Rabu, 25 Januari 2017

Menata Tangga Rumah Agar Lebih Aman

Bagi yang tinggal di rumah yang berlantai lebih dari satu, mesti memasang tangga.Tentu saja,karena benda yang diciptakan oleh Elis Otis ini berfungsi sebagai jalan untuk menuju lantai atas ataupun lantai bawah. Akan tetapi, banyak yang kurang memahami penataan tangga yang aman. Karenanya, memperbesar risiko seseorang terpeleset dari anak tangga. Dan juga, bisa saja seseorang akan terpeleset lalu terpelanting hingga jatuh ke bawah. Sebagai informasi, pada tahun 2004, sekitar 8 juta warga Amerika mengalami hal fatal akibat terpeleset dari anak tangga. Nah, agar kita lebih aman berjalan pada tangga, berikut beberapa tips penataan tangga yang aman.

Bila Pegangan Tangan Pada Tangga Longgar, Segera Kencangkan
Pegangan tangan menjadi bagian penting tangga. Biasanya, terbuat dari kayu ataupun logam. Adanya pegangan tangan pada tangga, selain membuat lebih aman, membuat lebih nyaman juga berjalan pada tangga.

Nah, karena pegangan tangan biasanya tak dibuat permanen, ada saatnya pegangan tangan longgar. Bila pegangan tangan longgar, sebaiknya segera kencangkan. Sebabnya, bila berjalan pada tangga dengan memegang pegangan tangan yang longgar, akan terasa sulit berjalan dengan baik. Karenanya, memperbesar risiko terpeleset. Terlebih, bila tangga terdiri dari banyak anak tangga.


Gambar 1. Contoh Pegangan Tangan pada Tangga

Cermati Luas Anak Tangga
Hal penting lainnya terkait tangga yang aman yaitu luas anak tangga Lalu, apakah luas anak tangga pada tangga kita sudah termasuk aman? Cobalah berjalan pada tangga. Bila telapak kaki cenderung terasa ‘sesak’ ataupun bila anak tangga tak men-cover seluruh bagian telapak kaki, kita sebaiknya membongkar tangga. Lalu, membangun tangga dengan anak tangga yang lebih luas. Contoh luas anak tangga yang aman dapat kita amati pada gambar pertama.

Pasang Lampu di Sekitar Tangga, Bila Anak Tangga Terlihat Cenderung Gelap Saat Malam
Bila anak tangga terlihat cenderung gelap saat malam, kita sebaiknya memasang lampu terang di sekitar tangga. Dapat juga memasang lampu pada dinding di sebelah tangga. Lalu, mengapa? Bila anak tangga kurang terlihat terang, kita akan sulit fokus berjalan di atas tangga. Karenanya memperbesar risiko terpeleset.


Gambar 2. Memasang Lampu Gantung Pada Langit-Langit di atas Tangga

Bila Ingin Memasang Karpet pada Anak Tangga,Pilihlah Karpet yang Bermotif Sederhana
Bila kita tertarik mengamparkan karpet pada tangga, sebaiknya pilihlah karpet yang bermotif sederhana. Begitu pun bila karpet sudah terhampar pada anak tangga. Bila karpet yang terhampar bermotif kompleks, sebaiknya menggantinya dengan karpet yang bermotif sederhana ataupun yang tanpa motif. Lalu, mengapa? Sebabnya, bila mengamparkan karpet bermotif kompleks pada anak tangga, akan mengaburkan pandangan saat berjalan pada anak tangga. Karena pandangan kabur, memperbesar risiko terpeleset dari anak tangga.


Gambar 3. Memasang Karpet Bermotif Kompleks Memperbesar Risiko Terpeleset

Demikian, beberapa hal terkait tangga rumah yang aman. Nah, karena terpeleset dari anak tangga berisiko mengakibatkan hal yang fatal seperti retak tulang, tak ada salahnya kita menatanya seaman mungkin. Akhir kata, selamat menata tangga rumah...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.williamsww.com/images/better_stair2.gif
2. http://media-cache-ec0.pinimg.com/736x/37/5b/bd/375bbdfa8fe7400a4333cbf0ba1d9b28.jpg
3. http://c0263062.cdn.cloudfiles.rackspacecloud.com/content/images/sized/safe-stairs-colorful-carpet-runner_9ccf7a5ddcbe6778f2c56d2b986bd626_3x2_jpg_570x380_q85.jpg


Related Posts :