Kamis, 15 Desember 2016

Jenis-Jenis Gembok

Untuk lebih melindungi rumah dari pencurian, biasanya pemilik rumah menggembok slot pagar ataupun pintu dengan gembok. Selain itu, gembok pun dapat juga digunakan untuk mengunci lemari yang berisi dokumen-dokumen penting. Nah, karena di pasaran terdapat beragam gembok, apa saja jenis-jenis gembok? Ditinjau dari cara menggunakannya, gembok dapat digolongkan menjadi tiga jenis. Yaitu, gembok berkunci, gembok bernomor, dan gembok tali. Lalu, seperti apa masing-masing jenis gembok tersebut?

Gembok Berkunci
Gembok jenis ini menjadi jenis gembok yang paling digunakan. Untuk membukanya dan menutup gembok ini, memerlukan kunci yang dirancang khusus untuk membukanya dan menutupnya. Nah, gembok ini sangat cocok untuk mengunci slot pagar. Tentu saja, karena gembok ini tak begitu mudah dibobol. Namun, kelemahan gembok jenis ini yaitu saat kita lupa menyimpan kunci. Bila kita lupa menyimpannya, tentunya gembok tak akan dapat dibuka. Agar tak lupa meletakkanya, tak ada salahnya membuat spot khusus untuk meletakkan kunci gembok.


Gambar 1. Mengunci Slot Pagar Dengan Gembok Berkunci

Gembok Bernomor
Gembok jenis ini tak memerlukan kunci untuk membukanya. Nah, untuk membukanya, memerlukan kombinasi nomor yang tepat. Nah, dibandingkan dengan gembok yang berkunci, menggunakan gembok jenis ini jauh lebih praktis. Tentu saja, karena tak mesti menggunakan kunci untuk membukanya. Namun, bila kombinasi nomor tak sengaja diketahui orang lain, tentunya ia dapat membuka gembok dengan mudah.

Lalu, apakah kita tak sebaiknya menggunakan gembok jenis ini? Kita dapat menggunakannya untuk menggembok pintu dari bagian dalam. Dengan digemboknya pintu dari bagian dalam, tentunya menjadikan pintu begitu sulit dibobol. Sangat cocok juga digunakan untuk mengunci lemari yang berisi dokumen-dokumen penting


Gambar 2. Contoh Gembok Jenis Nomor


Gambar 3. Mengunci Pintu Dari Dalam dengan Gembok Jenis Nomor

Gembok Tali
Bagi yang menggemari bersepeda, tentunya gembok tali sudah tak asing lagi. Gembok jenis ini digunakan untuk dililitkan di sepeda agar tak diambil orang lain. Nah, selain untuk melindungi sepeda agar tak dicuri, gembok ini sebenarnya dapat juga dimanfaatkan untuk menjadikan rumah lebih aman. Lalu, pada bagian rumah apa, gembok ini dapat digunakan? Bila terdapat lubang pada pagar, gembok ini dapat dililitkan pada pagar. Selain itu, bila kita menyimpan sepeda motor di halaman ataupun di garasi rumah, gembok ini dapat juga dililitkan pada motor agar lebih melindungi pada sepeda motor dari pencurian. Di pasaran, terdapat gembok tali yang dapat dibuka tutup dengan kunci, ataupun yang dapat dibuka tutup dengan menggunakan kombinasi nomor.


Gambar 4. Gembok Tali

Demikian, jenis-jenis gembok ditinjau dari cara menggunakannya. Dengan lebih memahami jenis-jenis gembok tersebut lalu memilih jenis gembok yang tepat, membuat rumah dan dokumen-dokumen penting menjadi lebih aman.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. Gambar Milik Pribadi
2. Gambar Milik Pribadi
3. Gambar Milik Pribadi
4. http://www.wigglestatic.com/images/KS215-cablelockvario-zoom.jpg


Related Posts :