Jumat, 07 Oktober 2016

Memilih dan Menghias Tangga Rumah

Bagi yang memiliki rumah berlantai lebih dari satu, keberadaan tangga rumah menjadi salah satu hal penting. Tentu saja, karena tangga ini menjadi jalan satu-satunya penghuni rumah untuk naik ke lantai atas dan sebaliknya. Nah, karena terdapat beragam jenis tangga rumah saat ini, tangga seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Dan juga, agar rumah terlihat lebih indah, bagaimana cara memperindah tangga rumah? Berikut jenis-jenis tangga rumah serta bagaimana memilih jenis tangga yang sesuai. Setelahnya, dijelaskan beberapa trik mudah dan praktis memperindah tangga rumah.

Jenis-Jenis Tangga Rumah dan Memilih Tangga Rumah yang Sesuai
Ditinjau dari aspek desainnya secara keseluruhan, tangga rumah dikategorikan menjadi tangga straight (berdesain lurus) dan berdesain melengkung. Nah, tangga berdesain lurus cocok diletakkan di ruangan berukuran kecil. Sebabnya, tak terlalu ‘memakan’ banyak ruang. Nah, agar tak mengganggu aktivitas di dalam rumah, tentunya tangga ini mesti diletakkan di sisi ruangan. Sedangkan tangga berdesain melengkung saat cocok diletakkan di ruangan berukuran besar. Tangga ini pun tak mesti diletakkan di sisi ruangan.


Gambar 1. Tangga Rumah Berdesain Garis Lurus yang Diletakkan di Sisi Ruangan


Gambar 2. Tangga Rumah Berdesain Garis Lurus yang Diletakkan di Sisi Ruangan


Gambar 3. Tangga Rumah Berdesain Melengkung yang Diletakkan Di Tengah-Tengah Ruangan

Bagi yang tinggal di rumah berukuran kecil, dapat juga memilih tangga berdesain lurus yang terdiri anak tangga dan pegangan tangga saja. Sebabnya,menggunakan tangga ini menjadikan ruangan terasa lebih lapang. Tangga ini dapat juga digunakan di dalam ruangan berukuran besar agar ruangan semakin terasa lebih lapang. Bila ruangan terasa lapang, secara psikologis membuat penghuninya merasa lebih nyaman.


Gambar 4. Tangga yang Terdiri dari Anak Tangga Dan Pegangan

Trik-Trik Memperindah Tangga Rumah
Agar interior rumah terlihat lebih cantik, tak ada salahnya memperindah tangga rumah. Lalu, bila ingin memperindahnya, bagaimanakah caranya? Kita dapat memasang keramik ataupun alas tangga dengan warna tersendiri agar tangga terlihat lebih ‘hidup’. Ambil contoh, bila warna keramik yang tampak pada ruangan berwarna gelap, kita dapat memasang keramik ataupun alas tangga yang berwarna terang. Contohnya dapat kita amati pada gambar ketiga di atas.

Selain memasang keramik ataupun alas pada tangga, trik lainnya untuk memperindah tangga yaitu memasang keramik ataupun lukisan pada dinding sebelah tangga. Perpaduan keramik dinding ataupun lukisan dengan tangga memberikan kesan yang unik pada ruangan.


Gambar 5. Meletakkan Lukisan Di Samping Tangga


Gambar 6. Memasang Keramik Dinding Di Sebelah Tangga

Demikian, jenis-jenis tangga rumah, memilih tangga rumah yang sesuai, dan trik-trik mudah dan praktis memperindahnya. Dengan memilih tangga rumah yang sesuai, membuat kita lebih nyaman berada di dalam rumah. Tangga rumah pun menjadi salah satu hal yang sebaiknya kita perhatikan untuk mempercantik interior. Nah, ingin memodifikasi ataupun mengganti tangga rumah? Dan juga, apakah tertarik memperindahnya? Bila ya, selamat mencoba...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar: 1. https://ciprianicharlesdesigns.files.wordpress.com/2014/02/161.jpg 2. http://st.hzcdn.com/simgs/a0d12eb1010aa321_4-1623/home-design.jpg 3. http://2.bp.blogspot.com/-U0XEj9BeEwQ/UX3dtYzPZiI/AAAAAAAAAvs/QYe6tXyiwxg/s1600/Stairs-Design.jpg 4. http://cdn.wonderfulengineering.com/wp-content/uploads/2014/08/25-stair-design-ideas-231.jpg 5. http://cdn.homedit.com/wp-content/uploads/2013/02/hallway-framed-artwork.jpg 6. Gambar Milik Pribadi


Related Posts :