Rabu, 10 Agustus 2016

Mengenal Jam Hias

Jam hias, secara mendasar, yaitu jam yang ‘dibungkus’ dengan dekorasi berbahan kayu. Karena bentuknya yang artistik, kehadiran jam ini menjadikan interior terasa prestisius, elegan, dan ekslusif. Terlebih, bila interior berukuran luas. Di pasaran, tersedia beragam jam hias. Nah, ditinjau dari tempat ditaruhnya, jam ini dikategorikan menjadi jam hias yang digantung pada dinding dan jam hias yang diletakkan pada lantai. Berikut gambar contoh masing-masing jam tersebut.

Lalu, apakah perbedaan jam hias dengan jam dinding pada umumnya hanya terletak pada aspek desain saja? Jam hias dapat mengeluarkan bunyi secara rutin. Sedangkan jam dinding pada umumnya tidak dirancang untuk hal tersebut. Contoh bunyi tersebut yaitu jika jam menunjukkan pukul tiga baik sore maupun pagi, jam hias akan mengeluarkan bunyi lonceng sebanyak tiga kali. Contoh lainnya, mengeluarkan suara alunan nada-nada selama lima belas menit sekali.


Gambar 1. Jam Hias yang Diletakkan pada Dinding


Gambar 2. Jam Hias yang Digantung pada Dinding

Jam hias ada yang menggunakan tenaga baterai dan ada juga yang menggunakan tenaga mekanik. Nah, apa perbedaannya? Pada jam hias yang menggunakan tenaga baterai, biasanya menggunakan banyak baterai untuk menggerakan jarum jam. Karenanya, saat tenaga baterai habis, kita mesti memasang baterai baru. Selain untuk menggerakan jarum jam, tenaga baterai digunakan juga untuk menghasilkan bunyi yang unik dan menarik. Karena suara yang dihasilkan bersifat elektris, biasanya tersedia banyak pilihan bunyi sehingga kita dapat memilih bunyi yang kita inginkan. Hanya saja, kekuatan suara sangat tergantung dari tenaga baterai. Suara terdengar pelan saat tenaga baterai mulai melemah.

Sedangkan pada jam hias yang menggunakan tenaga mekanik, sama sekali tak menggunakan tenaga listrik. Jarum jam digerakan secara mekanik. Hanya saja, mesin penggerak jarum jam dapat longgar sehingga kita mesti mengencangkannya secara rutin dengan kunci khusus. Kunci ini biasanya sudah termasuk dalam penjualan. Sedangkan cara mengencangkannya biasanya tercantum dalam buku manualnya. Terkait bunyi yang dihasilkan, suara yang dihasilkan terdengar begitu sangat akustik karena jam ini menggunakan tenaga mekanik untuk menghasilkan suara. Dan juga, terdengar nyaring walaupun tak menggunakan tenaga baterai.

Terkait merk, ada jam hias impor dan ada juga yang buatan lokal. Contoh merk jam hias impor yang tak terlalu sulit kita temukan di pasaran yaitu Seiko. Jam hias bermerk Seiko berasal dari negeri matahari terbit, Jepang. Selain Seiko, merk-merk ‘chinese branded’ pun relatif mudah kita temukan di pasaran.

Bila tertarik meletakkan jam hias di dalam rumah, sangat pas memadukannya dengan lampu hias gantung. Perpaduan keduanya sangat memberikan kesan prestisius, elegan, dan ekslusif ada interior. Terlebih, bila perpaduan keduanya berada di interior berukuran luas. Nah, tertarik meletakkan jam hias?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.srimebeljepara.com/wp-content/uploads/2015/04/Jam-Hias-Ukiran-Jepara-Kayu-Jati-TM-417-.jpg
2. Gambar Milik Pribadi


Related Posts :