Senin, 01 Agustus 2016

Desain Minimalis Untuk Dapur Yang Sempit

Desain dapur minimalis sangat cocok sekali diterapkan untuk rumah yang memiliki dapur kecil. Dapur yang kecil bisa didesain semenarik mungkin supaya terlihat lebih modern. Untuk membuat dapur yang kecil terlihat lebih modern tidak bergantung dengan luas lahan yang digunakan, tetapi tergantung dari desain yang digunakan. Untuk bisa membuat dapur terlihat lebih luas dan lega bisa menggunakan beberapa desain dapur yang minimalis.

Penggunaan kitchen set dengan ukuran yang proposional bisa dijadikan salah satu cara untuk memperluas ruangan dapur. Menggunakan kitchen set yang terlalu besar juga tidak disarankan karena bisa memakan tempat sehingga menyebabkan ruangan dapur semakin sempit. Penggunaan kitchen set itu sendiri berfungsi untuk menyimpan peralatan masak supaya bisa tersusun dengan rapi. Saat ini telah tersedia beragam pilihan kitchen set dengan warna-warna cerah dan bisa disesuaikan dengan desain dapur. Memilih warna-warna yang lembut seperti coklat, cream, atau putih untuk kitchen set sangat tepat sekali. Selain itu, pemasangan lemari pada sudut ruangan dapur yang menempel pada dinding bisa membantu memperluas ruangan dapur. Pemasangan lemari sangat menghemat ruangan dan bisa menambah kesan modern pada dapur. Funiture lemari untuk dapur sangat bermacam-macam dari bahan yang terbuat dari plastik, kayu, maupun kaca. Lemari merupakan furniture yang serbaguna karena bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang-barang dapur maupun bumbu-bumbu masakan.


Gambar 1. Penggunaan Kitchen Set Untuk Rumah Minimalis

Pemilihan warna cat bisa menentukan bagaimana desain dapur yang akan digunakan, lebih disarankan untuk menggunakan warna yang terang supaya kondisi dapur lebih cerah dan kegiatan masak-memasak lebih nyaman. Untuk warna cat yang terang tentu harus disesuaikan dengan keadaan atau furniture di sekitarnya misalnya dengan warna coklat muda, orange, hijau, putih, serta ungu dan tentunya biru. Warna seperti ini memang pas karena termasuk warna umum sehingga bisa serasi dengan furniture yang digunakan di dapur. Jangan menggunakan warna-warna gelap pada dapur yang bisa menyebabkan ruangan tersebut semakin gelap.


Gambar 2. Pemilihan Cat Dinding Warna Hijau Untuk Dapur

Pencahayaan adalah hal terpenting untuk sebuah ruangan dapur. Untuk mendesain ruangan dapur yang minimalis usahakan menggunakan jendela supaya cahaya matahari bisa masuk ke ruangan dapur. Hal tersebut dimaksudkan supaya pantulan matahari sampai ke dapur dan bisa memiliki pencahayaan yang cukup serta sirkulasi udara di dapur memadai. Untuk menuangkan desain modern pada sebuah ruangan dapur bisa melalui jendela yang digunakan. Banyak sekali desain jendela dengan berbagai ukiran unik-unik dan pastinya membuat dapur tersebut terlihat minimalis.


Gambar 3. Model Jendela Untuk Rumah Minimalis

Bagi yang memiliki rumah yang tidak terlalu luas dan memiliki dapur yang kecil tidak perlu lagi khawatir untuk mendesain dapur kesayangannya. Desain dapur minimalis ini sangat cocok untuk ruangan dapur yang sempit dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk membeli furniture yang dibutuhkan. Tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan desain dapur minimalis pada dapur di rumah anda.

Oleh: Jenny

Sumber Gambar:
1. http://jasakitchensetbandung.com/wp-content/uploads/2015/02/cara-menghitung-biaya-pembuatan-kitchen-set-3.jpg
2. http://kreasirumah.net/wp-content/uploads/2016/03/Gambar-Dapur-Minimalis-Dominasi-Hijau-Kuning.jpg
3. http://1.bp.blogspot.com/-p38G8V3-SiA/VREFv6y6rYI/AAAAAAAAAtQ/XQp4e4W9emM/s1600/Contoh%2BJendela%2BDapur%2BMinimalis.jpg


Related Posts :