Selasa, 20 Desember 2016

Jenis-Jenis Meja

Bagi kebanyakan orang, meja menjadi furniture wajib yang mesti ada di dalam rumah. Karenanya, meja selalu ada di dalam rumah. Nah, karena terdapat berbagai jenis meja, apa saja jenis-jenis meja? Ditinjau dari desainnya dan kegunaanya, meja dapat dibagi menjadi empat jenis. Yaitu, meja kerja, meja sofa, meja barang elektronik, dan meja makan. Bagi kebanyakan orang, keempat jenis meja ini sudah tak begitu asing. Lalu, bagaimana memilih masing-masing meja tersebut?

Meja Kerja
Secara konseptual, meja kerja digunakan untuk bekerja. Meja ini terkadang disebut juga meja belajar. Biasanya, meja ini berada di ruangan pribadi. Karenanya, bila memiliki segudang pekerjaan yang mesti diselesaikan di rumah, tak ada salahnya membelinya. Tentu saja, agar kita lebih nyaman menyelesaikannya.

Lalu, meja kerja seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Agar kita nyaman bekerja di atas meja kerja, perhatikan ketinggian meja. Pilihlah meja dengan ketinggian yang membuat kita nyaman menyelesaikan pekerjaan di atas meja tersebut. Bila meja kerja terlalu tinggi ataupun rendah, kita akan kurang nyaman bekerja di atas meja kerja. Perhatikan juga ukuran meja. Bila terlalu kecil, kita akan kurang nyaman menyelesaikan pekerjaan. Pilihlah juga meja kerja yang dilengkapi laci. Tentu saja, agar kita dapat menyimpan dokumen-dokumen penting di dalam laci.


Gambar 1. Meja Kerja

Meja Sofa
Meja ini diletakkan sebagai pendamping sofa. Lalu, meja sofa seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Pilihlah meja sofa dengan ketinggian yang lebih rendah dari sandaran tangan sofa. Tentu saja, agar memudahkan kita meletakkan berbagai barang di atas sofa. Misalnya, buku, gelas, koran, dan sebagainya. Perhatikan juga besarnya meja. Pilihlah meja sofa dengan ukuran yang ‘pas’. Bila terlalu besar, maka akan banyak ‘memakan’ ruang kosong. Sedangkan bila terlalu kecil, meja hanya bisa diletakkan sedikit barang.


Gambar 2. Meja Sofa

Meja Barang Elektronik
Meja ini menjadi tempat untuk meletakkan barang-barang elektronik. Misalnya, televisi, kipas angin, ataupun radio. Nah, agar meja ini memperhias interior, pilihlah yang berdesain ukiran. Misalnya, desain ukiran pada bagian sisi meja. Selain dapat diletakkan barang-barang elektronik, kita dapat juga menaruh benda seni lainnya di atas meja ini. Misalnya, guci ataupun aquarium. Dapat juga menjadi meja untuk meletakkan berbagai barang-barang kita.


Gambar 3. Meja Televisi

Meja Makan
Meja makan, pada dasarnya, digunakan untuk menyimpan dan menyantap makanan. Lalu, meja makan seperti apa yang sebaiknya kita pilih? Pilihlah meja makan yang ukurannya tak melebihi 30% luas ruangan tempat meja disimpan. Misalnya, bila luas ruangan 100 meter persegi, maka luas meja sebaiknya tak melebihi 30 meter persegi. Dengan menerapkan cara ini, akan lebih menciptakan ruang kosong pada ruangan. Semakin luas ruang kosong, maka akan semakin membuat kita lebih merasa nyaman.


Gambar 4. Meja Makan

Demikian, jenis-jenis meja. Serta, bagaimana memilih masing-masing tersebut. Dengan memahami karakteristik setiap jenis-jenis meja, maka membantu kita memilih meja yang tepat.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.sentrakantor.com/wp-content/uploads/meja-kantor1.jpg
2. http://designarsitektur.com/wp-content/uploads/2014/11/Kursi-tamu-kayu-dan-sofa-serta-meja-kayu-kaca-untuk-ruang-tamu-minimalis.jpg
1. https://s3.amazonaws.com/bonanzleimages/afu/images/1348/1328/33/__kgrhqf__rkfiq__mei6bsg3tvtnrw__60_57.jpg
2. http://www.asramfurni.com/wp-content/gallery/meja-makan-corsica/meja%20makan%20MKB%20CORSICA.jpg


Related Posts :