Rabu, 09 November 2016

Menata Rumah yang Sehat

Kesehatan menjadi salah satu hal yang penting bagi manusia. Nah, terkait rumah, penataan rumah sebenarnya memengaruhi kesehatan penghuninya. Penataan rumah yang baik tentunya akan menjaga kesehatan penghuninya. Sebaliknya, bila penataan rumah yang kurang baik, tak tertutup kemungkinan akan menyebabkan kita terserang berbagai penyakit. Lalu, bagaimana menata rumah yang sehat? Berikut beberapa kiat menata rumah yang sehat.

Ruang ventilasi udara yang cukup
Dengan adanya ventilasi udara, udara yang bersih akan menggantikan udara yang kurang bersih. Nah, agar rumah lebih menyehatkan, perhatikan besarnya ruang ventilasi. Bila luas ruang ventilasi dirasakan terlalu kecil, tak ada salahnya memperbesarnya. Sebabnya, bila terlalu kecil, udara yang kurang bersih akan tertinggal di dalam ruangan. Dalam ilmu kesehatan, udara yang kurang bersih sangat berisiko memunculkan berbagai penyakit


Gambar 1. Ventilasi Udara yang Umum Ditemui Pada Rumah Bergaya Belanda

Gunakan Vacuum Cleaner Untuk Membersihkan Ruangan
Kotoran-kotoran yang berada di dalam rumah, misalnya debu, menjadi salah satu sumber penyakit. Karenanya, kita wajib membersihkannya. Nah, sangat disarankan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Sebabnya, dibandingkan menggunakan sapu, ruangan akan lebih bersih bila dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.


Gambar 2. Vacuum Cleaner

Saat Membersihkan Furniture, Gunakan Cairan Lysol
Cairan lysol sangat ampuh membunuh bakteri-bakteri. Karenanya, saat membersihkan berbagai furniture apalagi furniture yang dipenuhi debu, gunakan lysol agar seluruh kuman-kuman yang hinggap terbasmi. Caranya, campurkan cairan lysol secukupnya ke dalam air yang kita gunakan untuk membersihkan furniture.


Gambar 3. Cairan Lysol

Meletakkan aquarium di dalam ruangan
Menurut kajian Feng Shui, meletakkan aquarium dapat menyehatkan penghuninya dan membebaskan rasa stres. Seperti yang kita ketahui, rasa stres menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit. Sedangkan menurut beberapa penelitan ilmiah, meletakkan aquarium dapat lebih menyehatkan penghuninya. Nah, berdasarkan kajian Fengshui dan penelitain tersebut, tak ada salahnya meletakkan aquarium agar kita lebih terbebas dari berbagai penyakit dan lebih merasakan ketenangan,


Gambar 4. Aquarium

Gunakan warna biru ataupun biru langit sebagai warna dinding ruang tidur
Warna, menurut beberapa penelitian ilmiah, terbukti mempengaruhi mood atau suasana hati orang yang memandangnya. Nah, agar rumah lebih menyehatkan, kita dapat menjadikan warna biru ataupun warna biru langit sebagai warna dinding ruang tidur. Lalu, mengapa? Menurut beberapa penelitian, warna biru membuat kita lebih merasakan damai. Sedangkan warna biru langit membuat kita lebih merasa lebih rileks.

Nah, dengan menjadikan warna biru ataupun warna biru langit sebagai warna dinding ruang tidur, kita akan lebih tenang saat beristirahat. Karenanya, tubuh akan lebih segar saat bangun. Dengan tubuh kita yang lebih segar, akan terbebas dari berbagai penyakit.


Gambar 5. Kamar Tidur dengan Dinding Berwarna Biru

Agar lebih praktis mencuci tangan, pasang wastafel.
Tangan yang kurang bersih pun berisiko memunculkan berbagai penyakit. Karenanya, sangat penting untuk mencuci tangan. Terlebih, saat akan tidur malam. Nah, bila tak ada wastafel di dalam rumah kita, tak ada salahnya memasangnya agar lebih praktis mencuci tangan.


Gambar 6. Wastafel

Demikian, kiat-kiat menata rumah yang sehat. Agar kita terbebas dari berbagai penyakit, tak ada salahnya menerapkannya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://4.bp.blogspot.com/-YTSqOY3fBIA/TZytS1PjjKI/AAAAAAAAAFU/Ed51ujgxH_w/s1600/24062010178.jpg
2. https://www.vacsew.com/images/D/fb-mmpw4_angle.jpg
3. http://cdn.frugalcouponliving.com/wp-content/uploads/2012/02/lysol-wipes.jpg
4. http://www.tropicalnewfoundland.com/livingroom-aquarium.jpg
5. http://3.bp.blogspot.com/-0C1SGzWS54k/UKLpgHipSWI/AAAAAAAAA3A/zF0fXGJdZ44/s1600/blue-girl-bedroom-1.jpg
6. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b3/Wastafel.jpg


Related Posts :