Kamis, 28 Juli 2016

Di manakah Sebaiknya Meletakkan Televisi?

Bagi orang umumnya, televisi menjadi media hiburan. Karenanya, barang elektronik ini menjadi benda yang wajib hadir di dalam rumah. Tanpa kehadirannya pun akan terasa hambar dan sunyi di dalam rumah. Terlebih, bila interior rumah berukuran luas. Nah, terkait penataan interior, kita sebaiknya mencermati letak di mana televisi disimpan. Lalu, di bagian manakah kita sebaiknya meletakkan televisi? Berikut beberapa bagian rumah yang dapat kita letakkan televisi.

Bila televisi berbentuk flat, kita dapat memasangnya pada dinding

Seiring dengan perkembangan teknologi, tercipta televisi berdesain flat. Dibandingkan dengan televisi Nah, bila televisi kita berdesain flat, sangat disarankan memasangnya di dinding. Sebabnya, akan menghemat ‘space’ ruangan sehingga menjadikan ruangan lebih terasa lapang. Semakin lapang ruangan, secara psikologis, membuat penghuninya lebih merasa nyaman. Bila kita tak bisa memasang televisi pada dinding, dapat menggunakan jasa teknisi.

Agar televisi terlihat lebih artistik, kita dapat membingkainya dengan kayu seperti halnya lukisannya. Selain menjadikannya lebih artistik, bingkai kayu pun menjadikan tayangan televisi terlihat lebih alami.


Gambar 1. Televisi Flat Yang Dipasang Pada Dinding


Gambar 2. Televisi Flat Yang Dibingkai Kayu

Tempat Meletakkan Televisi Menurut Feng Shui

Untuk menemukan posisi yang tepat untuk meletakkan televisi, kita dapat menggunakan ilmu Feng Shui. Nah, berdasarkan ilmu tata letak yang berasal dari Negeri Tiongkok tersebut, ada dua posisi tempat meletakkan televisi. Posisi pertama, di dinding paling belakang rumah tepat di pada bagian tengah. Posisi kedua, di dinding paling kanan tepat pada bagian tengah. Posisi ini bertolak dari pintu masuk. Ilustrasi berikut menggambarkan masing-masing posisi tersebut.


Gambar 3. Ilustrasi Posisi Letak Menyimpan Televisi Berdasarkan Feng Shui

Nah, bila televisi diletakkan di posisi pertama, diyakini akan meningkatkan reputasi dan kewibawaan para penghuninya. Bila diletakkan di posisi kedua, diyakini akan meningkatkan kemampuann berkreativitas para penghuninya. Anda boleh percaya ataupun tidak.

Tidak terlalu dekat dengan ruang tidur atau ruang kerja

Televisi tak hanya ditonton oleh seorang saja, tetapi juga ditonton oleh anggota keluarga lainnya. Karenanya, sangat disarankan tidak meletakkan televisi terlalu dekat ruang tidur ataupun terlalu dekat dengan ruang kerja. Bila diletakkan terlalu dekat dengan kamar tidur, bisa saja suara televisi akan mengurangi kenyamanan beristirahat. Suara televisi pun, bisa saja, mengurangi fokus menyelesaikan pekerjaan, bila diletakkan di dekat ruang kerja.

Cermati jarak dari letak televisi dengan posisi kita menonton

Bila letak televisi terlalu dekat dengan posisi kita menontonnya, akan terasa kurang nyaman menontonnya. Berdampak juga pada kesehatan mata. Begitu pun bila posisi televisi terlalu jauh dari posisi menonton televisi, kita pun akan terasa kurang nyaman menontonnya. Selain itu, kita akan kurang fokus menyimak adegan-adegan pada layar kaca. Agar nyaman menonton televisi, kita mesti menemukan jarak yang 'pas' antara televisi dengan posisi kita menontonnya.

Demikian, beberapa bagian rumah yang dapat menjadi tempat televisi diletakkan. Kesimpulannya, sangat penting untuk mencermati posisi televisi diletakkan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://photo.interiorpik.com/uploads/2013/7/11/modern-living-room-tv-background-wall-decoration-design-effect-picture.jpg
2. http://media-cache-ec0.pinimg.com/736x/58/74/89/587489e07a8f0e7db5b55b0146f0b83e.jpg
3. Gambar Milik Pribadi


Related Posts :