Sabtu, 17 Desember 2016

Memanfaatkan Dinding Ruangan

Dinding ruangan dapat kita manfaatkan. Baik untuk membuat rumah lebih rapih, ataupun juga untuk mempercantik tampilan interior. Lalu, bagaimana cara-cara memanfaatkan dinding ruangan, baik untuk membuat rumah lebih rapih ataupun juga untuk mempercantik interior rumah? Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan dinding ruangan

Meletakkan Rak Gantung
Bila terdapat banyak barang berukuran kecil di dalam rumah, sangat cocok meletakkan rak gantung pada dinding. Terlebih, bila rumah berukuran kecil. Sebabnya, barang-barang berukuran kecil dapat diletakkan di dalam rak tersebut sehingga rumah terlihat lebih rapih. Beberapa contoh barang berukuran kecil yang biasanya ada di dalam rumah diantaranya buku, pensil, pulpen, DVD, alat tulis lainnya, charger smartphone, dan sebagainya. Biasanya,rak gantung dipasang pada dinding dengan menggantung paku.


Gambar 1. Rak Gantung

Memasang Lampu Hias
Selain lemari gantung, lampu hias pun dapat dipasang pada dinding. Nah, dengan memasang lampu ini pada dinding, ruangan akan menjadi lebih terang. Terlebih, bila pencahayaan lampu kurang begitu terang saat malam. Selain membuat ruangan lebih terang, memasang lampu ini pun membuat ruangan lebih terlihat mempesona. Terlebih, bila ruangan berukuran cukup luas.


Gambar 2. Lampu Hias pada Dinding

Memasang Keramik Khusus Dinding
Dengan memasang keramik khusus dinding pada dinding ruangan, rumah terasa lebih bersih, segar, dan asri. Akan tetapi, tak semua ruangan dapat dipasangi keramik pada bagian dindingnya. Nah, beberapa ruangan yang dapat dipasangi keramik pada bagian dindingnya antara lain dapur, garasi, washtafel, dan kamar mandi.


Gambar 3. Adanya Keramik pada Dinding Washtafel Memancarkan Kesan Bersih dan Segar

Menggantung Televisi Berdesain Flat
Semakin besar ruang kosong pada ruangan, maka secara psikologis akan membuat penghuninya lebih nyaman. Terkait televisi, bila televisi kita berdesain flat, tak ada salahnya menggantungnya pada dinding. Tentu saja, karena tak membutuhkan meja sehingga lebih menghemat space (ruang kosong) ruangan.


Gambar 4. Televisi yang Digantung Pada Dinding

Meletakkan Speaker Berukuran Kecil pada Dinding
Bila kita memiliki speaker berukuran kecil, tak ada salahnya meletakkan pada dinding. Dengan meletakkan speaker pada dinding, interior rumah akan terlihat lebih rapih. Biasanya, speaker yang berukuran kecil termasuk speaker berjenis tweeter (hanya mengeluarkan suara frekuensi tinggi). Nah, agar speaker dapat diletakkan pada dinding, kita mesti membuat alas speaker terlebih dahulu. Kita dapat membuat alas ini dari bahan kayu. Nah, bila tak mempunyai banyak waktu untuk membuatnya, kita dapat membeli speaker yang khusus dirancang untuk digantung pada dinding. Terkait posisi meletakkan speaker pada dinding, jarak ideal antara speaker dengan lantai yaitu 1,2 meter.


Gambar 5. Menggantung Speaker di Dinding

Nah, agar speaker menghasilkan suara yang nyaman didengar, perhatikan jarak antara speaker dengan permukaan dinding. Bila suara yang dihasilkan speaker terlalu nge-bass, jauhkan dari permukaan dinding. Begitu pun sebaliknya.

Demikian, beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan dinding ruangan. Selain hal-hal tersebut, tentunya masih banyak cara kreatif lainnya memanfaatkan dinding ruangan. Nah, tertarik memanfaatkan dinding ruangan rumah? Bila ya, selamat mencoba...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://berlinhappens.com/wp-content/uploads/2016/01/rak-buku-gantung.png
https://lamputitanium.files.wordpress.com/2011/05/tt11.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-Ii8Oh1FjxlU/T2MtPSOHn1I/AAAAAAAAA90/PB6KNSgBa6k/s1600/IMG-20120303-00328.jpg
http://www.hafblog.com/wp-content/uploads/2014/08/flat-screen-tv-ceiling-mount.jpg
http://media.merchantcircle.com/25802697/bose-cube-home-theater-speakers-wall-mounted-baltimore-md_full.jpeg


Related Posts :