Kamis, 18 Agustus 2016

Percantik Rumah Anda Dengan Menambahkan Tanaman Hias

Setelah melakukan banyak aktivitas di outdor, rumah adalah tujuan terakhir kita untuk beristirahat melepaskan lelah. Udara yang segar di dalam rumah akan membuat Anda merasa nyaman dan rileks sambil bersantai ria. Untuk dapat membuat rumah Anda tetap asri dan sejuk setiap hari, tambahkan dan simpanlah beberapa buah pot tanaman hias di dalam ruangan. Selain untuk memberikan udara segar, tanaman hias juga berfungsi sebagai penghias atau pernak-pernik yang akan mempercantik ruangan sehingga sedap dipandang. Namun perlu diketahui juga, tak sembarang tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan. Ada beberapa jenis tanaman hias bunga-bungaan dan dedaunan yang cocok untuk disimpan di dalam ruangan.


Gambar 1. Tanaman Hias

Mau tahu tanaman apa saja?

Mari kita bahas beberapa tanaman hias yang bisa Anda simpan di dalam ruangan rumah.

  1. Bunga Krisan/ Chrysanthemum Morifolium

    Gambar 2. Bunga Krisan

    Bunga cantik yang satu ini sering disebut dengan nama bunga seruni oleh sebagian orang. Memiliki kombinasi varian warna, membuat bunga krisan ini dapat tampil dengan keindahan warna-warninya yang indah dipandang. Selain sebagai tanaman hias yang mengeluarkan bau yang harum, bunga krisan juga berfungsi untuk menghilangkan zat-zat racun berbahaya seperti formaldehida, zat benzene dan bahan-bahan kimia lain yang ada di dalam ruangan rumah.

    Sebagian masyarakat di Inggris menamai bunga ini dengan sebutan Hardy Garden/ Florist’s Daisy. Jika Anda termasuk orang yang suka dengan kombinasi warna-warna cerah tapi tetap terkesan kalem, bunga ini sangatlah cocok untuk disimpan di salah satu sudut ruangan di dalam rumah Anda.

  2. Bambu Jepang/ Draceena Godseffiana

    Tanaman hias yang akan kita bahas selanjutnya yaitu tanaman bambu jepang.
    Untuk orang-orang yang menyukai seni, tanaman bambu jepang menjadi sangatlah cocok untuk disimpan di dalam ruangan rumah. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menyimpan tanaman ini di dalam ruangan ber-AC. Memiliki permukaan daun yang dipenuhi dengan tekstur bintik-bintik dan garis berwarna kuning disepanjang pertengahan daun, membuat tanaman hias yang satu ini terlihat indah untuk disimpan di dalam ruangan rumah Anda. Apalagi tanaman bambu ini tidak seperti tanaman bambu yang biasa ditanam di outdor yang memiliki ukuran panjang dan tinggi. Batang bambu jepang juga dapat dibentuk menyilang di dalam pot sehingga membentuk menyerupai anyaman seperti gambar bambu jepang di bawah ini.


    Gambar 3. Bambu Jepang

    Anda penyuka item-item rumah yang berwarna kuning?
    Tanaman hias inilah yang cocok untuk Anda.

  3. Gerber Daisy/ Gerbera Jamesoni


    Gambar 4. Bunga Gerber Daisy

    Bunga yang berasal dari Afrika ini sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah oleh sebagian orang. Banyaknya varian warna dari setiap kelopak bunganya berhasil membuat mata tak bosan untuk memandangnya. Di Indonesia sendiri, bunga Gerber Daisy dikenal dengan sebutan bunga Herbras. Bunga cantik ini sangat disarankan untuk disimpan di ruangan tidur, kamar mandi atau bisa juga di tempat yang sering kita gunakan untuk mencuci.

    Mengapa demikian?

    Karena bunga Herbras memiliki suatu kandungan yang dapat menghilangkan trichloroethylene.

    Trichloroethylene merupakan salah satu zat bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam produk rumah tangga, seperti cat anti bocor, semir sepatu semprot, penghilang noda, vernis, pewarna kayu, lem, minyak pelumas serta penghilang karat.

    Diakui oleh para ilmuwan di bidang kesehatan zat trichloroethylene ini merupakan salah satu penyebab tumbuhnya penyakit kanker dan mampu menyebabkan kerusakan pada janin yang sedang bertumbuh, sistem reproduksi serta sistem syaraf pada tubuh manusia.

  4. Anggrek Bulan Atau Phaeleonopsis Atau Dendrobium


    Gambar 5. Varian Bunga Anggrek Bulan

    Tanaman terakhir yang akan kita bahas selanjutnya adalah tanaman Anggrek Bulan.
    Salah satu tanaman bunga indoor yang sangat populer dan digemari oleh sebagian orang yang menyukai tanaman. Tanaman anggrek bulan menjadi salah satu tanaman bunga yang bisa kita simpan di dalam ruangan. Walaupun merupakan jenis tanaman epifit -tanaman yang hidup menumpang di tanaman lain- tanaman hias ini bukanlah tanaman parasit yang merugikan tanaman lain, melainkan simbiosis komensalisme.

Selain itu, anggrek bulan berfungsi untuk membersihkan udara dan akan sangat disarankan untuk Anda yang sedang melakukan perbaikan rumah untuk menyimpan tanaman ini di salah satu sudut ruangan di dalam rumah.

Ternyata ada manfaatnya yah tanaman hias disimpan di dalam rumah, bisa membantu menghilangkan zat-zat bahan kimia berbahaya juga.
Nah, bagaimana?
Tertarikkah Anda untuk membeli tanaman hias dan menyimpannya di dalam rumah?

Oleh: Fitriyana Suhendi

Sumber materi dan foto:
http://situsbunga.com/5-jenis-tanaman-hias-yang-cocok-dalam-ruangan/
http://www.jenistanaman.com/jenis-tanaman-hias-bunga-untuk-di-dalam-ruangan-rumah/
http://www.news-medical.net/news/2008/01/08/35/Indonesian.aspx
https://pranaindonesia.wordpress.com/artikel-3/kimia-berbahaya-di-sekitar/
1.http://desain-rumah13.blogspot.co.id/2014/01/cara-tepat-memilih-pot-untuk-ditaruh-dalam-rumah.html
2.http://tanamanhiasan.com/10-jenis-tanaman-hias-pembersih-udara/#
3.https://www.tokopedia.com/moksa/bambu-jepang-sangkar-panjang
4.http://www.niscala-garden.com/2016/06/15-tanaman-hias-pembersih-udara-dalam.html
5.http://bibitbunga.com/blog/cara-menanam-dan-merawat-anggrek-bulan/


Related Posts :