Selasa, 19 Juli 2016

Mengenal Tipe-Tipe Kaca Dalam Dekorasi Rumah

Penggunaan kaca pada rumah sudah sangat lazim dilakukan sebagai bagian dari cara untuk mendekorasi agar rumah terlihat indah, transparan, dan bersih. Selain itu pemakaian kaca untuk rumah umumnya dipakai pada jendela dan pintu saja akan tetapi dalam perkembangannya sudah digunakan untuk merias dinding, kamar mandi, kamar tidur, sampai dengan perabotan rumah. Akan tetapi kaca yang dipakai dalam mengeksplorasi keindahan rumah ada berbagai macam jenisnya yang masing-masing memiliki ciri dan karakter berbeda-beda. Untuk itu sangat perlu bagi para pembaca sekalian dalam mengetahui tipe-tipe kaca agar rumah yang didekorasi tidak akan mengurangi keindahannya.

Adapun tipe-tipe kaca sebagai bahan untuk mendekorasi rumah yang dibicarakan dalam artikel ini ada empat yakni kaca Sandblast, kaca Patri, kaca Melton, dan kaca Crystal Diamond. Berikut ini dituliskan keempat tipe kaca yang umumnya dipakai pada dekorasi rumah agar tampak elegan dan terkesan mewah:

  1. Kaca Sandblast


    Gambar 1: Kaca Sandblast

    Penggunaan kaca Sandblast paling sering tampak dipakai oleh rumah-rumah bergaya modern yang peletakannya biasanya ditempelkan pada daun pintu dan kaca jendela. Ciri-ciri dari kaca Sandblast tampak berkabut dengan tekstur yang mirip pasir. Berdasarkan teksturnya kaca Sandblast dapat dibedakan menjadi dua yaitu: pada kaca Sandblast yang bentuknya dua dimensi memiliki tekstur lebih halus dan seragam sedangkan yang tiga dimensinya disebut juga sebagai kaca ukir serta teksturnya lebih kasar. Selain diukir kaca Sandblast juga ada yang pewarnaanny dilakukan dengan cara penyemprotan. Akan tetapi kelemehannya adalah lebih cepat pudar karena sering diterpa hujan dan sinar matahari.

  2. Kaca Patri


    Gambar 2: Kaca Patri di Masjid

    Dalam merias tampilan daun pintu maupun jendela rumah agar tampak anggun dan indah serta bergaya klasik tidak hanya bisa menggunakan kaca Sandblast saja. Akan tetapi dapat juga menggunakan kaca Patri yang keunikannya mampu untuk menyulap sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dengan membiaskannya menjadi berwarna-warni. Untuk pemasangan kaca Patri pada daun pintu maupun jendela rumah dilakukan dengan memotongnya terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan selanjutnya disambungkan kembali memakai cairan logam untuk membentuk pola tertentu. Biasanya cairan logam yang digunakan untuk menyambung memiliki tiga pilihan warna yakni perak, emas, dan juga hitam. Selain itu pola yang dapat dibentuk dengan menggunakan kaca Patri ada beberapa yang di antaranya pola binatang, tanaman, ulir, dan lainnya.

  3. Kaca Melton


    Gambar 3: Kaca Melton

    Kaca Melton disebut juga sebagai kaca bakar karena dalam pembuatannya dilakukan dengan cara pembakaran memakai suhu sampai 900 derajat celcius. Pembakaran dilakukan untuk melumerkan bahan baku yang berasal dari kaca Float agar mampu menghasilkan tekstur dan pola yang telah dirancang. Adapun bentuk dari kaca Melton tampak seperti hampir transparan dengan tampilan permukaan kacanya yang timbul dan membentuk tekstur serta pola. Sedangkan pola yang biasanya dipakai dalam pembuatan kaca Melton cukup bervariasi yang di antaranya ialah pola tumbuhan, bunga, air, daun, dan lainnya. Selain itu, dalam mendekoratif rumah biasanya kaca Melton digunakan sebagai partisi atau sekat di kamar mandi, ruang tidur, hingga untuk hiasan meja tamu.

  4. Kaca Crystal Diamond


    Gambar 4: Kaca Crystal Diamond

    Kaca Crystal Diamond yang memiliki bentuk seperti kristal dengan tekstur permukaannya yang licin dan rata sering digunakan sebagai dekorasi rumah yang bergaya eropa klasik atau mediterania. Pembuatan kaca ini mirip dengan pembentukan kaca patri yang disusun dari potongan-potongan kaca dan disambungkan bukan memakai logam tapi sinar laser sebagai pengeratnya. Selain itu kaca Crystal Diamond terlihat transparan dan warna yang dipakai tidak hanya putih tapi berbagai warna sesuai dengan keinginan dalam memperindah dekorasi rumah.

Setelah dijelaskannya mengenai tipe-tipe kaca yang lazim dipakai untuk mendekorasi rumah agar terlihat indah dan mewah maka dapat menambah wawasan kita semua tentang tipe-tipe kaca untuk rumah. Selain itu mungkin Anda tidak lagi canggung atau bingung dalam memutuskan tipe kaca yang cocok atau sesuai dengan kondisi rumah idaman Anda. Terimakasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber Tulisan:
Enzeline F. Manurung, 30 Inspirasi Desain Rumah Bertingkat, (Jakarta: Transmedia Pustaka, 2010).
http://www.desainic.com/20-desain-kaca-patri-sebagai-ornamen-rumah/
http://www.galeriarsitektur.com/b4034/melton-glass

Sumber Gambar:
http://www.diamondglassbh.com/index.php/what-we-do/staining-sandblasting.html
http://kacapatribandung.com/wp-content/uploads/2013/04/kaca-patri-masjid-590x332.jpg
http://meltonglass.com/galery/
http://www.melindasweddings.com/table-dinner-of-vintage-wedding-centerpieces/vintage-wedding-decoration-london/


Related Posts :