Selasa, 02 Agustus 2016

Tips Penataan Gudang Rumah

Gudang adalah salah satu tempat yang mungkin paling banyak dilupakan oleh pemilik rumah. Tempat tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan barang yang tidak terpakai seperti peralatan kebun, peralatan rumah tangga yang bekas, atau alat-alat elektronik. Karena fungsinya sebagai tempat penyimpanan barang yang tidak dibutuhkan menyebabkan gudang sering sekali terabaikan dan kurang mendapatkan perhatian. Kendala yang sering dihadapi adalah sulitnya menemukan barang yang sudah disimpan di dalam gudang karena menumpuknya kardus-kardus yang berisi barang bekas. Barang yang disimpan di dalam gudang sangat banyak sehingga jika sewaktu-waktu ada barang yang dibutuhkan akan sangat sulit dicari. Penting sekali menerapkan desain untuk gudang karena lebih memudahkan pemilik rumah untuk membersihkannya sekaligus lebih gampang menemukannya jika sewaktu-waktu barang tersebut dibutuhkan.


Gambar 1. Desain Gudang Yang Menggunakan Bahan Kayu

Desain yang paling cocok untuk sebuah gudang adalah desain model klasik. Desain klasik adalah desain yang paling tepat untuk diterapkan karena mengingat fungsi gudang adalah ruangan yang paling jarang didatangi sehingga harus menggunakan desain yang bisa tahan lama. Menggunakan bahan kayu untuk sebuah gudang bisa diterapkan untuk lantai, tembok, ataupun pintu yang bisa menambah kesan klasik pada sebuah gudang. Penggunaan bahan kayu akan lebih mudah dibersihkan dan tidak terlihat kotor tetapi harus tetap dilakukan perawatan. Banyak desain klasik yang bisa diterapkan di gudang sesuai selera tetapi harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas supaya gudang tetap terjaga kerapiannya.


Gambar 2. Penggunaan Jendela Untuk Memaksimalkan Pencahayaan

Kebanyakan gudang kurang memiliki pencahayaan yang cukup memadai. Pencahayaan adalah faktor penting pada sebuah gudang jadi untuk menciptakan suasana yang nyaman tidak ada salahnya menggunakan lampu yang terang supaya memudahkan mencari barang yang sudah disimpan. Menggunakan lampu dengan model klasik bisa dijadikan salah satu cara untuk menambah kesan klasik pada gudang tersebut. Untuk memaksimalkan pencahayaan supaya bisa masuk ke dalam gudang, buatlah jendela kaca supaya memudahkan sinar matahari masuk ke dalam gudang. Fungsi jendela sangat penting supaya bisa menjaga kelembapan di dalam ruangan gudang sehingga barang-barang tetap awet dan tidak mudah rusak.


Gambar 3. Model Rak Kayu

Membuat rak gantung di dalam gudang memudahkan untuk menata barang yang akan disimpan. Banyak sekali model-model rak yang sangat praktis dan bisa dijadikan tempat penyimpanan barang. Bentuk rak yang bisa digunakan di gudang seperti siku L gantung menyerupai rak gantung atau bisa juga buat rak yang berbentuk loker. Dengan menggunakan bahan tersisa seperti kayu atau papan bisa dijadikan rak untuk penyimpanan barang. Semua barang akan disimpan secara terpisah di dalam rak sesuai jenisnya sehingga lebih mudah untuk dicari jika dibutuhkan.

Gudang adalah sebuah ruangan di dalam rumah yang sangat penting untuk diperhatikan baik dari kebersihannya, penataannya, maupun segi kenyamanannya. Dengan menata gudang maka akan memberikan kemudahan bagi pemilik rumah yang belum pernah diketahui sebelumnya yaitu barang-barang yang tersimpan masih tetap awet, menambah keindahan di dalam rumah, dan lebih mudah untuk dibersihkan.

Oleh: Jenny

Gambar:
1. http://desaincantik.com/wp-content/uploads/2015/12/desain-gudang-kayu.png
2. http://ahlidesaininterior.com/wp-content/uploads/2015/10/contoh-desain-gudang.jpg
3. http://i0.wp.com/spacehistories.com/wp-content/uploads/2015/08/Penataan-Barang-pada-Gudang-Rumah.jpg


Related Posts :