Rabu, 03 Agustus 2016

Tips Memilih Sofa Yang Sesuai Dengan Ruangan

Berbicara mengenai penataan interior, maka kita pun mesti membahas bagaimana sofa yang sesuai dengan karakteristik ruangan. Dengan memilih sofa yang sesuai dengan karakteristik ruangan, menjadikan kita lebih nyaman mendiaminya. Dan juga, menjadikan ruangan lebih eye catching atau sedap dipandang mata. Nah, bagaimana memilih sofa tersebut? Berikut tips-tips memilihnya.

Pertama, Pilihlah Sofa yang Luasnya Maksimal 30% Dari Luas ruangan

Hal pertama yang sebaiknya kita cermati sebelum membeli sofa tentunya ukuran sofa. Lalu, sofa sebesar apa yang sebaiknya kita pilih? Pilihlah sofa yang luasnya maksimal 30% dari luas ruangan. Ambil contoh, bila luas ruangan sebesar 100 meter persegi, maksimal luas sofa yaitu 30 meter persegi. Nah, mengapa kita sebaiknya memilih sofa tersebut? Memilih sofa ini akan lebih menciptakan ruang kosong sehingga menjadikan ruangan lebih terlihat lapang. Secara psikologis, adanya ruang kosong menjadikan ruangan lebih terasa nyaman ditempati. Bila luas ruangan cukup besar ataupun sangat besar, kita dapat memilih sofa yang berdesain huruf L.


Gambar 1. Sofa yang Menciptakan Ruang Kosong

Kedua, Tentukan Warna Sofa Berdasarkan Warna Dinding Tembok

Hal kedua yang sebaiknya kita perhatikan sebelum membeli sofa yaitu warna dinding tembok. Kita dapat menciptakan kesan tertentu melalui perpaduan warna sofa dengan warna dinding Misalnya, bila tembok berwarna biru terang, kita dapat menggunakan sofa berwarna kuning terang. Perpaduan kedua warna ini menciptakan kesan manis pada interior. Hindari juga memilih warna sofa yang berwarna clash atau ‘bertabrakan’ dengan warna dinding. Misalnya, warna merah dengan warna hijau, atau warna biru dengan warna coklat.


Gambar 2. Memadukan Sofa Berwarna Pink dengan Dinding Berwarna Biru Langit dan Pink Terang Menghasilkan Kesan Menarik

Ketiga, Bila Menginginkan Sofa yang Bermotif, Sesuaikan Motif Dengan Warna Dinding

Di pasaran, tersedia berbagai sofa dengan tampilan motif yang menarik. Misalnya, motif zebra ataupun polkadot. Nah, bila kita menginginkan sofa tersebut, tampilan motif seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Pilihlah motif sofa yang ‘matching’ dengan dengan warna dinding. Misalnya, bila dinding berwarna hijau terang, kita dapat dapat memilih sofa bermotif dedaunan. Perpaduan warna hijau terang dengan motif dedaunan memberikan kesan natural pada interior. Contoh lainnya, bila dinding berwarna putih, kita dapat memilih sofa bermotif polkadot. Perpaduan warna putih dengan motif polkadot memberikan kesan manis pada ruangan.


Gambar 3. Sofa Dengan Motif Garis Striping Coklat

Gelap ‘Matching’ Dengan Dinding Berwarna Coklat. Perpaduan Keduanya Menghasilkan Cita Rasa Manis.

Demikianlah, hal-hal yang sebaiknya kita cermati sebelum membeli sofa. Tips-tips tersebut membantu kita memilih sofa yang sesuai dengan karakteristik ruangan. Tertarik membeli sofa baru?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1.http://www.interiordesign777.com/wp-content/uploads/2014/10/Interior-design-purple-sofa-living-room-European-style.jpg
2.http://images.designtrends.com/wp-content/uploads/2015/12/03072748/Aqua-Pink-Sofa-Living-Room-Design.jpeg
3. http://www.decosee.com/picture/special-inspiration-modern-sofa-make-antique-living-room.jpg


Related Posts :