangnya dan mudah mendengar suara ikan-ikan yang bergerak di dalamnya. Nah, bila terdapat ruangan kerja di dalam rumah, sebaiknya tidak meletakkan akuarium di ruang tersebut. Sebabnya, dapat menjadikan kita loyo dan kurang maksimal dalam bekerja.

Karena akuarium mendatangkan banyak manfaat bagi kita, tak ada salahnya meletakkannya di dalam rumah. Akan lebih baik lagi, bila akuarium diisi berbagai ikan hias yang berwarna-warni. Nah, tertarik meletakkan akuarium di dalam rumah?

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://docaquarium.com/wp-content/uploads/IMG_0951-1.jpg


Related Posts :