Selasa, 26 Juli 2016

Lindungi 4 Daerah Rumah dari Bahaya Kuman

Rumah memang cocok untuk tempat keluarga namun jangan salah bahaya mengintai di dalamnya. Untuk menjaganya pun perlu extra keras karena bisa jadi adanya yang terlewati seperti kuman atau bakteri di rumah anda. Walaupun anda sudah yakin membersihkannya secara rutin tetap ada saja yang terlewati, untuk mengetahuinya simak beberapa hal berikut untuk mengurangi resiko rumah idaman anda.

Ruang keluarga


Gambar 1. Ruang keluarga

Ruang keluarga tentu menjadi tempat yang biasa dibersihkan karena inilah tempat berkumpulnya seluruh orang di rumah, begitu juga dengan para kuman yang selalu menunggu orang di rumah. Adapun bagian yang biasanya menjadi tempat kuman atau bakteri di ruang keluarga yaitu sofa, karpet dan remote baik itu remote TV maupun AC. Cara mengatasinya dengan menggunakan vacuum cleaner sedangkan untuk karpet bisa juga dengan vacuum cleaner atau menjemurnya. Lain hal dengan remote, untuk remote sebaiknya bersihkan seminggu sekali dan bila anda lupa setidaknya mencuci tangan anda untuk mencegah perpindahan kuman.

AC (Air Conditioner)


Gambar 2. Membersihkan AC (Air Conditioner)

Memang enak memiliki AC di rumah apalagi di musim panas terasa nikmat berada dirumah. Tapi ingat untuk selalu merawat karena bisa jadi anda menikmatinya bersama debu dan bakteri yang telah bercampur. Karena itu anda harus membersihkannya minimal 6 bulan sekali walaupun sudah dilengkapi teknologi penyarinng partikel udara. Namun bagi anda yang tidak tahan AC sehingga lebih memilih kipas angin sebaik juga melakukan pembersihan minimal dengan melihat berdebu atau sebulan sekali karena ini berguna untuk perawatan kipas angin.

Daerah kamar mandi


Gambar 3. Kamar mandi

Hal ini merupakan tempat rutinitas anda untuk sering membersihkannya namun bisa jadi anda hanya membersihkan permukaan lantai atau daerah yang terlihat mata saja. Untuk itu bersihkanlah tiap-tiap sudut di kamar mandi dengan bahan pembersih biasa dan jangan lupa juga handuk, sikat gigi dan peralatan mandi anda yang lain juga harus dicuci atau diganti dengan yang baru. Khususnya sikat gigi agar lebih awet anda bisa menutup sikat gigi tersebut dengan tutup sikap gigi yang sudah tersedia di pasaran.


Gambar 4. Tirai mandi

Bila anda juga memiliki tirai mandi dan shower di rumah anda bersihkan dengan cara menjemur tirai mandi seminggu sekali agar tidak dihampiri kuman.

Alat-alat pembersih rumah


Gambar 5. Alat-alat pembersih rumah

Walaupun nama alat pembersih rumah tetap saja harus dibersihkan karenanya anda harus membersihkannya kembali. Hal ini tidak berlaku untuk alat seperti sapu dan kain pel begitu juga spons yang menjadi tempat pencuci piring atau kitchen sink harus dibersihkan karena kata dr.Ronald: “60% kuman di dapur terdapat pada spons pencuci piring”. Jadi untuk mengatasinya jangan pernah membiarkan spons pencuci piring terus terendam dalam sisa sabun cuci, buang saja sisa sabunnya. Lalu bersihkan spons dengan menggunakan cairan desinfektan dan keringkan. Sedangkan untuk kitchen sink sebagai tempat mencucinya bersihkan dengan cairan pemutih untuk membunuh kuman yang tertinggal minimal sekali sehari. Lalu pastikan juga anda membersihkan plastik penyaringnya.

Inilah beberapa hal yang bisa menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit.

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber tulisan:
http://www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Tips-Trik/Apa-saja-sarang-kuman-penyakit-di-rumah
http://www.menshealth.co.id/kesehatan/antar.kita/amankan.bahaya.di.rumah.anda/004/004/88
Sumber gambar:
Gambar 1. interior-desain-ruang-tamu-sederhana-nan-elegan-01-desainic.jpg
Gambar 2. http://1.bp.blogspot.com/-EsisHxkSBPs/Upszw_pklfI/AAAAAAAAFF8/u1mGXPyZwuY/s1600/IMG-20131130-00021.jpg
Gambar 3. B000QTZIY8_Large._V400457407_.jpg
Gambar 4. http://model-rumah.com/wp-content/uploads/2014/08/14_reference.jpg (tirai mandi)
Gambar 5. httpmedia2.my.88db.commy_UploadFiles201204038B58797C-C6D1-421D-86FF-52973BE7D80D.jpg


Related Posts :