Rabu, 08 Juni 2016

Tips Agar Rumah Menciptakan Suasana Tenang

Setiap rumah memiliki pesonanya masing-masing. Segala bentuk furnitur atau perawatan yang dilakukan di rumah Anda nyatanya memberikan kesan yang bermacam-macam. Yang terpenting, rumah harus sesuai dengan fungsi utamanya yaitu melindungi dari panas dan dingin cuaca.

Rumah yang tenang dan sejuk membuat siapapun betah untuk tinggal di dalam rumah lebih lama. Terutama jika Anda memiliki anak-anak, alangkah baiknya kita bisa menciptakan suasana tenang agar kondusif bagi si anak untuk belajar dan bermain. Suasana tenang di rumah tidak hanya bisa diartikan dengan rumah yang sepi, tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana yang tenang di rumah. Berikut ulasannya.


Gambar 1. Rumah yang memberi kesan tenang

  • Bersih dan rapi.

    Semua orang akan merasa nyaman tinggal di rumah yang bersih. Ketika semua perabotan rumah tersusun secara teratur, maka nuansa rumah akan terkesan lebih sepi. Barang-barang yang berantakan sebaliknya membuat stress sehingga tuan rumah tidak bisa merasa tenang. Untuk itu, pastikan rumah anda selalu tertata dan dibersihkan setiap hari dari kotoran dan debu.

  • Terdapat pancuran air sederhana.


    Gambar 2. Air mancur di belakang rumah

    Suara percikan yang asri akan memberikan nuansa yang nyaman dan mendamaikan hati. Hal ini terbukti dari adanya fakta bahwa elemen air sangat memberikan dampak ketenangan dan ketenteraman. Anda dapat membuat air mancur sendiri tanpa pompa listrik, dan dapat menggunakan alat sederhana seperti gerabah atau pot lama untuk mengalirkan air ke bawah.

  • Cat berwarna pastel.

    Pilihan warna dasar cat sangat menentukan kesan rumah itu sendiri. Cat yang terlalu terang akan membuat rumah terkesan ramai dan produktif, sementara cat yang terlalu gelap membuat rumah terkesan seram. Cat yang berwarna pastel adalah warna yang pas untuk memberikan kesan tenang pada rumah Anda. Warna-warna tersebut adalah biru muda, ungu kelabu, coklat muda, abu-abu, dan hijau tosca.

  • Furnitur sederhana.


    Gambar 3. Kursi yang sederhana membuat pekarangan nampak tenang

    Hal yang membuat rumah nampak indah bukanlah dari isi perabotan yang mahal, tetapi penempatan dan sudut pandang yang baik dan memberi kesan ramah terhadap penguninya. Usahakan furnitur Anda memiliki tema yang berhubungan, seperti bentuk minimalis, elegan, atau warna cerah. Semua itu harus disesuaikan dengan bentuk rumah Anda. Namun kesederhanaan corak dan bentuk bisa memberikan kesan tenang dan rapi. Anda tidak perlu membeli sofa seharga 50 juta untuk membuat rumah Anda terlihat bagus, asalkan perawatannya diperhatikan pasti rumah Anda akan nampak indah.

  • Pastikan udara dapat berlalu lintas di dalam rumah.

    Selain dari sisi arsitektur dan desain interior, ketenangan di dalam rumah juga dihasilkan dari kesegarannya. Udara sejuk harus selalu berlalu lintas dengan baik di dalam rumah. Karena itu jendela adalah unsur rumah yang sangat penting untuk menjaga kesegaran serta menghilangkan lembab yang mengganggu di dalam rumah.

Selain beberapa hal teknis di atas, salah satu bagian terpenting dari kesan tenang di rumah adalah hubungan antar anggota keluarga yang terjalin baik. Anda tidak dapat memperoleh ketenangan yang sesungguhnya tanpa kerja sama dan harmoni di antara anggota keluarga.

Oleh : Giovani Malinda

Referensi:
http://id.wikihow.com/Membuat-Air-Mancur-di-Luar-Rumah
http://inzanami.com/warna-cat-kamar-tidur/

Sumber gambar:
1. http://media-cache-ak0.pinimg.com/736x/85/44/0e/85440eab34f6b592d39d90cd853ac301.jpg
2. https://tamankencana.files.wordpress.com/2013/06/desain-kolam-ikan-taman-rumah-minimalis.jpg
3. http://www.mostbeautifulthings.net/wp-content/uploads/2014/08/garden-furniture-19.jpg


Related Posts :