Senin, 09 Januari 2017

Cara Mudah Memasang Wallpaper

Pemasangan wallpaper biasanya dilakukan oleh ahlinya atau dari orang yang menjual wallpaper tersebut. Wallpaper akan terpasang dengan rapi jika dilakukan oleh ahlinya karena pemasangan wallpaper membutuhkan keterampilan, ketelitian, dan kesabaran. Untuk memasang wallpaper pada dinding rumah bisa dilakukan sendiri. Meskipun tidak punya keahlian, memasang wallpaper sendiri bisa dicoba di rumah.


Gambar 1. Lem Khusus Untuk Wallpaper

Pertama siapkan peralatan seperti cutter, pensil, penggaris, meteran, benang dengan pemberat, tangga, plastik untuk alas, tempat lem, spons, kuas, roller, amplas, dan kape. Jenis lem yang digunakan untuk wallpaper seperti metila, wallpack, super metilin, great wall, liquid, lem cina. Persiapkan dua lem wallpaper dengan kekentalan yang berbeda. Lem wallpaper kental untuk merekatkan pada bagian pinggir atau sambungan wallpaper karena bagian pinggir wallpaper mudah terkupas sehingga harus memiliki daya rekat yang lebih tinggi. Sedangkan untuk lem yang tidak terlalu kental digunakan untuk merekatkan bagian tengah wallpaper.

Selanjutnya adalah tahap pengukuran. Ukur luas dinding yang akan dipasang wallpaper dan pastikan disesuaikan dengan ukuran wallpaper. Sisakan sebanyak 1 cm sampai 1,5 cm untuk digunakan pada bagian sambungan. Hasil ukuran harus sesuai dengan ukuran wallpaper yang akan digunakan supaya mengetahui jumlah lembar wallpaper yang akan digunakan.


Gambar 2. Contoh Wallpaper Yang Dijual

Pada tahap pemotongan sebaiknya menggunakan cutter supaya hasil pemotongan lebih rapi. Potong wallpaper sesuai dengan luas dinding yang akan digunakan menggunakan cutter. Ikuti cara pemotongan di kertas petunjuk yang ada dalam kemasan wallpaper. Hal tersebut dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan dalam pemasangan motif.

Posisi wallpaper yang akan dipasang di dinding ditandai dengan menggunakan pensil. Agar mendapatkan hasil yang lebih lurus, rapi dan presisi, gunakan benang pemberat yang telah dipersiapkan tadi.

Lapisi dinding tersebut dengan lem menggunakan roller. Pastikan kondisi dinding bersih, memiliki permukaan yang rata, dan tidak lembap supaya wallpaper bisa menempel dengan sempurna. Dinding yang lembap bisa membuat wallpaper terkelupas di kemudian hari apalagi jika sewaktu-waktu air merembes dari dinding tersebut dan membuat wallpaper cepat rusak. Pada proses ini gunakan lem yang tidak terlalu kental.

Tempelkan wallpaper yang telah disiapkan pada dinding yang telah diberikan lem dan posisinya disesuaikan dengan tanda pensil yang telah dibuat sebelumnya. Jangan sampai miring atau tidak sejajar karena nantinya akan dilakukan proses penyambungan wallpaper.

Untuk proses penyambungan wallpaper yang telah ditempel di dinding, gunakan lem yang agak kental agar sambungan lebih merekat. Oleskan lem kental dengan menggunakan kuas khusus yang berukuran kecil. Saat menempelkan, pastikan motifnya sejajar dan tersambung dengan rapi.


Gambar 3. Pemasangan Wallpaper Pada Ruang Tamu

Ratakan wallpaper yang sudah tertempel di dinding dengan menggunakan penggaris akrilik. Jika ada ditemukan bagian wallpaper yang menggelembung maka ratakan menggunakan penggaris tersebut. Potong sisa wallpaper dengan menggunakan gunting dan bersihkan sisa-sisa lem yang berwarna putih yang menempel menggunakan spons.

Oleh: Jenny

Gambar:
1. https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2015/10/6/4798801/4798801_0fb64fbc-6765-4e94-8fae-34694f84eab2.jpg
2. http://rumahminimalis2016.com/wp-content/uploads/2015/06/Harga-wallpaper-dinding-kamar-per-meter.jpg
3. http://gambarproperti.com/wp-content/uploads/2015/04/Wallpaper-dinding-rumah.jpg


Related Posts :