Jumat, 16 September 2016

Home Theatre Bukanlah Mimpi

Bagi sebagian orang, menonton film mungkin menjadi suatu hobi atau sumber hiburan yang wajib untuk mengurangi stress. Tapi Anda tidak perlu menghabiskan waktu setiap minggu untuk pergi ke bioskop karena kita bisa menciptakan home theatre di rumah kita sendiri. Anda tidak perlu membayangkan layar kaca yang terlalu mewah atau gambaran low budget yang kurang memuaskan.


Gambar 1. Teater di rumah bukan sesuatu yang mustahil didapatkan

Ada beberapa tips di bawah ini bagi Anda yang ingin membuat home theatre Anda sendiri.

Ruangan Tidak Perlu Terlalu Luas

Jika Anda ingin menyesuaikan luas ruangan home theatre dengan luas rumah Anda, caranya sangat mudah. Anda harus memperkirakan dan mempertimbangkan dengan baik, sebesar apa furnitur-furnitur yang akan diletakkan di dalam ruangan. Disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga atau jumlah penonton, maka Anda bisa menentukan luas ruangannya dengan cermat.

Selain itu, home theatre cukup diisi dengan sofa dan layar LED saja, tidak perlu memaksakan untuk meletakkan lemari es di dalam dan barang lain yang memakan tempat.

Murah, Tidak Berarti Murahan

Kemudian, silahkan Anda membuat daftar barang-barang yang diperlukan untuk menciptakan suasana cinema. Jika TV LED kurang mencukupi budget yang dimiliki, Anda bisa menggantinya dengan proyektor dan layar yang cukup lebar. Kemudian, Anda bisa menempatkan speaker yang tidak terlalu besar, asalkan menghasilkan suara yang cukup menegangkan.

Anda pun tidak perlu membeli DVD Original jika Anda bisa membelinya lewat internet. Pasang film di laptop dengan posisi charging, lalu putar film yang tersambung dengan proyektor dan speaker tersebut. Dengan perincian yang tepat, bahkan Anda bisa memiliki home theatre hanya dengan modal 3 juta rupiah!

Pasang Tembok Kedap Suara

Agar tidak mengganggu lingkungan sekitar, atau kegiatan lain yang berlangsung di rumah selama Anda menikmati film, pasanglah dinding kedap suara. Semakin nyaman ruangan tersebut, maka semakin Anda menikmati film yang sedang diputar.


Gambar 2. Ruang kedap udara dan lampu sederhana bisa membuat suasana mewah

Anda juga bisa menambahkan AC dan lampu neon agar suasana bioskop semakin terasa di rumah Anda. Selain itu, Anda bisa memposisikan ruangan tanpa jendela agar suara lebih terpantul. Tetapi jangan abaikan ventilasi atau saluran udara yang menjaga ruangan agar tidak lembab.

Perhatikan Ukuran dan Jarak

Anda harus menyesuaikan jarak dengan proyektor yang digunakan. Proyektor juga bisa digantikan dengan layar TV LED. Jarak menonton juga sangat menentukan besar kenyamanan. Jarak yang terlalu dekat akan merusak mata, sebaliknya jika terlalu jauh pasti tidak seru serta memakan tempat terlalu banyak.

Selain jarak menonton, jarak speaker dengan pendengaran kita juga harus disesuaikan. Jika terlalu dekat, pasti telinga kita tidak akan merasa nyaman. Ukuran layar dan volume suara harus selalu diperhatikan dalam membuat home theatre.

Oleh: Giovani Malinda

Referensi Gambar:
1. http://ww1.prweb.com/prfiles/2009/03/27/903624/BoscoBuildingBestHomeTheater.jpg
2. http://www.pintupartisiruangan.com/wp-content/uploads/2015/08/partisi-geser-hotel-Novotel.jpg


Related Posts :