Kamis, 22 September 2016

Mengganti, Memilih, dan Merawat Bantal

Kamar tidur menjadi tempat kita tidur untuk melepaskan kelelahan. Nah, agar kita lebih nyaman beristirahat, terutama setelah melakukan serangkaian aktivitas melelahkan, salah satu hal yang sebaiknya kita perhatikan yaitu bantal. Dengan bantal yang nyaman sebagai sandaran kepala saat tidur, tentunya kita akan semakin nyaman beristirahat.


Gambar 1. Bantal Tidur

Nah, untuk mengetahui apakah kita mesti sebaiknya mengganti bantal, terapkan langkah berikut:

  • Baringkan bantal di atas kasur atau di permukaan rata lainnya seperti meja ataupun lantai.
  • Lipat bantal secara ‘landscape’ atau simetris melebar. Lalu, tekan bantal secara perlahan dengan tangan kita. Setelah menekannya, lepaskan tangan kita.


    Gambar 2. Menekan Bantal yang Terlipat Secara ‘Landscape’ dengan Kedua Tangan
  • Perhatikan apakah bantal kembali ke posisi semula. Bila bantal kembali ke posisi semula, menandakan bantal masih nyaman untuk dijadikan sandaran kepada saat tidur.
  • Nah, bila bantal tak kembali ke posisi semula, menandakan bantal sudah tak nyaman dijadikan sandara kepala saat tidur. Karenanya, agar kita merasa lebih nyaman tidur, sangat disarankan membeli bantal baru.

Bila ingin membeli bantal baru, bantal seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Untuk membantu memilih bantal yang sesuai, berikut tips memilih bantal:

  • Pilihlah bantal yang tak membuat posisi kepala terlalu tinggi dari posisi tubuh saat tidur. Sebabnya, bila posisi kepala lebih tinggi dari posisi tubuh saat tidur, biasanya menyebabkan nyeri pinggang, nyeri leher, ataupun keduanya.
  • Nah, bila menyukai posisi tidur menyamping, disarankan memilih bantal yang berukuran lebih besar. Lalu, mengapa? Saat kita tidur menyamping, leher, kepala, bahu membutuhkan tumpuan bantal agar merasa lebih nyaman tidur. Nah, dengan memilih bantal yang besar, ketiganya akan tertumpu pada bantal.

Nah, agar bantal awet, tentunya membutuhkan perawatan. Lalu, bagaimana cara merawat bantal? Cucilah bantal secara rutin sebelum terlihat kusam ataupun mulai mengeluarkan bau kurang sedap. Lalu, mengapa? Saat kita tidur, sebagian keringat yang dikeluarkan tubuh kita akan diserap bantal. Semakin lama kita menyadarkan kepada di atas bantal, keringat akan terus tertumpuk. Bila keringat yang tertumpuk semakin banyak, bisa saja keringat akan sulit dibersihkan. Nah, bila memiliki vacuum cleaner, vacuum cleaner dapat kita gunakan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan bantal.

Kita pun sebaiknya tak melipat bantal untuk dijadikan sandaran kepala. Sebabnya, akan merusak bagian dalam bantal. Bila bagian dalam bantal rusak, biasanya menyebabkan bantal menjadi kurang empuk. Bantal yang kurang empuk tentunya kurang nyaman dijadikan sandaran kepala saat tidur.


Gambar 3. Melipat Bantal Untuk Dijadikan Sandaran Kepala Saat Tidur Akan Merusak Bagian Dalam Bantal

Demikian, cara untuk mengetahui apakah mesti sebaiknya mengganti bantal, memilih bantal, dan merawat bantal. Nah, bila ingin membeli bantal baru, selamat memilih dan merawat bantal...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
Gambar Milik Pribadi
Gambar Milik Pribadi
Gambar Milik Pribadi


Related Posts :