Kamis, 11 Agustus 2016

5 Hal Di Dalam Kamar Tidur yang Sebaiknya Kita Perhatikan

Kamar tidur menjadi tempat beristirahat, terutama setelah melakukan segudang aktivitas melelahkan. Karenanya, agar lebih nyaman beristirahat, kita sebaiknya mencermati segala hal terkait penataan interior kamar tidur. Lalu, hal apa saja yang sebaiknya kita perhatikan agar kita lebih nyaman melepas lelah? Berikut hal-hal di dalam kamar tidur yang sebaiknya kita perhatikan.

Pertama, Penerangan

Salah satu hal yang sebenarnya mempengaruhi kenyamanan beristirahat yaitu penerangan. Karenanya, bila terbiasa tidur dengan cahaya lampu, ada baiknya memperhatikan intensitas cahaya lampu. Bila cahaya lampu terlalu terang, bisa saja mengurangi kenyamanan. Begitu pun sebaiknya, bisa saja kita akan merasa kurang nyaman beristirahat bila cahaya lampu kurang terang. Nah, agar penerangan tak mengurangi kenyamanan beristirahat, ada baiknya memilih memasang lampu dengan fitur pengatur cahaya. Dengan fitur ini, kita dapat mengatur intensitas cahaya lampu.


Gambar 1. Contoh Fitur Pengatur Intensitas Cahaya yang Berbentuk Pemutar

Kedua, Warna Dinding Kamar Tidur

Ketika berada di dalam kamar tidur, kita tentunya akan melihat dinding. Terkait kenyamanan beristirahat, ada baiknya memperhatikan warna dinding. Sebabnya, menurut beberapa penelitian, warna terbukti mempengaruhi suasana hati orang yang memandangnya. Lalu, warna-warna apa saja yang cocok sebagai warna dinding kamar tidur? Warna-warna yang dapat digunakan yaitu warna yaitu hijau, ungu, pink, dan biru. Lalu, mengapa keempat warna tersebut sangat disarankan digunakan sebagai warna dinding kamar tidur?

Warna hijau mencerminkan pesona keindahan alam. Karenanya, warna ini dapat memberikan rasa ketenangan bagi yang melihatnya. Hijau pun dapat membuat kita lebih segar karena warna ini secara psikologis memancarkan kesan keasrian. Nah, bila menggunakan warna hijau sebagai warna dinding, dapat dipadukan dengan aquarium, vas berisi bunga, lukisan, ataupun ukiran berdesain floral di dalam kamar tidur. Tujuannya, agar ruangan terasa lebih segar, sejuk dan asri sehingga menjadikan kita lebih nyaman beristirahat.

Warna ungu, menurut Feng Shui, ini diyakini dapat membangun energi postif bagi orang yang memandangnya. Terkait kenyamanan beristirahat, bila energi negatif muncul dalam diri kita, secara psikologi akan mengurangi kenyamanan beristirahat. Bahkan, bisa saja kita sama sekali tidak dapat beristirahat. Nah, untuk menghindari munculnya energi negatif, tak ada salahnya menjadikan warna ungu sebagai warna dinding kamar tidur. Beberapa contoh energi negatif yaitu, stres, kecewa, galau, jengkel, pesimis, dan prasangka buruk.


Gambar 2. Kamar Tidur dengan Dinding Berwarna Hijau


Gambar 3. Kamar Tidur dengan Dinding Berwarna Ungu.

Warna pink, Menurut kajian Feng Shui, diyakini dapat menanamkan rasa ketenangan dalam diri manusia. Karenanya, kita dapat menjadikan warna ini sebagai warna dinding tembok. Nah, bagi pria yang tertarik menggunakan pink sebagai warna dinding kamar tidur, sebaiknya mencermati brightness atau terang gelapnya warna tersebut. Bila terlalu terang, cenderung memberikan kesan feminim pada ruangan.

Warna biru, menurut beberapa penelitian, dapat mengurangi tingkat stress, memberikan rasa ketenangan, dan membantu kita lebih merasa relaks. Ketiga efek tersebut tentunya dapat membuat kita lebih nyaman beristirahat. Terlebih, bagi yang telah melakukan aktivitas-aktivitas melelahkan.


Gambar 4. Kamar Tidur dengan Dinding Berwarna Pink


Gambar 5. Kamar Tidur dengan Dinding Berwarna Biru

Ketiga, Bahan Frame Kasur dan Bahan Pembungkus Kasur

Di pasaran, frame kasur yang dijual ada yang terbuat dari kayu dan ada juga yang terbuat dari logam. Lalu, frame kasur dengan bahan apa yang sebaiknya kita pilih? Piihlah frame kasur yang terbuat dari kayu. Lalu, mengapa? Menurut Kajian Feng Shui, frame kasur kayu diyakini akan lebih memberikan rasa tenang saat beristirahat. Terkait kasur yang dipasang pada frame, piilhlah kasur dengan pembungkus yang terbuat dari katun. Kasur dengan pembungkus berbahan katun pun diyakini lebih memberikan rasa tenang saat melepas lelah.


Gambar 6. Frame Kasur yang Terbuat dari Kayu

Keempat, Barang-Barang yang Tersimpan di dalam Kamar Tidur

Kita sebaiknya tak meletakkan barang-barang elektronik terlalu banyak di dalam tidur. Sebabnya, menurut Feng Shui, barang elektronik memancarkan energi yang dapat mengurangi kenyamanan beristirahat. Lalu, barang-barang elektronik apa saja yang sebaiknya kita letakkan di dalam kamar tidur? Beberapa contoh barang tersebut yaitu lampu, jam baik jam dinding ataupun jam meja.

Kelima, Ketinggian Kasur

Bila terdapat jendela di dalam kamar tidur, sebaiknya pilihlah frame kasur yang lebih tinggi dari jendela bagian bawah. Nah, mengapa hal ini sebaiknya kita perhatikan? Menurut Sally Painter, seorang praktisi Feng Shui, bila posisi tidur lebih rendah dari bagian bawah jendela, akan mengurangi kenyaman beristirahat.


Gambar 7. Kasur dengan Posisi Lebih Tinggi dari Bagian Bawah Jendela

Demikianlah, beberapa hal di dalam kamar tidur yang sebaiknya kita cermati. Tak ada salahnya memperhatikan hal-hal tersebut agar kita lebih nyaman beristirahat.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. https://ecs7.tokopedia.net/img/product-1/2015/6/9/4473074/4473074_03f1f1ba-fbff-46ff-abec-1ec293a54e9f.jpg
2. http://apaan.co/bedroom-color-green.html/bedroom-color-green-bedroom-bright-green-wall-color-for-bedroom-ideas-how-to-pick-color-on-cool-bedroom/
3. http://www.soccer-shoes-store.com/wp-content/uploads/2015/04/best-colors-for-bedroom-walls.jpg
4. http://www.zoomtm.com/11/2015/03/bedroom-interior-ideas-adorable-bedroom-for-girls-by-pink-wall-color-with-white-wooden-doors-and-glass-window-combined-with-pink-bedsheet-and-white-brown-comforter-cool-bedroom-for-girls-give-more-hap.jpg
5. http://www.strongyogi.com/marvelous-blue-bedroom-decorating-ideas-with-white-accents/masculine-blue-bedroom-theme-color-decor-with-curled-white-tufted-headboard-between-decorative-floor-lamps/
6. http://img.auctiva.com/imgdata/1/5/0/5/6/2/9/webimg/663847917_o.jpg
7. http://designarchitectureart.com/wp-content/uploads/2016/04/white-blue-bedroom-interior-design-themes-color.jpg


Related Posts :