Senin, 19 September 2016

Rumah Anda Banyak Kecoak? Mungkin Ini Penyebabnya

Semua orang pasti menginginkan rumah yang bersih dan nyaman untuk ditinggali. Berbagai hal telah dilakukan demi mempertahankan keasrian mulai dari dalam rumah hingga pekarangan. Namun tidak menutup kemungkinan, bila kita melakukan kesalahan terhadap letak atau posisi rumah sehingga sudut-sudut rumah kita dihinggapi serangga-serangga kotor.

Hampir sama seperti nyamuk dan lalat, adanya serangga kecoak menunjukkan bahwa rumah kita kotor dan terlalu lembab. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa kemungkinan yang menyebabkan rumah Anda dipenuhi kecoak dan serangga kotor lain.


Gambar 1. Kecoak yang mengganggu kebersihan rumah

Rumah Anda Dekat dengan Saluran Pembuangan

Hewan-hewan seperti lalat, kecoak, dan nyamuk sangat suka tinggal di tempat-tempat basah dan dipenuhi bakteri. Rumah Anda mungkin saja terlalu dekat dengan selokan atau tempat pembuangan sampah yang menjadi sarang perkembangbiakan serangga-serangga ini.

Sebaiknya, tempat sampah sering dibersihkan dan memiliki penutup. Selain itu, pastikan sampah di luar rumah selalu diangkut oleh tukang sampah SETIAP HARI. Hal ini mempersempit kesempatan serangga membangun sarang di sana.

Terdapat Kotoran atau Benda Busuk

Meskipun kita sudah berusaha menjaga kebersihan rumah semaksimal mungkin, tidak ada salahnya untuk lebih jelih memeriksa sudut-sudut yang jarang dijangkau. Barangkali anak-anak Anda pernah bermain dan melempar lumpur di sana, atau ada bangkai hewan yang tak sengaja membusuk di suatu tempat. Kotoran atau benda busuk yang dibiarkan akan mengundang serangga dan bakteri di rumah Anda.

Anda perlu “berkeliling” di rumah Anda minimal satu bulan sekali. Periksalah kolong-kolong tempat tidur, celah lemari, kamar mandi, jendela, dan bagian-bagian lain yang jarang terlihat anggota keluarga di rumah Anda, untuk memastikan semuanya benar-benar bersih.

Taman yang Berantakan

Taman di belakang rumah juga bisa menjadi malfungsi apabila tidak diurus dengan baik. Semak-semak atau sampah dedaunan yang diabaikan justru menjadi sumber penyakit bagi orang-orang kesayangan Anda. Pola ruwet ini adalah kesukaan nyamuk dan serangga lain untuk berkembangbiak.


Gambar 2. Taman yang terawat mengusir serangga

Sebaiknya Anda rajin untuk memangkas cabang tanaman yang sudah terlalu panjang, menyapu dedaunan jatuh ke luar rumah, dan memeriksa lubang-lubang di sekitar taman Anda untuk memastikan tidak ditinggali oleh sekelompok hewan pengerat.

Perguliran Udara Kurang Baik

Udara yang terlalu lama tersimpan atau tidak bergulir selama seharian, akan membuat udara lembab dengan uap air yang terlalu banyak. Serangga dan tikus sangat suka hidup di lingkungan yang lembab. Anda pasti tidak ingin mendapatkan tambahan anggota keluarga yang jorok, bukan? Karena itulah, seluruh anggota keluarga perlu diingatkan untuk rajin membuka jendela kamar setiap hari.

Tidak ada salahnya juga membuka pintu lebar-lebar ketika hari masih terang. Hal ini akan membuat sinar matahari yang sehat itu masuk dan memberikan nuansa hangat. Kemudian, Anda bisa menutupnya kembali saat sore hari.

By: Giovani Malinda

Referensi Gambar:
1. http://id.wikihow.com/Membasmi-Kecoa#/Berkas:Get-Rid-of-Roaches-Step-3-Version-3.jpg
2.http://www.ideaonline.co.id/var/gramedia/storage/images/idea2013/eksterior/taman/cegah-stress-dengan-taman-air-terawat/1147195-1-ind-ID/Cegah-Stress-dengan-Taman-Air-Terawat.jpg


Related Posts :