Jumat, 27 Januari 2017

Menyalakan Lampu dengan Cara Menepuk Tangan

Lampu menjadi bagian penting dalam rumah. Tentu saja, karena berfungsi menerangi bagian dalam rumah saat malam. Nah, terkait cara menyalakan ataupun mematikannya umumnya penghuni rumah menyalakan ataupun mematikan lampu dengan cara menekan sakelar lampu yang terpasang pada dinding rumah. Nah, di pasaran, ada juga produk lampu yang dapat dinyalakan ataupun dimatikan dengan cara menepuk tangan kita di sekitar posisi lampu. Karenanya, bila lampu ini dipasang pada rumah kita, kita tak perlu menuju ke dinding baik untuk menyalakannya ataupun mematikannya. Lampu akan menyala ataupun mati, setelah kita menepuk tangan, karena disematkan sensor suara pada lampu. Sensor ini akan ‘menangkap’ suara tepukan tangan yang kita lakukan. Nah, agar lampu dapat dinyalakan ataupun dimatikan dengan cara menepuk tangan, sakelar lampu tentunya berada dalam posisi On.


Gambar 1. Contoh Produk Lampu Tepuk.

Karena dapat dinyalakan ataupun dimatikan dengan cara menepuk tangan, sangat cocok memasang lampu tersebut pada ruangan berukuran besar. Misalnya, memasang lampu ini pada ruang keluarga ataupun kamar tidur berukuran besar. Tentu saja, karena kita tak perlu menuju ke dinding baik untuk menyalakannya ataupun mematikannya. Lampu ini pun dapat juga dipasang pada ruangan berukuran kecil. Misalnya, memasangnya pada ruang tamu ataupun dapur berukuran kecil. Tentu saja, membuat kita lebih praktis menyalakannya ataupun mematikannya. Selain pada interior, lampu ini pun dapat kita pasang juga pada halaman rumah. Terlebih, bila halaman rumah berukuran luas.

Akan tetapi, walaupun membuat kita lebih praktis baik untuk menyalakannya ataupun mematikannya, kita mesti berlatih menepuk tangan terlebih dahulu agar lampu dapat menyala ataupun mati. Terlebih, bagi yang baru saja menggunakannya. Sebabnya, tak semua tepukan akan ditangkap sensor suara. Terkait Watt lampu, Watt lampu tepuk pun bervariatif. Ada lampu 5 Watt, 10 Watt, ataupun 15 Watt.

Terkait harga, karena dilengkapi sensor suara, apakah harga lampu ini terjangkau masyarakat luas? Harga produk lampu ini relatif terjangkau masyarakat luas. Harga produk lampu ini berada pada kisaran 40 ribu hingga 60 ribu. Bila tak memiliki waktu untuk membelinya di toko lampu, kita dapat membelinya di toko online. Beberapa toko online menjual produk tersebut dengan harga yang sangat bervariatif.

Kesimpulannya, kemajuan teknologi membuat kita lebih praktis dalam hal apapun. Karenanya, bisa saja akan muncul produk lampu yang dapat dinyalakan dan dimatikan dengan cara yang lebih unik dan praktis. Misalnya, dengan mengucapkan kata ‘lampu nyala’ ataupun ‘lampu mati’ di sekitar posisi lampu. Ataupun, bisa saja akan muncul lampu yang menyala secara otomatis saat penghuni rumah berada di dalam rumah. Nah, apakah tertarik memasang lampu tersebut? Bila ya, selamat memasang lampu tersebut dan menyalakan ataupun mematikan lampu dengan cara menepuk tangan...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://cdn.elevenia.co.id/g/9/1/9/8/5/1/5919851_B.jpg


Related Posts :