Senin, 23 Januari 2017

Menggunakan Alarm Contact Magnetik Untuk Mengamankan Rumah dari Pencurian

Kemalingan rumah menjadi hal yang tak diinginkan siapa pun. Terlebih, bila pencuri menggondol banyak barang berharga seperti perhiasan. Nah, untuk mencegah hal tersebut, terlebih bila rumah kita berada di kawasan rawan pencurian, tak ada salahnya memasang alarm. Dari sekian jenis alarm, alarm yang sebenarnya cocok digunakan untuk setiap jenis rumah yaitu yaitu alarm contact magnetik. Sebabnya, memasang dan menggunakan alarm jenis ini tak begitu sulit. Lalu, seperti apa alarm ini?

Alarm terdiri dari dua bagian, yaitu bagian pemancar suara dan bagian sakelar. Bagian pemancar suara dipasang pada bagian badan pintu. Sedangkan bagian sakelar dipasang pada tembok. Keduanya dipasang dalam posisi berdekatan. Dapat juga kita pasang sebaliknya. Nah, alarm akan berbunyi, dalam kondisi alarm yang on (menyala), saat kedua bagian tersebut tak saling berdekatan. Karenanya, saat pencuri berhasil membobol pintu lalu membukanya, dan alarm dalam kondisi on, alarm akan menyala sehingga akan membangunkan para penghuni rumah. Berikut contoh alam contact magnetik dan pemasangannya pada pintu.


Gambar 1. Contoh Alarm Contact Magnetik


Gambar 2. Pemasangan Alarm Pada Pintu

Selain pada pintu keluar-masuk rumah, dapat juga dipasang di pintu lainnya yang sekiranya rawan dibobol pencuri. Misalnya, pintu keluar-masuk menuju jemuran. Biasanya, pintu ini berada di bagian belakang rumah. Alarm ini dapat juga kita pasang baik pada jendela .Terlebih, bila terdapat banyak jendela pada rumah kita. Alarm ini dapat juga kita pasang gerbang, bila tak ada lubang pada desain badan gerbang.

Terkait sumber listrik, alarm ini dapat menyala dengan menggunakan beberapa baterai. Walaupun hanya bertenaga beberapa baterai, alarm ini menghasilkan suara yang sangat begitu nyaring. Dengan demikian, kita dapat memasang alarm ini di spot yang jauh dari sumber listrik

Seperti hal-hal barang lain pada umumnya, terdapat dua merk alarm contact magnetik. Yaitu, merek ‘chinese branded’ dan merek ternama. Perbedaan keduanya, seperti yang sudah diketahui banyak orang, yaitu terletak pada kualitas. Alarm contact magnetik yang bermerek ‘chinese branded’ biasanya mudah rusak. Sedangkan yang bermerk ternama biasanya tahan lama. Perbedaan lainnya yaitu terletak pada harga. Alarm yang bermerek ‘chinese branded’ begitu terjangkau. Bahkan, di salah satu toko online, ada yang dijual 5000 per satuan. Sedangkan alarm yang bermerek ternama, harganya jauh lebih mahal. Tentu saja, karena menawarkan kualitas yang mumpuni.

Selain kedua perbedaan tersebut, perbedaan lainnya yaitu terletak pada materi yang digunakan. Alarm yang bemerek ‘chinese branded’ umumnya menggunakan materi plastik. Karenanya, mudah retak. Sedangkan alarm yang bermerek ternama umumnya menggunakan materi logam sehingga tak mudah retak.

Karena mudah memasangnya dan menggunakannya, alarm contact magnetik dapat menjadi solusi mudah dan praktis untuk lebih melindungi rumah dari pencurian. Nah, tertarik menggunakan alarm contact ini? Bila tertarik, selamat memasangnya dan menggunakannya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://ultrasecure.ie/2698-thickbox/wg-touch-alarm-wireless-magnetic-contact.jpg
2. http://ultrasecure.ie/3839-thickbox/wireless-magnetic-door-contact.jpg


Related Posts :