Senin, 18 Juli 2016

5 Tips Peletakan Rak dan Lemari Multifungsi

Rak dan lemari merupakan furnitur yang mempunyai peranan penting di dalam ruangan, terutama di dalam rumah. Terbuat dari kayu, plastik maupun material lainnya, tentunya setiap pemilik rumah memiliki alasan tersendiri memilih yang mana, asalkan furnitur dapat digunakan. Karena itulah, sering kali kita mengabaikan peletakan furnitur tersebut, padahal jika kita desain lebih lanjut, dapat dihasilkan rak dan lemari multifungsi.

Lantas, dimana saja kita dapat meletakkan rak dan lemari agar dapat digunakan secara optimal? Simak 5 tips berikut.

  1. Sudut Ruangan


    Gambar 1. Lemari di Sudut Ruangan

    Akui saja, kita sering menelantarkan posisi ini sehingga bisa jadi tidak terawat dan tempat menumpuknya barang. Posisi ini bisa menjadi poin penting sebuah ruangan jika kita atur, yaitu meletakkan rak dan lemari dengan mengikuti bentuk sudut dinding. Desain furnitur dapat berupa persatuan dari meja belajar, lemari, rak, dan lain-lain sehingga menjadi multifungsi. Sebaiknya gunakan warna-warna terang agar terkesan luas. Tetapi, utamakan meja belajar berada di dekat jendela agar dapat memanfaatkan cahaya dari luar serta mendapat udara sejuk.

  2. Pembatas Ruangan


    Gambar 2. Lemari Sebagai Pembatas Ruangan

    Sekat dan tirai biasanya berada di posisi ini jika terdapat sebuah ruangan yang terbagi menjadi ruangan kecil untuk dua aktivitas yang berbeda. Namun, anda juga dapat menggunakan rak dan lemari sebagai pembatas. Upayakan ketinggiannya hampir mencapai plafon. Gunakanlah rak terbuka yang berfungsi untuk menyimpan barang dari dua sisi. Untuk menambah estetika malam, tambahkanlah lampu downlight. Namun, hindari menggunakan warna gelap untuk furnitur ini karena akan terkesan sempit.

  3. Bawah Tangga


    Gambar 3. Rak di Bawah Tangga

    Posisi ini juga banyak dilupakan sehingga jika tidak dirawat akan menjadi gudang/tumpukan barang yang tidak enak dipandang. Di sinilah anda bisa meletakkan rak dan lemari, gunakanlah warna terang agar terkesan luas. Desain furnitur dapat disesuaikan dengan bentuk sudut tangga. Sebaiknya, maksimalkan celah yang ada agar tak ada kotoran yang menumpuk di sisa celah yang tak terpakai. Hindari rak terbuka; tambahkanlah pintu kaca atau kayu untuk menutupi rak dari debu. Ingin terlihat elegan? Tambahkanlah lampu downlight di rak.

  4. Menggantung di Dinding


    Gambar 4. Rak Menggantung di Dinding

    Sistem ini membuat kesan ringan dan melayang karena ada jarak terhadap lantai. Jika ingin penyimpanan di dalam rak/lemari luas, hilangkan sekat dan buat memanjang. Gunakanlah dua warna terang pada furnitur agar tidak monoton. Jika pintu yang menutupi rak terbuat dari kaca, hindarilah penyimpanan barang yang berantakan.

  5. Penuh Sepanjang atau Melingkari Dinding
    Gambar 5. Lemari Memenuhi Dinding

    Sistem ini sebaiknya digunakan di ruangan yang cukup luas sehingga akan menghasilkan kesan kompak dan rapi. Gunakanlah warna terang, motif yang serasi dan material yang sesuai dengan konsep ruangan. Agar terkesan luas, anda dapat menyatukan lemari dari multitriplek dengan rak atau meja belajar. Untuk posisi melingkari dinding, sesuaikan ketebalan material furnitur dengan budget dan fungsi.

Demikianlah 5 tips peletakan rak dan lemari multifungsi, semoga bermanfaat dan selamat mendesain ruangan anda.

Oleh: Galuh Cahyani

Referensi materi:
Handayani, Hani dkk. 2010. 34 Desain Rak & Lemari Multifungsi. Jakarta: GRIYA KREASI.
Referensi gambar:
1. https://i.ytimg.com/vi/Kp0egG5kEZo/hqdefault.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-uoLtuGk1H5Y/T6jSeoDvFFI/AAAAAAAABFE/1OlkcG9qtnQ/s1600/almari+sekat+minimlais.jpg
3. http://dekorasianda.com/wp-content/uploads/2016/02/rak-tv_new.jpg
4. http://rumahm.com/wp-content/uploads/2015/03/Rak-Dinding-Kayu-Minimalis-1.jpg
5. http://desaindesainrumah.com/wp-content/upload/2013/11/Desain-Lemari-Pakaian-Modern-Untuk-Desain-Interior-Modern-classic-wardrobe-designs-2013.jpg


Related Posts :