Rabu, 28 September 2016

4 Pilihan Warna Ruang Keluarga

Menurut sejumlah penelitian, warna mempengaruhi mood atau suasana hati orang yang memandangnya. Dengan demikian, kita sebaiknya memperhatikan warna-warna yang tampak pada rumah kita termasuk warna dinding ruang keluarga. Lalu, warna apa saja yang sebaiknya kita pilih sebagai warna dinding ruang keluarga? Berikut beberapa pilihan warna yang dapat kita jadikan warna dinding ruang keluarga. Apa sajakah warna-warna tersebut?

Warna Biru

Menurut Marry Ellen Lapp, seorang konsultan warna dan penulis buku The Color of Success, pengaruh warna biru bagi orang yang memandangnya itu memberikan rasa ketenangan. Sedangkan menurut penelitian University of British Columbia, warna biru menjadikan hati orang yang memandangnya lebih ‘terbuka’. Dan juga, akan menciptakan nuansa perdamaian. Dengan demikian, bila memilih biru sebagai warna dinding ruang keluarga, kita akan merasa lebih rileks saat berada di ruang keluarga. Selain itu, setiap anggota keluarga saling terbuka sehingga menambah kehangatan saat berkumpul bersama keluarga.


Gambar 1. Ruangan Keluarga dengan Dinding Berwarna Biru

Warna Oranye

Mengapa oranye dapat menjadi pilihan sebagai warna dinding ruang keluarga? Menurut David Zyla, penulis buku the Color of Style, warna oranye mampu memberikan rasa hangat bagi orang yang memandangnya. Nah, agar keluarga kita semakin hangat dan harmonis, tak ada salahnya menjadikan warna oranye sebagai warna dinding ruang keluarga.


Gambar 2. Ruangan Keluarga dengan Dinding Berwarna Oranye

Warna Kuning

Mengapa kuning pun dapat menjadi pilihan warna dinding ruang keluarga? Warna kuning, menurut Feng Shui, mampu memberikan rasa bahagia bagi orang yang memandangnya. Nah, dengan demikian, tak ada salahnya memilh warna kuning sebagai warna dinding ruang keluarga agar semakin menambah keharmonisan keluarga.


Gambar 3. Ruangan Keluarga dengan Dinding Berwarna Kuning

Warna Hijau

Warna hijau, menurut David Zyla, mampu membangun energi positif di dalam jiwa manusia. Dengan demikian, bila memilih hijau sebagai warna dinding ruang keluarga, kita akan merasa lebih tenang dan rileks saat berada di ruang keluarga. Terlebih, setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Biasanya, orang mudah marah setelah melakukan aktivitas melelahkan. Selain membuat kita lebih tenang dan dan rileks, memilih hijau sebagai warna dinding ruang keluarga pun membuat kita lebih optimis saat berada di ruang keluarga.


Gambar 4. Ruangan Keluarga dengan Dinding Berwarna Hijau

Masing-Masing Warna Tersebut Dapat Juga Kita Padukan

Secara konseptual, menggunakan hanya satu warna sebagai warna dinding dapat menjadikan ruangan terkesan ‘monoton’. Nah, bila kita merasakan hal ini,kita dapat memadukan warna-warna tersebut Misalnya, memilih warna biru dan kuning. Contohnya dapat kita amati pada gambar berikut.


Gambar 5. Ruang Keluarga dengan Perpaduan Dinding Berwarna Biru dan Kuning

Demikian, beberapa pilihan warna yang dapat kita jadikan warna dinding ruang keluarga. Selain memberikan pengaruh positif bagi setiap penghuni rumah, menggunakan warna-warna tersebut pun menjadikan ruangan keluarga lebih manis dipandang mata. Nah, tertarik memilih salah satu dari empat warna tersebut sebagai warna dinding ruang keluarga ataupun memadukan warna-warna tersebut?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://contemporary-design.com/uploads/posts/2016-03/1459338801_seoul-living-room-interior-with-blue-walls.jpg
2. http://hotshotthemes.com/wp-content/uploads/2016/06/orange-living-room-furniture-small-ideas-on-living-design-ideas.jpg
3. http://bestdsgn.com/wp-content/uploads/2015/08/living-room-excellent-bright-colorful-modern-living-room-furniture-with-dark-blue-sofa-along-brown-cushion-plus-white-coffee-table-with-yellow-wall-with-some-painting-on-the-wall-as-well-as-living-roo.jpg
4. http://www.digaleri.co/images/green-living-room-walls-green-wall-and-curtain-for-living-room-light-green-living-room-design.jpg
5. http://www.eastsidehomelink.com/wp-content/uploads/2014/12/Blue-and-Green-Living-Room-Ideas-with-Drum-Pendant-Lighting-and-Brown-L-Shaped-Sofa.jpg


Related Posts :