Kamis, 29 September 2016

Manfaat-Manfaat Lampu Tidur Bagi Kesehatan

Apakah kita tak terbiasa tidur malam dengan ditemani ‘naungan’ cahaya lampu tidur? Bila tak terbiasa, sangat dianjurkan memasang lampu tidur saat kita tidur malam. Lalu, mengapa? Dengan tidur ditemani lampu yang bercahaya remang-remang ini, mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Lalu, apa saja manfaat-manfaatnya? Berikut manfaat-manfaat lampu tidur bagi kesehatan.


Gambar 1. Kamar Tidur dengan Lampu Tidur. Lampu ini Memancarkan Cahaya yang Tak Terlalu Terang

Meningkatkan Produksi Hormon Melantonin
Salah satu hormon yang diproduksi oleh tubuh yaitu hormon melantonin. Manfaat hormon ini yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Terkait lampu tidur, menurut suatu penelitian, produksi hormon melantonin akan meningkat bila tidur dengan pancaran cahaya lampu tidur. Nah, dengan demikian, agar tubuh lebih kebal dari berbagai penyakit, tak ada salahnya memasang lampu tidur saat kita tidur malam.

Membebaskan Pikiran dari Rasa Stres
Pikiran stres menjadi salah satu penyebab muncul berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh pikiran stres diantaranya darah tinggi, nyeri kepala, migrain, dan sebagainya. Terkait lampu tidur, menurut suatu penelitian, pikiran akan lebih rileks bila kita tidur dalam ‘naungan’ cahaya lampu tidur. Berbeda bila tidur ditemani cahaya terang. Menurut penelitian yang sama, bila memasang lampu bercahaya terang saat tidur, pikiran sulit terlepas dari rasa stres.

Menurunkan Berat Badan
Ditinjau secara medis, berat badan yang overweight (berlebih) mendatangkan berbagai penyakit. Nah, bagi yang memiliki berat badan overweight, dapat memasang lampu tidur saat tidur untuk menurunkan berat badan. Lalu, apa kaitan lampu tidur dengan menurunnya berat badan? Menurut sejumlah penelitian terbaru bila memasang lampu tidur saat kita tidur, kalori dalam akan tubuh akan lebih mudah terbakar bila tidur ditemani cahaya lampu tidur.

Menghindari Kerusakan DNA
Bila terdapat kerusakan DNA, maka tubuh akan mudah terkena penyakit. Salah satunya yaitu leukimia atau kelebihan jumlah sel darah putih. Nah, untuk lebih menjaga DNA agar tak rusak, tak ada salahnya memasang lampu tidur saat kita tidur. Menurut Profesor Russel, peneliti dari Texas University, DNA akan lebih terlindungi bila tidur dalam ‘naungan’ cahaya lampu tidur.

Demikian, manfaat-manfaat lampu tidur bagi kesehatan. Lalu, lampu tidur seperti apa yang sebaiknya kita pilih agar manfaat-manfaat tersebut lebih terasa? Agar manfaat-manfaat tersebut lebih terasa, pilihlah lampu tidur yang memancarkan cahaya merah. Lalu, mengapa? Menurut sejumlah penelitian, lampu tidur yang memancarkan cahaya merah membuat tidur kita lebih nyaman dan nyenyak.

Nah, tertarik memasang lampu tidur? Selain memperindah kamar tidur, memasang lampu tidur pun sangat baik bagi kesehatan kita. Bila tertarik memasangnya, selamat tidur nyenyak ditemani ‘naungan’ cahaya lampu tidur...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. Sumber Pribadi


Related Posts :