Selasa, 23 Agustus 2016

Tips Memilih Gorden yang Sesuai dengan Ruangan

Gorden menjadi salah satu hal yang biasanya ada di dalam rumah. Akan tetapi, pemilihan gorden kurang begitu diperhatikan pemilik rumah pada umumnya. Lalu, gorden seperti apa yang sebaiknya dipilih? Pilihlah yang sesuai dengan karakteristik ruangan. Dengan memilih gorden yang sesuai dengan karakteristik ruangan, maka menjadikan ruangan lebih manis dipandang mata. Sekaligus juga, membuat kita lebih nyaman mendiaminya. Lalu, bagaimana memilihnya? Berikut tips-tips mudah dan praktis memilih gorden yang sesuai dengan ruangan.

Sesuaikan warna gorden dengan warna yang terlihat dominan di dalam ruangan

Agar gorden yang dipasang pada ruangan sesuai dengan karakteristik ruangan, kita mesti mencermati warna gorden. Nah, warna gorden seperti apa yang sesuai dengan karakteristik ruangan? Perhatikan warna yang terlihat yang terlihat dominan di dalam ruangan. Lalu, pilihlah gorden dengan warna tersebut. Misalnya, bila warna yang terlihat dominan di dalam ruangan yaitu merah, maka pilihlah gorden yang berwarna merah. Dengan cara ini, gorden terlihat ‘menyatu’ dengan seisi ruangan sehingga menjadikan ruangan terasa lebih harmonis.


Gambar 1. Warna Gorden dengan Warna yang Dominan di Dalam Ruangan

Sesuaikan juga motif gorden dengan bentuk furniture yang terlihat dominan di dalam ruangan

Selain warna, agar gorden yang dipasang sesuai dengan karakteristik ruangan, cermati juga motif gorden. Nah, motif gorden seperti apa yang sesuai dengan karakteristik ruangan? Perhatian bentuk furniture yang terlihat dominan di dalam ruangan. Lalu, pilihlah gorden dengan motif bentuk tersebut. Misalnya, bila bentuk furniture yang terlihat dominan di dalam ruangan yaitu bentuk lengkung, pilihlah gorden yang bermotif melengkung seperti motif floral (dedaunan) ataupun motif bunga. Contoh lainnya, bila bentuk furniture yang terlihat dominan di dalam ruangan yaitu kotak, maka pilihlah gorden yang bermotif kotak-kotak.


Gambar 2. Gorden Bermotif Floral. Motif Ini ‘Matching’ Dengan Ruangan

Bila menyukai tampilan gorden yang sederhana, gorden berwarna putih ataupun abu-abu dapat menjadi pilihan

Bila menyukai gorden yang sederhana ataupun yang bergaya minimalis, gorden dengan warna putih ataupun abu-abu dapat menjadi pilihan. Lalu, mengapa? Pertama, dibandingkan warna-warna lainnya, kedua warna tersebut terlihat begitu sederhana. Kedua, baik warna putih ataupun abu-abu, pada dasarnya ‘matching’ dengan warna-warna apapun.


Gambar 3. Gorden Bergaya Minimalis

Bila ruangan berukuran kecil, sebaiknya pilih gorden yang berwarna terang dan yang bermotif sederhana

Bila memasang gorden berwarna gelap dan bermotif kompleks dalam ruangan berukuran kecil, cenderung menjadikan ruangan terasa padat dan penuh sesak. Karenanya, bisa saja mengurangi kenyamanan kita mendiaminya. Dengan demikian, bila ruangan berukuran kecil, sangat disarankan memasang gorden berwarna terang dan bermotif sederhana.


Gambar 4.Penggunaan Gorden Putih Pada Interior Berukuran Kecil

Demikian, tips-tips memilih gorden yang sesuai dengan karakteristik ruangan. Agar kita lebih nyaman mendiaminya sekaligus juga menjadikan ruangan menjadi lebih manis dipandang mata, tak ada salahnya kita menerapkan tips-tips tersebut. Nah, tertarik mengganti gorden rumah? Bila ya, selamat mencoba...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
1. http://mekarjayainterior.net/wp-content/uploads/2016/01/4-rum-design-PESANAN-dan-DESIGN-GORDEN.jpg
2 http://liiso.net/wp-content/uploads/2016/02/wonderful-white-curtain-idea-by-glory-black-artistic-floral-theme-motif-design-idea-near-handsome-armed-chair-design.jpg
3. https://arsitekturvaastustudio.files.wordpress.com/2011/12/modern-klasik.jpg
4. https://4.bp.blogspot.com/-NZzVQRVDq2g/VvqYGk_GZTI/AAAAAAAAAA8/SKe_Zy-ONoYiC38U5eAYfvkRfCo0ez--Q/s1600/Gorden%2BMinimalis%2BRuang%2BTamu%2B5.jpg


Related Posts :