Selasa, 13 Desember 2016

Mendesain Ruangan Yang Memiliki Plafond Tinggi

Ruangan dengan plafond yang tinggi kini menjadi pilihan banyak orang. Meskipun tidak semua rumah memiliki plafond yang tinggi, tetapi di rumah-rumah gedongan kebanyakan memiliki plafond yang tinggi. Tidak hanya rumah tetapi ruko-ruko sekarang didesain dengan menggunakan plafond yang tinggi. Plafond yang tinggi sangat menguntungkan sekali bagi penggunanya terutama untuk mendesainnya.


Gambar 1. Penggunaan Furniture Dan Lampu Gantung Yang Serasi

Furniture harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Meskipun ruangan yang digunakan berukuran besar dan tinggi tetapi furniture yang digunakan tidak harus rame dengan berbagai ornament. Paling terpenting adalah furniture yang digunakan simple tetapi berukuran besar. Karena ruangan yang tinggi maka akan sangat terbantu dengan penggunaan lampu hias. Lampu hias akan membuat ruangan tersebut tidak kosong apalagi plafond yang tinggi akan menambah kesan elegant dari lampu hias tersebut.


Gambar 2. Pencahayaan Yang Memadai

Pencahayaan adalah salah satu faktor terpenting dalam sebuah ruangan. Ruangan yang tinggi tidak perlu mengkhawatirkan pencahayaan karena plafond yang tinggi biasanya memiliki pencahayaan yang memadai. Sekarang ini lagi trend penggunaan lampu tempel di beberapa titik-titik ruangan. Lampu tempel pada beberapa titik ruangan sangat cocok sekali digunakan di plafond yang berukuran tinggi. Cahaya mengambil peran penting dalam sebuah ruangan karena mampu membiaskan ruangan menjadi apapun yang diinginkan. Cahaya bisa membuat ruangan tersebut terkesan mewah bahkan terkesan klasik.


Gambar 3. Penggunaan Cat Berwarna Putih Yang Serasi Pada Setiap Bagian Dinding

Warna cat dinding adalah salah satu cara untuk mempercantik sebuah ruangan terutama ruangan yang memiliki plafond yang tinggi. Penggunaan satu warna yang berani akan menambah kesan mewah pada sebuah ruangan yang besar apalagi yang memiliki dinding tinggi. Sebaliknya, ruangan yang sempit dan kecil harus menghindarkan penggunaan warna yang berani atau mencolok.


Gambar 4. Tirai Menambah Kesan Elegant Pada Ruangan

Mendesain ruangan yang memiliki plafond yang tinggi bisa dengan menggunakan tirai. Pilih warna-warna yang dominan seperti putih, hitam, coklat atau merah. Warna-warna tersebut mendukung ruangan tersebut lebih hidup apalagi dipadukan dengan furniture yang digunakan. Karena ukuran plafond yang tinggi sebaiknya menggunakan motif yang polos supaya lebih terkesan elegant. Karena menggunakan plafond yang tinggi ada sebaiknya setiap ruangan menggunakan tirai dengan motif yang sama supaya saling berhubungan.


Gambar 5. Pemasangan Gypsum Di Sekitar Lampu Gantung

Memberikan tekstur pada langit-langit plafond. Memberikan tekstur pada plafon bisa menggunakan gypsum atau plafond kayu. Gypsum kini hadir dengan berbagai macam model salah satunya adalah pemasangan gypsum di sekitar lampu tempel dan lampu gantung. Dengan memberikan tekstur pada plafond akan membuat semakin kontras antara langit-langit dan dinding yang akan memperindah ruangan tersebut.

Ruangan dengan plafond yang tinggi tidak membatasi penggunanya untuk mendesain ruangan tersebut supaya terlihat mewah. Keuntungan yang didapat adalah bisa didesain secantik mungkin karena ruangan yang memiliki plafond tinggi memiliki kelebihan dibandingan dengan rumah minimalis. Desain rumah yang memiliki plafon tinggi bisa coba diterapkan di rumah anda.

Oleh: Jenny

Gambar:
1. http://desaindesainrumah.com/wp-content/uploads/2014/05/Contoh-Model-Plafon-Rumah-Minimalis.jpg
2. http://desaininterior.me/wp-content/uploads/2015/07/Lebih-Luas-dengan-Langit-langit-Tinggi4-1024x838.jpg
3. http://arsitektur.me/wp-content/uploads/2015/11/Tips-Arsitektur-Rumah-Berapa-Tinggi-Ideal-Plafon-Rumah1.jpg
4. http://majalahasri.com/wp-content/uploads/2015/05/Untitled-2.jpg
5. http://3.bp.blogspot.com/-uCKgZi1BHzU/VkmfLkT9EMI/AAAAAAAAA8Y/j-Ep4JH008g/s1600/plafon%2Bvoid.jpg


Related Posts :