Senin, 25 Juli 2016

Memberikan Kesan Fantasi Pada Interior Dengan Furniture Dan Hiasan Bergaya Surealisme

Surealisme, secara mendasar, yaitu aliran seni lukis yang menggambarkan objek yang sering muncul dalam alam mimpi. Karena objek tersebut biasanya sulit dijabarkan secara logis, aliran seni surealisme sangat kental dengan nuansa fantasi. Seiring waktu, aliran seni yang populer sebelum perang dunia pertama ini mempengaruhi bidang lainnya. Termasuk juga dalam bidang seni furniture dan seni kriya. Nah, dengan meletakkan furniture-furniture dan hiasan-hiasan bergaya surealisme di dalam ruangan, akan memberikan kesan fantasi pada interior. Lalu, seperti apa wujud furniture dan hiasan bergaya surealisme? Berikut beberapa contoh furniture dan hiasan bergaya surealisme.

Meja Berdesain Telapak Tangan Dengan Kaki Meja Berupa Kaki Manusia


Gambar 1. Meja Yang memadukan Telapak Tangan Dengan Kaki Manusia

Contoh pertama furniture bergaya surealisme dapat kita amati pada gambar tersebut. Desain meja terbuat dari memadukan telapak tangan dengan kaki manusia. Meletakkan furniture ini dalam rumah seolah-olah membawa kita masuk ke dalam alam fantasi. Nah, agar menjadikan ruangan lebih terasa fantasi, kita dapat menyimpan meja di ruangan tamu ataupun di ruangan keluarga.

Kursi Berdesain Telapak Tangan


Gambar 2. Furniture bergaya Surealisme Berdesain Telapak Tangan

Selain dapat dijadikan desain meja, telapak tangan pun dapat dijadikan bentuk desain kursi. Contohnya dapat kita amati pada gambar kedua. Sama seperti furniture sebelumnya, meletakkan furniture ini di dalam rumah seolah-olah membawa kita masuk ke alam fantasi. Terlebih, bila berjumlah banyak. Bila tertarik dengan furniture ini, letakkan di ruangan keluarga atau di taman agar lebih memberikan kesan fantasi.

Meja Melingkar-lingkar yang Bertingkat


Gambar 3. Meja Berdesain Surrealisme Yang Terlihat Abstrak

Selain berbentuk objek yang riil, desain furniture bergaya surelaisme pun dapat juga berbentuk abstrak. Contohnya dapat kita amati pada gambar ketiga. Dilihat dari desainnya, desain meja ini dapat membuat kita pusing melihatnya. Dan juga, dapat membuat kita terhipnotis. Namun, terlihat sangat artistik dan seolah-olah mempresentasikan suatu bagian jiwa manusia.

Patung Ikan Mas Duduk


Gambar 4. Contoh Seni Kriya Bergaya Surealisme

Contoh-contoh sebelumnya merupakan penerapan seni surealisme di dalam bidang seni furniture. Lalu, seperti apa penerapannya dalam bidang seni kriya? Salah satu contohnya yaitu patung ikan duduk yang dapat kita amati pada gambar keempat. Desain patung ini me-mix ikan dengan bagian tubuh bawah manusia. Bila terdapat pekarangan ataupun taman kolam ikan di rumah kita, patung ikan duduk sangat cocok diletakkan di tempat tersebut. Selain menjadikan tempat tersebut menjadi lebih indah, memberikan kesan fantasi.

Demikianlah, beberapa contoh furniture bergaya surealisme. Tentunya, masih banyak yang lainnya. Kesimpulan, furniture bergaya surealisme memang memberikan suatu sensasi tersendiri. Hanya saja, furniture ini biasanya sulit kita dapatkan di pasaran sehingga kita mesti memesannya secara khusus. Nah, tertarik dengan furniture bergaya surealisme?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. https://a.1stdibscdn.com/archivesE/upload/9450/04_14/1028090/1028090_l.jpg
2. https://a.1stdibscdn.com/archivesE/1stdibs/062413/GalereCC_DM/10/X.jpg
3. http://media2.fdncms.com/tucsonweekly/imager/micah-dray-table-k-rolled-aluminum-and-powder-coated/u/zoom/1473248/review2-2.jpg
4. https://a.1stdibscdn.com/archivesE/upload/12842/29_15/061/061_l.jpeg


Related Posts :