Selasa, 06 September 2016

Jenis-Jenis Desain Sofa Bag.1

Di pasaran saat ini, kita dapat melihat beragam desain sofa. Lalu, apa saja sesungguhnya jenis-jenis desain sofa? Dan juga, sofa seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Menurut Jessica Probus, seorang editor situs hiburan bernama Buzzfeed, terdapat 10 jenis desain sofa yang cocok ditempatkan di dalam rumah. Lalu, apa sajakah sepuluh jenis desain tersebut?

Pertama, Carbriole

Pada sofa berjenis carbriole, desain sofa terlihat cenderung lonjong. Dan juga, terdapat sandaran punggung dan sandaran tangan. Saat duduk duduk di sofa ini, kita akan merasa nyaman menyandarkan punggung. Akan tetapi, kurang nyaman menyandarkan tangan. Sebabnya, sandaran tangan cenderung berbentuk melengkung. Karena nyaman menyadarkan punggung namun kurang nyaman menyandarkan tangan, kursi jenis cabriole sangat cocok dijadikan sofa untuk menonton tayangan televisi ataupun untuk membaca koran. Kita dapat menyimpan sofa ini di ruangan pribadi ataupun di ruangan kerja. Berikut ilustrasi sofa jenis carbriole.


Gambar 1. Sofa Jenis Carbriole

Kedua, Camelback

Sesuai namanya, desain punggung sofa berjenis camelback berbentuk seperti punggung unta. Karena terdapat sandaran punggung dan sandaran tangan berdesain flat, kita akan merasa lebih nyaman duduk di kursi ini. Dengan demikian, kursi camelback dapat kita simpan di ruang tamu atau ruang keluarga. Menyimpannya di ruang tamu menjadikan kita dan tamu lebih nyaman mengobrol. Sedangkan menyimpannya di ruang keluarga, menjadikan kita lebih nyaman saat bercakap-cakap dengan anggota keluarga. Berikut ilustrasi sofa jenis camelback.


Gambar 2. Sofa Jenis Camelback

Ketiga, Chaise

Karena desain mirip seperti kasur tidur, kita akan merasa nyaman menselonjorkan kaki. Terlebih, setelah melakukan aktivitas melelahkan. Selain itu, karenanya bentuknya yang terlihat sederhana seperti kotak, sofa ini cocok diletakkan di dalam ruangan bergaya minimalis ataupun yang berukuran kecil. Dengan meletakkan sofa ini baik di ruangan bergaya minimalis ataupun yang berukuran kecil, menjadikan ruangan tak terasa begitu padat. Berikut ilustrasi sofa jenis chaise.


Gambar 3. Sofa Jenis Chaise

Keempat, Chesterfield

Pada sofa jenis chesterfield, sandaran punggung sama tinggi dengan sandaran tangan. Karenanya, kita akan merasa nyaman saat mendudukinya sehingga dapat disimpan di ruangan manapun. Akan tetapi, karena desainnya yang terlihat artistik, sangat disarankan menyimpannya di ruang tamu. Sebabnya, menjadikan rumah lebih manis dipandang mata. Terlebih, bagi orang yang pertama kali masuk ke rumah kita. Dan juga, membuat kita dan tamu lebih nyaman mengobrol. Berikut ilustrasi sofa Chesterfield.


Gambar 4. Sofa Jenis Chesterfield

Kelima, Daybed

Karena sofa daybed berdesain flat, sofa jenis daybed cocok diletakkan di kamar tidur sebagai pendamping kasur. Selain cocok diletakkan di kamar tidur, sofa ini pun sangat cocok disimpan di halaman rumah ataupun bagian eksterior lainnya. Dengan meletakkannya baik di halaman rumah maupun di bagian eksterior lainnya, akan semakin memperindah eksterior rumah. Sofa ini dapat juga diletakkan di ruangan bergaya minimalis ataupun yang berukuran kecil. Tentu saja, karena tak menjadikan ruangan tak terasa padat. Berikut ilustrasi sofa daybed.


Gambar 5. Sofa jenis Daybed

Demikianlah, 5 jenis desain sofa. Untuk mengetahui 5 jenis desain sofa lainnya, simak bagian kedua tulisan ini.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi Materi:
http://www.elledecor.com/design-decorate/news/g3133/sofa-styles/
Sumber gambar:
1. http://edc.h-cdn.co/assets/16/25/sofas_cabriole.jpg
2. http://edc.h-cdn.co/assets/16/25/980x470/sofas_camelback.jpg
3. http://edc.h-cdn.co/assets/16/25/sofas_chaise.jpg
4. http://edc.h-cdn.co/assets/16/25/sofas_chesterfield.jpg
5. http://edc.h-cdn.co/assets/16/25/sofas_daybed.jpg


Related Posts :